Chrome OS Flex, Cara dari Google Sulap Laptop Jadul jadi Chromebook

Telset.id, Jakarta – Google mengumumkan sebuah software tools bernama Chrome OS Flex. Software yang bisa diakses secara gratis ini dapat menyulap laptop dengan spesifikasi jadul agar bisa menjalankan sistem operasi Chrome OS.

Pengguna bisa memanfaatkan Chrome OS dengan mengunduh perangkat lunak ke drive USB, kemudian memasangnya ke komputer atau laptop.

Menurut Google, solusi ini cocok untuk mereka yang memiliki komputer atau laptop jadul dengan sistem operasi yang punya kinerja sudah sangat lambat. Tools ini kompatibel dengan PC berbasis Windows dan Apple.

Baca Juga: 10 Chromebook Murah Terbaik 2022

Chrome OS Flex

Laptop atau PC baru pun juga bisa menggunakan tools dari Google ini. Tools tersebut memungkinkan pengguna untuk mengubah laptop menjadi Chromebook dengan Chrome OS secara gratis.

Sementara Google mempromosikan Flex sebagai solusi gratis untuk bisnis dan institusi pendidikan, pelanggan pribadi juga tetap dapat menggunakannya.

Inti dari software itu sebenarnya serupa dengan apa yang digunakan di Chrome OS dan dipasang di laptop Chromebook “asli”. Dengan kata lain, pengguna mendapatkan akses ke semua fitur dari Chrome OS, seperti Google Assistant, update bulanan, dan tentu saja Google Play Store.

“Chrome OS Flex adalah cara gratis dan berkelanjutan untuk memodernisasi perangkat yang Anda miliki. Sangat mudah untuk diterapkan di seluruh armada perangakt atau cukup coba untuk melihat apa yang ditawarkan OS cloud-first,” tulis Google.

Baca Juga: Google Segera Boyong Game Android ke Windows

Chrome OS Flex Masih Early Access

Perusahaan telah menyediakan early access ke perangkat lunak Chrome OS. Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dan mengunduh “distribution kit” di situs Google Chrome OS Flex.

Google juga memahami bahwa beralih dari komputer biasa ke Chrome OS menjadi kekhawatiran tersendiri bagi pengguna. Untuk itu, Google membuat pengguna bisa mencoba terlebih dahulu, sampai memutuskan mau beralih ke Chrome OS atau tidak.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Laptop Chrome OS

Menurut perusahaan raksasa teknologi tersebut, sistem ini kompatibel dengan komputer berusia 10 tahun ke atas.

Faktanya, Chrome OS Flex adalah versi modifikasi dari solusi CloudReady. Ini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Google setelah mengakuisisi developer bernama Neverware pada tahun 2020 yang lalu.

Saat ini Chrome OS Flex masih dalam tahap early access, dan diharapkan akan segera tersedia beberapa bulan mendatang. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0