Pengguna HP Android Bisa Akses Aplikasi Lewat Chromebook

Telset.id, Jakarta – Di ajang Google I/O 2023, Google memperkenalkan fitur streaming aplikasi bernama Phone Hub yang membuat pengguna HP Android bisa mengakses aplikasi yang ada di HP mereka melalui Chromebook.

Anda tidak perlu memasang aplikasi Android di Chromebook saat membutuhkannya dalam keadaan darurat. Google telah mengaktifkan kemampuan streaming aplikasi melalui fitur Phone Hub di Chrome OS Beta.

Dengan fitur tersebut pengguna smartphone Android dapat mengakses berbagai aplikasi lewat Chromebook tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Misalnya pengguna bisa melihat mengakses Maps, melacak status pesanan makanan di aplikasi pesan antar makanan, tanpa harus login atau mengunduhnya di laptop Chromebook.

Dikutip Telset dari Engadget pada Kamis (11/05/2023), cara kerja fitur Phone Hub juga praktis. Setelah Phone Hub diaktifkan, Anda dapat mengalirkan aplikasi dengan menekan notifikasi aplikasi perpesanan atau menjelajahi bagian Hub Recent Apps setelah Anda membuka aplikasi tertentu di ponsel Anda.

BACA JUGA:

Google tidak menjelaskan aplikasi mana saja yang bisa dan tidak bisa terhubung, begitu juga mengenai spesifikasi ponsel yang bisa terhubung ke Chromebook. Google hanya mengatakan kalau HP harus menjalankan Android 13 atau yang lebih baru.

Lalu Chromebook dan handset harus berada di jaringan WiFi yang sama dan dekat secara fisik, supaya lebih mudah terhubung.

Google pada akhirnya mencerminkan akses aplikasi Android jarak jauh sudah ada di Windows sejak lama. Namun, fungsinya mungkin lebih berguna di Chromebook karena lebih mudah diakses oleh pengguna.

Google Chromebook HP Android
Tampilan fitur Phone Hub di Chromebook

Lebih lanjut, meskipun streaming aplikasi tidak akan menggantikan aplikasi asli streaming aplikasi dapat menghemat ruang penyimpanan yang berharga. Sekaligus membuat Anda tidak perlu berpindah antar perangkat hanya untuk menyelesaikan tugas tertentu.

BACA JUGA:

Pendekatan ini juga lebih independen dari pabrikan di mana fitur serupa di Microsoft sifatnya terbatas dan hanya bisa diakses di ponsel Samsung dan Honor. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
Artikel Terkini
HARGA & SPESIFIKASI

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0