5 Fitur Tersembunyi di iPhone, Fanboy Banyak yang Gak Tau!

Telset.id – Update iOS 15 tak cuma menawarkan tampilan baru dan peningkatan sistem agar iPhone terasa lebih kencang saja, tapi ada banyak fitur tersembunyi yang bahkan para fanboy jarang mengetahui.

Lewat update iOS 15, Apple tak cuma menjanjikan peningkatan kerja untuk iPhone saja. Ada banyak fitur baru yang dibawa ke sistem operasi ini, seperti opsi kontrol privasi guna melindungi informasi dan privasi pengguna, Spatial Audio di FaceTime, Notification Summary, Live Text, dan sebagainya.

Akan tetapi, iOS 15 juga menyimpan banyak fitur tersembunyi yang tidak disadari kehadirannya oleh para pengguna. Nah, berikut ini tim Telset telah merangkum 5 fitur tersembunyi di iOS 15 yang amat berguna dan wajib diketahui oleh para fanboy Apple. Yuk simak!

Baca juga: Fitur Canggih di iOS 15

1. Silence Unknown Callers

Fitur tersembunyi di iPhone iOS 15
Silence Unknown Callers

Kerap mendapatkan panggilan telepon spam yang benar-benar mengganggu aktivitas Anda? Sistem iOS 15 di iPhone Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Fitur pertama yang harus Anda ketahui adalah Silence Unknown Calls. Fitur ini dapat ditemukan di Settings > Phone dan gulirkan menu hingga Anda menemukan Silence Unknown Callers.

Dikutip dari Macworld pada Senin (25/4/2022), ketika fitur tersembunyi iPhone ini diaktifkan, panggilan telepon dari nomor yang tidak dikenal akan diblokir secara “diam-diam”. Maksudnya, nada dering dan getaran akan dinonaktifkan saat nomor tak dikenal melakukan panggilan telepon.

Sistem hanya akan menampilkan notifikasi pada pengguna yang menunjukkan adanya panggilan dari nomor yang tak mereka simpan. Namun jangan khawatir, panggilan telepon dari nomor yang telah Anda simpan tetap muncul seperti biasa.

Baca juga: Daftar Lengkap iPhone yang Kebagian iOS 15

2. Back Tap

Fitur Tersembunyi di iPhone
Back Tap

Salah satu fitur yang keren dan amat berguna, namun jarang diketahui para pengguna iPhone. Fitur tersembunyi pada iPhone dengan iOS 15 ini “terkubur” jauh di dalam pengaturan Accessibility.

Lewat fitur Back Tap, pengguna dapat mengakses aplikasi atau fitur yang diinginkan dengan mengetuk dua kali atau tiga kali bodi belakang iPhone. Untuk mengaktifkannya, buka SettingsAccessibilityTouch, dan pilih Back Tap.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Foto di iOS 15

3. Live Text

Fitur tersembunyi di iPhone iOS 15
Live Text

Fitur tersembunyi lainnya di iPhone adalah Live Text. Lagi-lagi, ini adalah fitur yang berguna tapi belum mendapatkan perhatian yang cukup.

Live Text memungkinkan pengguna untuk menyalin, menerjemahkan, hingga mencari arti dari teks yang ada pada gambar secara langsung. Untuk menggunakannya, cukup buka aplikasi kamera dan arahkan kamera ke objek apapun dengan teks di dalamnya.

Ketika sistem mengetahui adanya teks pada gambar, akan tampil ikon kotak kurung berwarna kuning di sudut kanan area kamera. Pengguna tinggal mengetuk ikon tersebut, lalu tekan dan tahan pada teks untuk menyalin, menerjemahkan, atau mencari artinya.

Menariknya, fitur Live Text juga berfungsi pada aplikasi Photos. Sama halnya, foto apapun dengan teks di dalamnya memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal pada tulisan tersebut. Keren kan?

Baca juga: Emoji “Pria Hamil” Tuai Kontroversi

4. Tanda Tangan Digital

Fitur Tersembunyi di iPhone
Signature

iPhone dengan iOS 15 benar-benar membawa segudang fitur berguna, asalkan para pengguna mau mencarinya. Fitur tersembunyi lainnya di iPhone adalah tanda tangan digital.

Untuk menggunakannya, buka aplikasi Files, lalu masuk ke folder apapun. Tekan tombol menu di sudut kanan layar, kemudian tekan tombol Scan Documents. Nah, dengan fitur ini, Anda bisa memindai dokumen apapun dengan kamera dan mengubahnya menjadi file PDF.

Untuk menambahkan tanda tangan digital, buka PDF yang di-scan tadi. Setelah itu, tekan tombol dengan ikon seperti ujung pena dan pilih Signature.

Baca juga: Update iOS 15.4 Bikin Baterai iPhone Boros!

5. Background Sounds

Fitur tersembunyi di iPhone iOS 15
Background Sounds

Buat Anda pengguna iPhone, tak perlu lagi install aplikasi pihak ketiga untuk memutar suara alam di iPhone. Anda bisa memanfaatkan fitur tersembunyi di iPhone dengan iOS 15 bernama Background Sounds.

Sebenarnya fitur ini sudah banyak ditemui pada HP Android terbaru, namun Background Sounds juga sungguh bermanfaat buat Anda yang ingin rileks atau sekadar beristirahat sambil mendengarkan alunan suara alam.

Lagi-lagi, fitur ini disimpan jauh di dalam pengauran Accessibility. Untuk membukanya, masuk ke Settings > AccessibilityAudio/Visual, dan pilih opsi Background Sounds.

Baca Juga: HP iPhone Termurah

Di sini, Anda dapat mengaktifkannya, menyesuaikan volumenya, dan memilih salah satu dari enam suara berbeda, seperti suara hujan, laut, dan sebagainya.

Nah, itu dia 5 fitur tersembunyi yang dapat langsung Anda coba. Bagaimana, menarik bukan? (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0