Update iOS 15.4 Bikin Baterai iPhone Super Boros!

Telset.id, Jakarta – Sejak diluncurkan, update iOS 15.4 terbaru justru membuat baterai iPhone boros. Padahal sebenarnya, update iOS 15.4 yang baru membawa beberapa fitur menarik seperti Face ID yang bisa diakses tanpa harus membuka masker.

Beberapa waktu yang lalu, Apple sudah menggulirkan iOS 15.4, bersamaan dengan iPadOS 15.4, watchOS 8.5, macOS Monterey 12.3, tvOS 15.4, dan HomePod Software 15.4 ke pengguna.

Adapun untuk iOS 15.4 membawa beberapa fitur menarik seperti memungkinkan pengguna iPhone untuk mengakses Face ID tanpa harus membuka masker. Namun dibalik kecanggihannya, OS terbaru itu diterpa isu kurang sedap.

Beberapa pengguna iPhone terbaru mengeluh kalau update iOS 15.4 membuat baterai lebih boros. Salah seorang pengguna bernama Oded Shopen yang mengaku kalau baterai iPhone 13 Pro Max hanya bertahan setengah hari setelah update iOS 15.4.

Baca juga: Ada Emoji “Pria Hamil” di Update iOS 15.4

“iOS 15.4 menghabiskan baterai di iPhone 13 Pro Max saya. Saya bisa pergi berhari-hari tanpa mengisi daya, tetapi kapasitasnya turun hingga setengah pada tengah hari,” ungkap Oded.

Pengakuan serupa juga dituturkan oleh Maxim Shishko yang merupakan pengguna iPhone 11. Menurutnya, OS terbaru itu membuat daya baterai berkapasitas 80% hanya mampu bertahan selama 24 jam.

“Daya tahan baterai di iOS 15.4 sangat buruk. Setelah 24 jam – 80%, tetapi layar aktif tidak lebih dari 2 jam dan saya hanya menggunakan Safari, YouTube, Instagram, Uber. (kapasitas baterai iPhone 11 93 %),” cuit Maxim.

Lalu ada juga pengakuan dari Alex Kretzchmar yang kesal karena kemampuan baterai iPhone miliknya langsung super boros setelah update iOS 15.4.

“iOS 15.4 memiliki pengurasan baterai yang gila. Saya akan mengatakan masa pakai baterai saya hari ini adalah setengah dari minggu lalu. Mengejutkan!,” ujarnya lewat akun @IronicBadger.

Akibat fenomena tersebut, beberapa pengguna mulai berasumsi mengenai penyebab baterai jadi cepat habis. Kemungkinan Apple mulai menggunakan refresh rate ProMotion maksimal 120Hz lebih sering kepada pengguna iOS 15.4.

Baca juga: Apple Hemat Rp 93 Triliun Berkat Bokx Minimalis iPhone

Asumsi tersebut kedengarannya masuk akal, tetapi refresh rate ProMotion hanya tersedia di iPhone 13 Pro dan Pro Max. Sedangkan masalah daya tahan baterai ini bukan dialami oleh pengguna kedua seri iPhone tersebut.

Hingga kini Apple belum memberikan penjelasan resmi terkait masalah ini. Semoga saja segera ada penjelasan dan perbaikan dari Apple. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0