telset

6 Fitur Canggih di iOS 15, iPhone Bisa jadi Kunci Hotel

Telset.id, Jakarta – Acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2021 telah digelar. Di event tahunan ini, Apple emperkenalkan sejumlah fitur terbaru dari sistem operasi iOS 15.

iOS 15 menjanjikan peningkatan kinerja untuk iPhone. Selain itu, sistem operasi terbaru ini juga menyertakan sejumlah opsi kontrol privasi baru guna melindungi informasi dan privasi milik pengguna iPhone.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah fitur baru yang dibenamkan di iOS 15. Ada apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini, sob!

1. FaceTime

Fitur Apple iOS 15
FaceTime

Semakin maraknya penggunaan video call di masa pandemi ini membuat Apple banyak membenahi aplikasi FaceTime miliknya. Pembaruan dan peningkatan pun dilakukan oleh Apple di sektor ini.

Kini FaceTime dilengkapi dengan fitur bernama Spatial Audio. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengar pembicara dari arah perangkat saat menggunakan AirPods.

Kualitas audio juga ditingkatkan jadi lebih jernih. Apple juga menghadirkan pengurangan kebisingan latar belakang yang akan membantu pengguna lebih fokus pada orang yang berbicara.

{Baca Juga: Bocoran iPhone 13 Terbaru, Punya Sensor LiDAR dan Memori 1 TB}

Pada sistem operasi iOS 15, terdapat tampilan Grid baru untuk FaceTime yang menampilkan semua peserta dalam panggilan grup berada dalam satu frame.

Seperti Google Meet dan Zoom, sekarang pengguna juga dapat membuat tautan FaceTime dan membagikannya dengan teman di iOS atau Android. Wait, Android? Yup! Panggilan FaceTime akhirnya bisa dilakukan di Android.

Menariknya lagi, ada fitur SharePlay. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi layar untuk mendengarkan musik atau nonton bareng melalui FaceTime.

2. iMessages

Fitur Apple iOS 15
iMessages

Fitur baru iOS 15 berikutnya diterapkan pada iMessages. Apple membawa cara baru untuk menampilkan foto. Foto-foto yang ada akan disajikan dalam tumpukan dan untuk melihatnya pengguna perlu melakukan swipe.

Kemudian, link dan video dalam obrolan grup akan memiliki tabnya sendiri. Dengan cara ini, konten yang ingin ditampilkan ke teman tidak akan hilang. Aplikasi News juga akan mengingatkan Anda siapa yang membagikannya.

3. Notification Summary

Fitur Apple iOS 15
Notification Summary

Notifikasi mendapat perombakan desain dan beberapa fitur baru di iOS 15. Tampilan notifikasi akan diubah dengan visibilitas yang lebih baik, seperti ikon kontak yang lebih besar dan notifikasi lebih terperinci.

{Baca Juga: Kepincut Sukses PS5, Konsol Game Bikinan Apple Siap Meluncur?}

Terdapat fitur baru bernama Notification Summary yang akan menunjukkan sejumlah notifikasi yang mungkin terlewat dalam satu kotak besar.

4. Live Text

Fitur Apple iOS 15
Live Text

Hadirnya Live Text menjadi jawaban Apple untuk menyaingi Google Lens. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih dan menyalin teks dari gambar, kemudian ditranskrip menjadi bentuk teks.

Pengguna juga dapat memindai gambar secara praktis, termasuk foto yang diperoleh dari internet. Fitur ini sudah mendukung tujuh bahasa yang ada di dunia.

5. Apple Maps

Fitur Apple iOS 15
Apple Maps

Apple Maps adalah bagian lain dari iOS untuk mendapatkan pembaruan besar di versi iOS 15. Maps akan memiliki tampilan lebih rinci di kota-kota tertentu serta arah AR dan jalur berlapis 3D untuk navigasi berjalan.

Kota-kota yang didukung di 8 negara akan menampilkan visual tiga dimensi seperti ketinggian, bangunan 3D, warna jalan baru, mode malam hari baru, dan banyak lagi.

{Baca Juga: Gawat! Apple AirTag Mudah Diretas dan Diprogram Ulang}

Saat menggunakan navigasi, Apple Maps akan menampilkan penyeberangan, jalur, dan persimpangan yang tumpang tindih.

Navigasi transit akan berfungsi dengan Apple Watch, menunjukkan kepada pengguna langkah selanjutnya dalam perjalanan. Pengguna juga dapat memantau kemajuan di peta dan mendapatkan pemberitahuan sebelum harus berhenti.

6. Apple Wallet

Fitur Apple iOS 15
Apple Wallet

iOS 15 membawa pembaruan juga pada Apple Wallet. Sistem ini mendapat dukungan untuk jenis kunci baru, seperti kunci kamar rumah dan hotel.

Apple telah bermitra dengan Hyatt Hotels, membiarkan Apple Wallet menyimpan kunci hotel dan menggunakannya untuk memasuki kamar. Hotel dapat memilih kapan harus mengaktifkan kunci.

Apple Wallet dapat menggabungkan teknologi UWB untuk bekerja dengan kunci mobil pintar agar secara otomatis membuka kunci mobil yang didukung dan memungkinkannya untuk memulai tanpa perlu mengeluarkan iPhone.

{Baca Juga: Google Assistant Paling Pintar, Alexa dan Siri “Kurang Terlatih”}

Terakhir, pengguna di negara bagian AS yang didukung akan dapat menambahkan kartu identitas mereka ke Wallet dan menggunakannya untuk melewati pos pemeriksaan keamanan tertentu, seperti di bandara.

Itu dia beragam fitur baru yang ada di iOS 15. Sistem operasi terbaru dari Apple sudah tersedia untuk para developer dan kemudian menyusul versi public beta pada bulan depan. Versi final dari iOS 15 akan dirilis musim gugur tahun ini. (HR/MF)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0