Emoji “Pria Hamil” di Update iOS 15.4 Tuai Kontroversi

Telset.id, Jakarta – Apple dikritik oleh banyak pengguna usai merilis emoji pria hamil melalui update iOS 15.4 versi beta. Banyak yang menilai, emoji tersebut cenderung mendiskriminasi perempuan.

Apple mengumumkan update iOS 15.4 versi beta pada Kamis (27/1/2022) kemarin. Pada pembaruan OS tersebut, Apple membawa beberapa karakter emoji yang baru.

Namun, ada emoji yang kontroversial pada update iOS 15.4 karena menampilkan pria yang sedang hamil. Emoji tersebut mendapat kritik dari pengamat budaya karena membuat tidak ada perbedaan antara pria dan wanita.

Emoji Pria Hamil Update iOS

Emoji itu juga dianggap mendiskriminasi perempuan yang harus berjuang ketika sedang mengandung dan melahirkan. Di media sosial Twitter, emoji ini jadi perdebatan. Ada yang mendukung tapi ada juga yang tak menyukainya.

Baca juga: Daftar 7 Game iOS Paling Ditunggu 2022

Beberapa yang mendukung menilai, emoji emoji tersebut mewakili dirinya yang memiliki perut buncit.

“Emoji Apple yang baru terlihat seperti pria biasa dengan perut buncit bagi saya dan itulah yang akan saya lakukan,” cuit netizen dengan akun @OnSpeculator.

Lalu ada juga dari akun @timspicymccall yang justru meledek emoji di iOS 15.4 itu dan menganggap kalau pria hamil adalah hal yang aneh.

“Saya melihat emoji “pria hamil”. Dengan serius?!? Itu bukan cara kerjanya. Jika Anda percaya ini, Anda jelas gagal dalam biologi,” ungkapnya. 

Sebenarnya emoji pria Hamil sudah terungkap pada Juli 2021, tetapi baru ramai karena emoji tersebut akan diluncurkan tahun ini. Kasus pun semakin ramai karena Apple tidak memberikan tanggapan atas kontroversi tersebut.

Di sisi lain emoji ini sudah masuk ke dalam Emojipedia sejak September 2021, sebuah kamus yang khusus membahas arti dari emoji-emoji yang ada di dunia.

Baca juga: Cara Menambahkan Emoji di Windows

Saat itu, Emojipedia juga mendapatkan kritik yang sama. Namun, Emojipedia tidak menghiraukan kritik maupun memberikan penjelasan mengenai emoji tersebut.

Menurut Emojipedia, emoji pria hamil dapat dimaknai sebagai orang dengan gender transpria. Seseorang yang ketika lahir dianggap sebagai perempuan, tetapi ketika diidentifikasi ternyata jenis kelaminnya laki-laki.

Selain itu emoji juga mewakili kelompok dengan orientasi seks non biseksual serta wanita dengan rambut pendek. Makna lainnya adalah orang yang baru selesai makan atau yang memiliki perut besar. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0