Review Telkomsel Orbit: Praktis Digunakan, Kecepatan Standar

Telset.id – Telkomsel baru saja meluncurkan layanan internet rumah berbasis modem WiFi bernama Telkomel Orbit, yang diklaim menawarkan kuota transparan. Lantas bagaimana dengan kecepatannya? Kita akan mengujinya dalam review Telkomsel Orbit kali ini.

Telkomsel Orbit adalah modem yang baru dirilis oleh Telkomsel. Modem ini terbagi menjadi dua tipe yaitu Telkomsel Orbit Star dan Telkomsel Orbit Max.

Telkomsel mengklaim Orbit menawarkan layanan internet rumahan yang mudah dengan kuota transparan. Anda bisa mengatur dan memantau sendiri pemakaian kuota setiap harinya.

Dari sisi desainnya, tampilan dari modem yang satu ini nampak cukup elegan. Desainnya memang tidak seperti modem pada umumnya, yang berbentuk kotak dengan tampilan yang kaku.

Sedangkan untuk proses pembelian dan aktivasi bisa dilakukan melalui situs dan aplikasi MyOrbit yang bisa Anda unduh di Google Play Store untuk pengguna Android dan di App Store bagi pengguna iPhone.

Tim Telset.id berkesempatan untuk menjajal Telkomsel Orbit Star. Untuk mengetahui bagaimana performanya, silahkan simak review Telkomsel Orbit berikut ini, sob!.

Desain dan Spesifikasi

Review Telkomsel Orbit

Telkomsel Orbit Star menggunakan modem Huawei B311 dengan ukuran 101 x 126 x 36 mm dan tipe modem 2×2 MIMO LTE. Modem ini bekerja dengan teknologi WiFi sebesar 2.4 GHz dan bisa digunakan untuk 32 perangkat sekaligus.

Secara desain dan warna modem didominasi oleh warna putih dengan bentuk trapesium segi empat. Bentuknya seimbang sehingga Anda bisa meletakan modem di permukaan datar tanpa perlu penopang apapun.

 

Pada bagian depannya, terdapat tulisan Telkomsel Orbit dan logo Huawei, serta lima lampu indikator. Dari kiri ke kanan kelima lampu tersebut adalah Power Indicator, Network Status Indicator, WiFi Indicator, LAN/WAN Indicator dan Signal Strength Indicator.

Di bagian atas terdapat tombol Power dan WPS serta bagian belakang terdiri dari slot SIM Card, Power Input, LAN/WAN Port dan Reset Button. Modem ini didukung oleh adaptor dan kabel RG45 yang bisa disambungkan ke bagian Power Input dan LAN/WAN Port.

Melihat desainnya cukup menarik dengan balutan warna putih dan bentuk trapesium segi empat membuat modem Telkomsel Orbit terlihat ‘kece’ dan pas dengan interior ruang kerja atau kamar Anda.

Pembelian dan Aktivasi

Review Telkomsel Orbit

Proses pembelian dan aktivasi Telkomsel Orbit cukup modern. Semua proses bisa dilakukan melalui situs MyOrbit.id dan aplikasi MyOrbit. Anda tidak perlu memanggil teknisi karena aktivasi bisa dilakukan sendiri melalui aplikasi MyOrbit.

Bagi yang ingin membeli bisa mengunjungi situs MyOrbit dan mengecek kualitas jaringan Telkomsel Orbit di rumah Anda. Caranya dengan memilih menu Cek Jangkauan yang berada di situs tersebut.

Selanjutnya Anda bisa melakukan pembelian di menu Produk. Di sana tersedia Modem Telkomsel Orbit Star dan Telkomsel Orbit Max dan paket internet pendukung. Untuk lebih jelasnya berikut ini tahap-tahap melakukan pembelian Telkomsel Orbit.

  • Buka situs MyOrbit.id
  • Cek jangkauan Telkomsel Orbit di daerah rumah Anda.
  • Jika tersedia, pilih menu Produk dan lakukan perbelanjaan disana.
  • Ketika melakukan pembelian Anda diminta untuk membuat akun Telkomsel Orbit untuk memudahkan pembelian. Caranya dengan menggunakan email, Google Account dan Facebook.
  • Tulis alamat dan pilih metode pengiriman
  • Pilih metode pembayaran dan Telkomsel Orbit siap diantarkan ke rumah Anda.

Jika produk sudah sampai ke rumah maka Anda harus menyiapkan untuk melakukan aktivasi kartu dan modem. Modem ini mirip dengan aktivasi kartu prabayar karena modem ini menggunakan Kartu SIM Simpati dari Telkomsel.

Bagi yang ingin melakukan aktivasi, Anda harus menyiapkan dokumen pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga. Terdapat beberapa tahap untuk melakukan aktivasi Telkomsel Orbit yaitu sebagai berikut:

  • Install aplikasi Orbit di Google Play Store atau Apple Store.
  • Log-in menggunakan email, Facebook account, atau Google account yang sudah terdaftar.
  • Nyalakan modem hingga lampu indikator berwarna hijau.
  • Sambungkan aplikasi dengan modem. Caranya hubungkan koneksi WiFi modem dengan smartphone Anda yang memiliki aplikasi MyOrbit.
  • Lakukan pendaftaran kartu SIM menggunakan nomor KTP dan nomor Kartu Keluarga.
  • Tunggu hingga kartu aktif dan modem reset secara otomatis. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk verifikasi data.
  • Layanan sudah bisa digunakan ketika lampu indikator berwarna hijau dan juga aplikasi sudah tersambung kembali dengan modem.

Proses aktivasi membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Sebagai catatan, saat tim Telset mencobanya, proses menyambungkan aplikasi tidak bisa dilakukan sekali saja.

Koneksi antara modem dan smartphone 2 kali terputus sehingga kami harus menyambungkan ulang dan proses verifikasi data menjadi lebih lama.

Selain itu, kami juga menyarankan supaya selama proses verifikasi data posisi smartphone dan modem jangan terlalu jauh supaya koneksi WiFi tetap terjaga.

Fitur 

Review Telkomsel Orbit

Fitur pada Telkomsel Orbit tersedia di aplikasi MyOrbit. Ada tiga fitur utama dalam layanan ini, yaitu Pengaturan WiFi, Pengaturan Perangkat dan Statistik Pemakaian. Pada Pengaturan WiFi, Anda bisa mengubah nama WiFi dan password.

Cara mengubahnya cukup mudah. Buka aplikasi Telkomsel MyOrbit dan pilih Pengaturan WiFi. Selanjutnya Anda bisa mengubah nama WiFi dan password sesuai keinginan. Untuk password Anda harus mengisi minimal 8 karakter dan maksimal 32 karakter.

Password harus kombinasi antara angka, huruf kecil dan huruf kapital. Anda harus menyimpan perubahan nama dan password, lalu Anda diminta untuk memutuskan jaringan WiFi dari smartphone dan menyambungkannya ulang dengan kata sandi yang baru.

Tim Telset telah mencoba fitur ini namun harus mengulang sebanyak dua kali. Percobaan pertama password tidak bisa disimpan sehingga harus mengulangnya sekali lagi dan akhirnya nama dan password WiFi berhasil diganti.

Fitur kedua adalah Pengaturan Perangkat. Fitur ini diklaim sebagai fitur unggulan Telkomsel Orbit. Melalui MyOrbit, Anda bisa mengetahui perangkat mana saja yang terhubung dengan modem.

Tidak hanya itu, Anda bisa mengatur durasi limit penggunaan internet dan mengatur hari apa saja perangkat smartphone atau laptop bisa mengakses internet dari Telkomsel Orbit.

Caranya dengan mengetuk nama perangkat dan pilih Pengaturan Limit Baru dan Anda bisa mengatur jadwal untuk hari penggunaan dan waktu penggunaan internet perangkat yang Anda.

Menurut kami fitur ini benar-benar membatasi penggunaan internet. Saat waktu yang ditentukan sudah habis, maka ikon WiFi masih ada namun perangkat yang dituju tidak bisa mengakses internet.

Masih pada fitur Pengaturan Perangkat, Anda juga bisa memblokir perangkat smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan modem. Caranya pilih menu “Blokir” dan perangkat berhasil terblokir. Anda juga bisa membatalkan blokir dengan menu yang sama.

Setelah dicoba, Tim Telset.id menemukan fakta jika saat menu blokir diaktifkan maka perangkat langsung diblokir dari jaringan. Fitur terakhir adalah Statistik Pemakaian. Melalui fitur ini Anda bisa melihat jumlah pemakaian kuota data setiap bulan dan rata-rata harian.

Fitur ini sangat penting karena data mengenai pemakaian kuota internet diperlihatkan secara transparan di aplikasi MyOrbit.

Kecepatan Internet 

Review Telkomsel Orbit

Kecepatan internet menjadi unsur terpenting dalam layanan internet. Untuk mengukur kecepatan internet Kami menggunakan aplikasi Speed Test yang tersedia di Google Play Store.

Melalui aplikasi Speed Test, kami akan menjajal kecepat maksimal dari Telkomsel Orbit. Selain itu, kami juga akan coba membandingkannya dengan layanan 4G LTE dari Telkomsel Simpati, Indosat Ooredoo dan XL Axiata.

Telkomsel Orbit

Kami sudah melakukan test untuk mengetahui seberapa cepat jaringan Internet Orbit. Hasilnya, kecepatan Unduh Telkomsel Orbit adalah 36,1 Mbps, sedangkan kecepatan Unggah adalah 2,72 Mbps.

Telkomsel Orbit Speed Test

Telkomsel Simpati

Berdasarkan Speed Test ternyata kecepatan Simpati lebih tinggi ketimbang Telkomsel Orbit. Kecepatan Unduh Telkomsel Simpati adalah 57,3 Mbps dan kecepatan Unggah adalah 2,6 Mbps.

Telkomsel Orbit

Indosat Ooredoo

Selanjutnya adalah Indosat Ooredoo. Kecepatan Indosat Ooredoo cenderung lebih rendah ketimbang Orbit dengan kecepatan Unduh Internet Ooredoo adalah 15,3 Mbps dan kecepatan Unggah adalah 7,62 Mbps.

XL Axiata

Terakhir adalah dibandingkan dengan XL Axiata. Menurut hasil Speed Test ternyata kecepatan Unduh XL adalah 10,9 Mbps dan kecepatan Unggah adalah 21,7 Mbps. Kecepatan tersebut lebih rendah dibandingkan Telkomsel Orbit.

Berdasarkan uji kecepatan, Telkomsel Orbit memiliki kecepatan internet yang terbilang tinggi dibandikan 4G Indosat dan XL. Namun Orbit ternyata masih kalah kencang dibandingkan Telkomsel Simpati.

Setelah mengukur kecepatannya, kami pun coba memakai Orbit untuk beberapa aktifitas, seperti bermain game, streaming video dan aplikasi media sosial. Kami ingin tahu, apakah dengan kecepatan 36 Mbps, kami bisa menjalankannya dengan mulus.

Yang pertama, kami coba menjajalnya untuk bermain game PUBG Mobile. Hasilnya cukup memuaskan, karena kami bisa bermain PUBG Mobile tanpa gangguan yang berarti, atau tanpa ngelag.

Untuk streaming Youtube, layanan internet ini bisa digunakan untuk menonton video hingga diatas 50 menit dengan kualitas video 720p dengan lancar. Kami tidak menemukan gangguan atau buffering selama video diputar.

Begitupun saat kami berselancar di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll, kami tidak menemukan kendala. Semua berjalan mulus tanpa gangguan yang berarti.

Harga 

Review Telkomsel Orbit

Telkomsel Orbit mengincar segmen pasar pengguna rumahan. Pengguna rumahan yang dimaksud adalah pengguna yang selama ini tidak bisa menggunakan jaringan internet kabel karena rumah mereka tidak terjangkau oleh jaringan tersebut.

Selain itu produk ini juga menyasar kalangan rumah tangga kelas menengah yang membutuhkan layanan internet 4G LTE dan mudah untuk digunakan. Untuk itu Telkomsel Orbit menghadirkan 2 varian modem yakni Orbit Star dan Orbit Max dengan harga yang berbeda.

Pertama, modem Orbit Star dibanderol seharga Rp 799 ribu. Harga tersebut sudah termasuk modem, kartu SIM prabayar Telkomsel dan kuota data sebesar 50 GB dengan masa aktif 30 hari. Orbit Star bisa terkoneksi dengan 32 perangkat sekaligus.

Kedua, Modem Orbit Max, yang dipatok pada harga Rp 2,39 juta, sudah termasuk modem, kartu SIM prabaya Telkomsel dan kuota data sebesar 150 GB degan masa aktif 30 hari.

Harga paketnya juga terjangkau. Tersedia 3 jenis paket data yaitu Paket 30 GB seharga Rp 65 ribu, Paket 50 GB seharga Rp 80 ribu dan Paket 100 GB yang dibandrol 130 ribu.

Terdapat diskon 50% paket data untuk 3 bulan pertama pemakaian. Selain itu ada garansi 7 hari uang kembali dan garansi 1 tahun jika terjadi kerusakan modem di tahun pertama pemakaian.

Pembelian modem dan paket data bisa dilakukan di situs myorbit.id, dan Anda bisa memilih sesuai kebutuhan.

Kesimpulan 

Kesimpulannya dari review Telkomsel Orbit adalah modem ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan modem yang mudah digunakan dan dibawa kemana-mana, serta kuota yang bisa diatur dan lebih transparan.

Kecepatan modem ini sebenarnya masih tergolong standar, meski sudah lebih kencang dibandingkan Internet 4G milik operator lain. Internet yang cepat membuat aktivitas bermain game, streaming video dan media sosial lancar tanpa hambatan.

Namun kalau dibandingkan layanan Telkomsel lain, seperti Simpati misalnya, Orbit masih kalah kencang walaupun selisihnya tidak terlalu jauh.

Jujur kecepatannya diluar ekspektasi kami, karena kami sebenarnya berharap bisa mendapatkan kecepatan yang lebih ngebut dari modem Orbit. Tapi secara overall, kinerja modem ini cukup bagus.

Kelebihan: 

  • Pembelian mudah.
  • Aktivasi mudah karena hanya melalui satu aplikasi.
  • Kuota transparan dan bisa dipantau penggunaannya.
  • Bisa mengatur batas penggunan kuota dan mampu memblokir smartphone atau laptop.

Kelemahan: 

  • Kecepatan internet cenderung standar.
  • Proses aktivasi cukup lama.

TELSET RATING: 8.5/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

September 2020, YouTube Setop Kontribusi Teks Komunitas

Telset.id, Jakarta  – Mulai 28 September 2020 mendatang, YouTube bakal menghentikan kontribusi teks komunitas. Kebijakan itu muncul sebagai respons...

Begini Cara Cek Data Nasabah KreditPlus yang Bocor

Telset.id - Ratusan ribu data nasabah KreditPlus bocor di internet. Bagi Anda nasabah KreditPlus, Anda bisa mengecek apakah Anda...

Youtuber Jangan Asal Sebar Konten Obat Covid-19 Tanpa Verifikasi

Telset.id, Jakarta - Belajar dari kasus Anji mengenai obat Covid-19, para Youtuber diminta jangan asal menyebar informasi atau konten...

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 Jelang Peluncuran

Telset.id, Jakarta - Oppo Indonesia telah memastikan bahwa mereka akan meluncurkan Oppo Reno4 pada tanggal 6 Agustus mendatang. Smartphone...

Kangen Kampus, Mahasiswa Ini Kuliah di Minecraft

Telset.id, Jakarta  – Saking kangennya sama kampus lantaran lama tak studi, mahasiswa Universitas Ashoka di India membuat simulasi kuliah...
- Advertisement -