Cara Registrasi Kartu Telkomsel 2021, Simpel Termasuk Cara Unreg

Cara Registrasi Kartu Telkomsel
Cara Registrasi Kartu Telkomsel (Telset.id)

Telset.id – Registrasi kartu SIM menjadi salah satu tahapan ketika ingin menjadi pelanggan Telkomsel. Cara registrasi kartu Telkomsel bisa dilakukan lewat aplikasi pesan singkat atau SMS di smartphone Anda.

Melakukan registrasi kartu tidak terlalu sulit. Apalagi Telkomsel memudahkan Anda calon pelanggan layanan untuk bisa melakukan registrasi kapan dan dimana saja melalui smartphone.

Semua operator mewajibkan pelanggan baru untuk melakukan registrasi kartu SIM, sebelum bisa menggunakan layanannya. Telkomsel juga mewajibkan para calon pelanggannya untuk melakukan registrasi kartu.

{Baca juga: Cara Mudah Transfer Pulsa Telkomsel, Lengkap dengan Syaratnya}

Apa itu Registrasi Kartu dan Apa Manfaatnya

Registrasi pelanggan prabayar di setiap layanan operator seluler merupakan pendaftaran identitas diri yang wajib dilakukan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar yang datanya belum divalidasi Direktorat Jenderal Kependudukan & Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil).

Saat registrasi kartu, pelanggan diwajibkan menggunakan data identitas kependudukan yang valid sebagaimana yang tercatat di Ditjen Dukcapil. Ketentuan registrasi pelanggan ini juga berlaku untuk calon pelanggan pascabayar.

Lalu apa tujuan dan manfaat dari registrasi kertu prabayar bagi pelanggan? Tujuan utamanya adalah memberikan perlindungan kepada pengguna, terhadap tindakan kejahatan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab, seperti kejahatan terorisme, penipuan, informasi spamming, kejahatan siber dan sebagainya.

Selain itu, manfaat dari registrasi kartu prabayar adalah kemudahan penyediaan layanan bagi pelanggan, misalnya untuk transaksi online dan non tunai. Data pelanggan tersebut dapat digunakan untuk kepentingan keuangan inklusif, penyaluran dana,  bantuan pemerintah dan hal lainnya.

Nah, buat yang belum tahu caranya, kali ini Tim Telset akan memberikan informasi lengkap mengenai cara untuk registrasi kartu Telkomsel secara lengkap. Cara gampang banget kok, yuk disimak!

Cara Registrasi Kartu Telkomsel 

cara registrasi kartu telkomsel
(Foto : Istimewa)

Berikut ini informasi lengkap mengenai cara registrasi kartu Telkomsel mulai tahap awal registrasi hingga berbagai metode registrasi yang dapat Anda lakukan. Lalu ada juga informasi untuk cara unreg dan penyebab registrasi selalu gagal.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel melalui SMS 

Cara daftar kartu Telkomsel pertama adalah melalui pesan singkat atau SMS. Cara registrasi kartu SIM ini cukup mudah karena Anda hanya perlu mengirimkan pesan melalui aplikasi pesan SMS dengan format tertentu.

  • Siapkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) khususnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang Anda miliki.
  • Buka aplikasi SMS di smartphone dan ketik SMS dengan format REG<spasi>NIK#Nomor KK#. Selanjutnya silakan kirim pesan tersebut ke nomor 4444.
cara registrasi kartu telkomsel SMS
(Foto : Telset)
  • Jika sudah mengirimkan pesan, silakan tunggu beberapa saat dan akan ada notifikasi mengenai apakah registrasi Anda berhasil atau tidak.
  • Sedangkan bagi pengguna Telkomsel lama silakan buka aplikasi pesan SMS dan kirim pesan dengan format ULANG<spasi>NIK#Nomor KK# dan kirim ke nomor 4444.
  • Bagi pengguna lama yang sudah mengirim pesan, silakan tunggu beberapa saat. Nanti akan ada pemberitahuan mengenai hasil registrasi Anda.

{Baca Juga: Telkomsel Hadirkan Paket Bundling Premium Mola TV}

Cara Unregistrasi Kartu Telkomsel lewat SMS

Telkomsel juga menghargai keputusan pelanggan yang ingin melakukan unregistrasi kartu. Pelanggan yang ingin melakukan unregistrasi kartu Telkomsel bisa melakukannya dengan mengirim SMS.

  • Buka aplikasi SMS di smartphone Anda.
  • Ketik SMS dengan format SMS UNREG#Nomor NIK dan kirim SMS ke nomor 4444.
cara unreg kartu telkomsel SMS
(Foto : Telset)
  • Nantinya Anda akan mendapatkan SMS balasan mengenai hasil unregistrasi kartu yang dilakukan.

Cara Unregistrasi Kartu Telkomsel Lewat Telepon Dial 

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk melakukan unregistrasi adalah lewat telepon dial ke nomor akses tertentu. Cara ini juga bisa dilakukan ketika Anda ingin berhenti menjadi pelanggan Telkomsel.

  • Lakukan panggilan telepon dial ke nomor *444#.
  • Setelah itu tekan nomor 3 untuk melakukan unregistrasi kartu.
(Foto : Telset)
  • Silakan ikuti petunjuk selanjutnya untuk melakukan unregistrasi kartu SIM milik Anda.

Penyebab Registrasi Kartu Telkomsel Gagal 

Terkadang proses registrasi kartu sering menemui kegagalan. Bagi Anda yang sering gagal registrasi berikut ini beberapa penyebab mengapa proses registrasi kartu SIM Telkomsel sering gagal.

Pertama salah format registrasi. Masing-masing operator memiliki format registrasinya tersendiri. Anda diminta untuk lebih teliti mengikuti format operator seluler sehingga proses registrasi bisa dilakukan dengan baik.

Kedua salah menulis angka di Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan Kartu Keluarga (KK). Terkadang Anda salah menulis kombinasi angka di NIK dan KK milik Anda sehingga registrasi selalu gagal.

Ketiga terjadi kesalahan data mengenai NIK atau KK. Terjadi kesalahan mengenai data NIK dan KK di database Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) sehingga registrasi selalu gagal.

Untuk mengatasi masalah data kependudukan, silakan Anda mengunjungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pemerintah kota, kabupaten atau provinsi tempat Anda tinggal.

{Baca juga: Cara Cek Nomor Telkomsel, Panduan Lengkap dan Cepat}

Selain itu Anda juga disarankan untuk menghubungi Call Center Telkomsel di nomor 0807-1811-811. Nantinya Anda akan diarahkan untuk melakukan beberapa cara agar registrasi berhasil.

Demikian tips buat Anda yang ingin tahu cara registrasi kartu Telkomsel. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan tetap jaga kesehatan dan jaga jarak ya sob. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here