Review Realme 3: Desain Menarik, Performa Apik

Telset.id – Pada 2018 lalu, Realme telah merilis dua seri smartphone di Indonesia, yakni Realme 2 dan Realme 2 Pro. Kedua smartphone ini berhasil menyita perhatian konsumen Indonesia yang menginginkan produk terjangkau dengan kualitas baik.

Di awal 2019, Realme kembali meluncurkan smartphone anyarnya, Realme 3, yang membawa tampilan desain berbeda, prosesor yang lebih baik dan dual kamera di belakang.

Dengan beberapa fitur unggulan tersebut, bisakah Realme 3 menjadi pilihan pengguna untuk smartphone dengan harga di bawah 2 jutaan rupiah?

{Baca juga: Realme C1 (2019) Diluncurkan, Apa Saja Peningkatannya?}

Nah, untuk mengetahui lebih dalam mengenai Realme 3, baik dari sisi desain dan performanya, berikut ini review lengkap Realme 3 yang telah disajikan tim Telset.id. Cekidot!

Desain

Foto : Helmi / Telset.id

Struktur bodi yang menyerupai sandwich dan tersusun oleh layar, frame, dan cover belakang, merupakan rancangan yang paling banyak diadopsi oleh sebuah smartphone. Terlepas dari fleksibilitasnya yang tinggi, tiga lapisan tersebut akan menghasilkan bentuk desain yang terlihat terpisah pada setiap komponennya.

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam genggaman pengguna dan konsistensi visual yang nyaman dan enak dillihat, Realme 3 menggunakan konsep unibodi yang menghilangkan bingkai tengah. Hal ini membuat garis samping bodi yang nyaris tak terlihat, sehingga membuat keseluruhan bodi ponsel terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis.

Hasilnya, tidak ada lagi pemisah yang dihasilkan dari penggunaan bahan yang berbeda. Tentunya ponsel ini menawarkan rasa sentuhan halus dan sangat cocok di genggaman tangan untuk memberikan pengalaman lebih nyaman.

Untuk bagian belakangnya terbuat dari plastik tetapi hadir dengan gradasi premium. Kami telah mendapatkan varian gradien biru kalau diamati ada perubahan dalam kondisi pencahayaan yang cukup dan sedikit memutar produk ke berbagai arah untuk menunjukkan perubahan efek dari gradien biru berubah ke ungu yang berkilau.

Di bagian belakang, Realme 3 menempatkan dua kamera dan LED yang diatur secara vertikal di sudut kiri atas, sementara di sudut kiri bawah ada logo Realme. Smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian tengah. Kami sebenarnya lebih suka pemindai sidik jari ditempatkan di belakang, karena penempatan sensor nyaman untuk jari telunjuk ketika menyentuhnya. Terlebih lagi, Realme 3 juga membawa dukungan face unlock juga.

{Baca juga : Realme 2 Pro, Smartphone Menengah dengan “Sentuhan” Flagship}

Seperti kebanyakan smartphone pada umumnya, speaker handset diletakkan di bagian bawah. Begitupub port pengisian daya dan jack earphone 3.5mm ada di bagian bawah perangkat.

Kami suka ponsel ini dilengkapi dengan jack earphone 3.5mm, karena memberi pilihan untuk menggunakan earphone Bluetooth atau headset kabel. Bagi mereka yang membenci saat baterai headphone Bluetooth habis, opsi kabel selalu jadi pilihan yang menyenangkan.

Layar

Foto : Helmi / Telset.id

Realme 3 hadir dengan HD Full screen 6,22 inci dengan Gorilla Glass 3, memiliki resolusi 720 x 1520 piksel. Layarnya memang tidak setajam atau sedetail smartphone flagship kelas atas, tetapi menawarkan warna dan sudut pandang yang bagus. Muncul dengan rasio aspek 19:9, ponsel ini menawarkan pengalaman nyaman melihat layar.

Dengan sedang ngehits-nya layar notch, sebagian besar smartphone kini mengadopsi desain notch seperti iPhone X, atau dengan model layar water drop (tetes air). Realme 3 mengadopsi layar tetes air yang seperti OPPO R17 Pro. Dibandingkan dengan notch besar, kami lebih suka layar ini, karena jauh lebih kompak. Sayangnya, tidak ada lampu LED notifikasi pada layar Realme 3.

{Baca juga : Realme C1 Dirilis di Indonesia, Harganya Rp 1 Jutaan}

Karena menggunakan layar water drop berukuran 6,22 inci dan bezel 2,05mm, Realme 3 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 88,3% yang menghasilkan tampilan super lebar, dan tampilan yang jauh lebih efisien. Tampilan ini memberikan pengguna pengalaman visual terbaik saat melihat gambar dan menonton video.

Kinerja

Foto : Helmi / Telset.id

Realme 3 didukung oleh prosesor Helio P60 dengan pemrosesan 12nm dan dengan ARM Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz / 900MHz untuk menjamin kinerja yang lancar. Smartphone ini dilengkapi dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Anda tidak akan merasakan kinerja yang lelet di Realme 3, berkat chipset ini. Performa apik Realme 3 dapat tergambar dala skor benchmark AnTuTu yang mencapai 132.851.

Seperti diketahui, Helio P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 hingga 2.0GHz. Realme 3 dilengkapi dengan ARM Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz / 900MHz untuk menjamin kinerja yang lancar.

Helio P60 juga dilengkapi dengan sistem CorePilot 4.0 yang berfungsi untuk manajemen penggunaan aplikasi dan memungkinkan adanya alokasi sumber daya perangkat yang lebih baik dan penggunaan yang lebih stabil.

Kamera

Foto : Helmi /Telset.id

Realme 3 dilengkapi dengan kamera belakang ganda AI 13MP + 2MP dengan aperture f / 1.8 dan kamera selfie 13MP dengan f / 2.0 di depan. Ada banyak mode kamera pada perangkat ini, tetapi kami masih tetap lebih suka menggunakan mode otomatis. Alasan utamanya adalah, foto-foto dalam mode otomatis terlihat tajam dan detail.

Dengan pengenalan objek, kamera Realme 3 melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menganalisis subjek dan menyesuaikan keseimbangan warna yang baik. Jika ingin mengubah gaya foto, Anda bisa menggunakan filter yang sudah ada fasilitasnya.

{Baca juga : Realme Siapkan Pesaing Redmi Note 7, Realme 3?}

Gambar-gambar di bawah ini diambil di siang hari yang cerah. Seperti yang dapat Anda lihat, gambar tampak bagus dan menunjukkan detail yang sangat baik dan fokus pada jarak dekat. Bokeh latar belakang juga terlihat cukup bagus. Begitupun keseimbangan warnanya tak bisa dibilang jelek.

Jika Anda akan mengambil gambar pada hari yang cerah, Anda mungkin harus menyesuaikan kecerahan di jendela bidik untuk menghindari cahaya berlebih. Tetapi secara umum, mode otomatis cukup baik pada sebagian besar kesempatan yang kami ambil.

Realme 3 memiliki dua mode khusus baru, yakni mode Chroma Boost dan mode Nightscape. Chroma Boost adalah versi lanjutan dari mode HDR yang membuat foto lebih berwarna. Jika Anda berpikir warna foto yang diambil oleh mode normal atau mode HDR lebih gelap dari seharusnya, Anda dapat memilih Chroma Boost untuk mengambil foto. Lihatlah perbandingannya, gambar menjadi lebih cerah daripada gambar lainnya secara keseluruhan.

Nightscape

Chroma Boost

 

 

 

 

 

 

Namun, gambar yang diambil oleh Chroma Boost tidak sedetail gambar yang diambil oleh mode HDR. Kami juga mengambil gambar dengan mode Chroma Boost + HDR untuk dibandingkan, dan itu ternyata menjadi gambar terbaik. Karena gambar tidak diekspos berlebihan, detailnya lebih baik daripada mode lainnya.

Chroma Boost + HDR

Sedangkan mode Nightscape memiliki konfigurasi meningkatkan hasil foto pada kondisi cahaya yang kurang. Dengan bantuan AI, sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, mode Nightscape akan secara signifikan meningkatkan kualitas gambar dikondisi kurang cahaya.

Di bawah ini kami juga mencoba mengambil foto dengan menggunakan zoom 1x, 2x dan 4x. Berfokus pada empat foto yang secara keseluruhan, kinerjanya tidak buruk, namun foto sedikit kabur.

1X

2X

4X

Kamera Depan

Realme 3 memiliki kamera selfie 13MP dengan aperture f / 2.0. Yang kami sayangkan, tidak ada flash khusus untuk kondisi cahaya minim. Meski begitu, selfie terlihat bagus, tajam dan detail. Kamera menghadap ke depan luar biasa, gambar berikut diambil secara terpisah pada mode automatis, mode Beauty dan mode potret.

Dibandingkan dengan foto pertama, lingkaran hitam dan noda kulit dihilangkan di foto kedua. Seperti namanya, mode Beauty benar-benar membuat kulit wajah kami menjadi halus.

Interface dan OS

Foto : Helmi / Telset.id

Realme 3 berjalan pada versi ColorOS 6.0 di atas Android 9 Pie, yang berbeda dari model Realme 2 yang menjalankan ColorOS berdasarkan Android Oreo. Antarmuka misalnya, buka halaman aplikasi dengan semua aplikasi hanya dengan menggesekkan layar dari garis abu-abu dengan panah putih mengarah ke atas maka mempermudah Anda mencari aplikasi yang diinginkan.

{Baca juga : Hadang Realme, Xiaomi Jadikan Redmi Merek Independen}

Lalu ada layer transparan yang diatur di sisi kanan tepi layar, yang menawarkan Anda untuk memilih cepat Aplikasi. Ini interface yang user freindly bagi kami. Kenapa? Misalnya, ketika kami bepergian dan kami memegang pegangan dengan tangan kiri, kami dapat menggunakan fitur ini dengan mudah untuk memilih aplikasi yang ingin digunakan. Menggeser layar ke bawah ada Notification Center dan pusat pengaturan sederhana. Ponsel ini jelas mudah digunakan, bahkan dengan satu tangan.

 

Baterai

Realme 3 dilengkapi dengan baterai besar 4230 mAh, dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam 2 menit untuk mengisi daya dari 4% hingga penuh. Sebenarnya, kami pikir waktu pengisian akan terlalu lama, tetapi konsumsi daya yang rendah dan kapasitas baterai yang besar membantu kami dengan baik.

 

Daya tahan baterai pada ponsel ini cukup baik – tidak ada masalah untuk penggunaan sehari-hari. Anda dapat dengan mudah melanjutkan penggunaan karena hasil hitung yang kami lakukan Screen on time bisa mencapai hampir 11 jam. Ini jelas merupakan nilai tambah, karena kami benci membawa power bank.

Kesimpulan

Realme 3 dibanderol dengan harga Rp 2,399,000 juta dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Untuk harga tersebut, ponsel ini menawarkan banyak nilai lebih. Secara pribadi, Realme 3 telah menawarkan lebih dari yang kami harapkan. Kami suka desain, bodinya yang ringan, performa keseluruhan yang hebat, dan kameranya. Kami juga suka fakta bahwa memegang handset di satu tangan sudah cukup nyaman.

Kameranya juga tidak buruk, terutama mengingat harganya. Foto siang hari tajam dan penuh warna. Juga, Nightscape, bila digunakan dengan tepat, membuat perbedaan besar dalam fotografi waktu malam.

Tapi kami berharap pengisian baterainya bisa lebih cepat. Tetapi setidaknya baterai yang besar tidak akan membuat kami sering mencari pengisi daya! Selain itu, kami lebih suka jika layarnya memiliki tampilan FHD ketimbang HD. Semoga kedua kelemahan dari Realme 3 ini dapat ditingkatkan pada generasi berikutnya. (MS)

 

Kelebihan

Kekurangan

  • Desain yang menakjubkan
  • Layar besar dengan bezel minimum tipis
  • Performa apik
  • Daya tahan baterai sangat baik
  • Pengalaman dan kualitas kamera cukup baik
  • Harga bersahabat
  • Resolusi Layar HD
  • Pengisian baterai lama
  • Masih port MicroUSB
  • Tidak ada NFC

Foto : Helmi / Telset.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Membuka Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Ini Caranya!

Telset.id,  Jakarta - Sebagian dari kita mungkin pernah dibuat penasaran oleh pesan WhatsApp yang tiba-tiba dihapus oleh pengirim, bahkan...

Louis Vuitton Garap Earphone TWS, Harganya Rp 14,8 Juta

Telset.id,  Jakarta - Earphone sepertinya tidak lagi  sekedar menjadi produk audio ataupun gadget. Lebih dari itu,  ini juga sudah...

Teknologi Layar Baru OnePlus Bisa Ubah 30FPS Ke 120FPS

Telset.id,  Jakarta - Smartphone dengan refresh rate layar tinggi akhir-akhir ini menjadi semakin populer. Tak mau ketinggalan, OnePlus pun...

Sanksi AS ‘Nggak Ngefek’, Penjualan Smartphone Huawei Catat Rekor

Telset.id, Jakarta  - Meski ada larangan perdagangan dari Amerika Serikat (AS), Huawei mampu mencatat rekor penjualan smartphone Huawei pada...

Asyik! Juara Indonesia Predator League Dapat Beasiswa Kuliah S1

Telset.id, Jakarta - Tidak cuma berkesempatan membawa pulang hadiah total Rp 200 juta, para pemenang Indonesia Predator League 2020...
- Advertisement -