Review Realme 2: Desain Hebat, Harga Bersahabat

Telset.idSub-brand Oppo, Realme sebelumnya sudah meluncur di pasar India dengan seri Realme 1 dan Realme 2.  Memperoleh hasil positif, kedua smartphone ini diklaim laku dijual pada penjualan secara online.

Di Indonesia untuk pertama kalinya Realme akan hadir dengan Realme 2 series. Datang dengan label harga bersaing dengan para kompetitor yang lebih dulu hadir.

Realme 2 menawarkan varian RAM 3GB dan RAM 4GB dengan tiga warna: Diamond Black, Diamond Red dan Diamond Blue. Saat ini tim Telset.id mendapatkan Varian Diamond Red 4GB + 64GB. Untuk mengetahui detail perangkat ini, simak ulasannya berikut ini.

Dengan “modal” spesifikasi itu, apakah cukup bagi Realme 2 bisa menghadapi para pesaing yang sudah mapan? Bisakah Realme 2 meraih kesuksesan di Indonesia? Untuk mengetahui lebih jelas, simak review-nya berikut ini:

Desain

Realme 2 memiliki tampilan desain yang menerjang batas tampilan yang monoton, penggunaan desain cutting diamond dipadukan dengan materal komposit nano dengan permukaan berbentuk 2.5D.

Desain ini menggunakan lapisan Lapisan optik yang memungkinkan permukaan cover memantulkan cahaya yang indah saat dihadapkan pada sinar matahari, menghasilkan kilau refraktif seperti kilau berlian

Meski memiliki permukaan yang terlihat rentan goresan, ternyata Realme 2 sudah dibekali Lapisan multi-laminasi, lebih keras tahan abrasi dan anti-gores.

Ponsel ini memiliki berat sekitar 168 gram dan dimensinya 156,2 x 75,6 x 8,2 mm. Pada desain juga menggunakan tambahan arc pada bingkai tengah, sehingga menghadirkan efek visual yang lebih tipis dan sangat nyaman di genggam.

Pada panel depan, Realme 2 memiliki desain notch di bagian atas dengan kamera selfie dan earpiece. Sedangkan untuk bagian bawah terdapat speaker (5 ventilasi melingkar disejajarkan secara horizontal di sepanjang badan ponsel ), port micro-USB, mikrofon (dua ventilasi melingkar) dan jack headphone 3.5mm.

Di sepanjang sisi kiri badan ponsel terdapat slot kartu nano-SIM ganda (dengan slot khusus untuk kartu microSD) dan tombol volume sedangkan sisi kanan membawa tombol power.

Panel kaca belakang menampilkan desain potongan berlian dengan skema warna ganda. terdapat kamera ganda 13MP + 2MP dengan lampu kilat LED di kiri atas dan sensor sidik jari di bagian tengah atas. Ke bagian bawah dapat ditemukan logo ‘Realme’.

Saat menggunakan ponsel ini, kami merasa dapat memegangnya dengan nyaman hanya dengan satu tangan dan tidak terlepas dari genggaman.

Display

Realme 2 menggunakan Layar notch super-view 6.2 inci dengan rasio layar ke bodi mencapai 88,8% atau 19:9. Layar yang terbaik di kelasnya. Dengan tata letak yang lebih compact terdiri dari tiga komponen utama – receiver, kamera depan dan sensor cahaya di sokong dengan bezel tipis berukuran 2.05mm, meningkatkan sudut pandang hingga 16%

Mendukung kustomisasi layar yang responsif untuk aplikasi seperti WeChat, WhatsApp, Messenger, SMS dan Line tanpa perlu keluar dari halaman utama seperti ketika bermain game atau menonton video.

Realme 2 dilengkapi mode screen-recording dan screenshot, sehingga tidak mungkin lagi kehilangan informasi penting meskipun sedang bermain game maupun menonton video.

Pada fitur layar, Realme 2 juga memiliki berbagai mode warna, seperti Cooler, Default dan Warmer. Kerennya lagi, kami dapat menyesuaikan warna sesuai kebutuhan dan lingkungannya.

Ada juga mode kenyamanan mata (Night Shild) yang menyaring cahaya biru berbahaya untuk menghilangkan kelelahan visual. Mode ini mencakup tampilan dengan warna kuning.

Kami menonton video di bawah sinar matahari langsung dan tidak ada isu kalau layar susah dilihat. Di sisi lain, tampilan melengkung juga menawarkan sudut pandang yang bagus, yang terbaik di kelas dalam perspektif kami. Saat bermain game, layar dengan sempurna menangani grafis, namun untuk penggunaan di luar ruangan, Anda harus menjaga tingkat kecerahan hingga maksimum.

Baterai

Dibandingkan dengan produk pada kisaran harga yang sama, kapasitas baterai 4230mAH Realme 2 jauh lebih unggul. Memungkinkan pengguna beraktivitas diluar tanpa mengkhawatirkan masa pakai baterai. Baik saat melakukan foto, bermain game atau menonton TV streaming

Apalagi Realme 2 dibekali dengan fitur bernama “AI power manager”, dimana didalamnya terdapat APP-freezing Power Saver yang secara cerdas membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan dan memperpanjang masa pakai baterai.

Rata-rata fitur ini memungkinkan aplikasi untuk menghemat daya sebesar 5% -11%, dan juga dapat disesuaikan secara manual.

Dan juga fitur Quick App Freezing dimana AI Power Manager dapat menempatkan aplikasi latar belakang dalam folder quick-freezing untuk secara efektif memutus sambungan yang tidak berarti untuk menghemat daya.

Hasil uji yang dilakukan mengungkap bahwa sekitar 5% energi yang dihemat per 24 jam dibandingkan dengan ponsel tanpa menyalakan app-freezing.

Untuk satu kali pengisian penuh dari nol hingga penuh, perangkat ini membutuhkan waktu sedikit lama  karena tidak memiliki fitur pengisian cepat. Untuk penggunaan ringan (bermain game selama 2-3 jam, streaming video selama 1-2 jam, mengirim e-mail, menggunakan media sosial selama sekitar 2 jam, dll.), Baterai smartphone bertahan selama satu setengah harian.

Kinerja

Ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 450 dengan kecepatan clock 1.8GHz dan pemrosesan 14nm. Sedangkan untuk grafis menggunakan GPU Adreno 506, perangkat ini dilengkapi dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas hingga 256GB melalui microSD.

Smartphone ini menjalankan sistem operasi ColorOS 5.1 yang berbasis Android 8.1.0 Oreo. Pilihan konektivitas yang tersedia adalah 4G VoLTE, GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan OTG. Berbagai sensor cahaya, G-sensor, sensor percepatan, sensor induksi magnetik dan sensor jarak.

Untuk tata letak tombol navigasi pilihan Anda, Anda dapat memilih dari Tombol Virtual Navigasi dan Gesture Navigasi Geser. Kami tidak menemukan masalah apa pun saat menggunakan ColorOS 5.1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ponsel ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang mudah digunakan seperti yang ada di pengaturan Smart & Convenient. Dengan fitur Full Screen Multitasking, menggesek tiga jari ke layar dari atas kebawah akan menjadi screen shot sedangkan dari bawah ke atas akan menjadi layer multitasking. Beberapa fitur lainnya adalah Assistive Ball, Smart Driving, Smart Call, dan Smart Assistant.

Ada juga pengaturan Clone yang dapat membantu Anda mentransfer semua data dari satu ponsel ke yang lain sementara fitur Aplikasi Clone memungkinkan menggunakan dua akun media sosial secara bersamaan dari satu ponsel.

Buat kami audio sangat penting, Realme 2 dapat direkomendasikan untuk menonton video kecil di ruangan. Namun, tidak dapat direkomendasikan untuk menonton film atau mendengarkan music diluar karena suara latar belakang mulai terdistorsi pada volume tinggi. Untuk itu, Anda harus menggunakan earphone atau headphone.

Untuk penggemar game, Realme 2 memiliki pengaturan Game Space yang memfasilitasi game bebas-waktu dengan bantuan fitur seperti Gaming Acceleration, Network Protection, dan No Disturbance. Ini juga membantu bermain game dengan mengurangi beban memori.

Pengguna dapat secara kolektif mengelola aplikasi game di Game Space. Sistem Dioptimalkan. Latar belakang jaringan dan alokasi sumber daya akan secara otomatis terbatas ketika permainan terdeteksi sedang berjalan.

“Do-Not-Disturb”, memblokir panggilan dan pemberitahuan dari aplikasi lain, hanya menerima panggilan video dan suara. Selama permainan area notch memungkinkan perekaman suara cepat dan perekaman layar. Pengguna dapat membalas SMS dalam format pop-up

Pada AnTuTu, Realme 2 mendapat skor 75576 sementara pada tes Geekbench Single dan Multi Core, masing-masing mencetak skor, 743 dan 3477. Kedua hasil ini sejalan dengan ponsel Snapdragon 450-powered lainnya seperti Xiaomi Redmi 5.

Sedangkan untuk kecakapan grafis, Realme 2 mencetak 827 dalam tes 3DMark Slingshot. Sudah jelas bahwa ini ditujukan untuk pengguna tingkat pemula. Anda mendapatkan hingga 4GB RAM dan 64GB penyimpanan.

Kamera

Ketika membuka interface kamera, kami menemukan kesederhanaan didalamnya ada menu cepat seperti HDR, Time-Lapse, Video, Foto, Potret, Stiker, dan Pano. Anda tidak perlu mengetuk ikon lain di layar untuk mendapatkan opsi ini.

Kamera belakang dapat diperbesar hingga 2x. Anda dapat memotret dalam mode Layar Standar, Persegi dan full screen dan mengaktifkan efek kedalaman on/off sesuai kebutuhan Anda.

Realme 2 menawarkan kamera ganda di belakang. Ada kamera dengan resolusi 13MP+2MP dengan aperture f/2.2. Sensor sekunder digunakan untuk telephoto. Di depan adalah kamera 8MP dengan aperture f/2.2 juga.

Kamera mengandalkan algoritma AI Beautification yang difungsikan untuk meningkatkan gambar. Tidak hanya itu fitur ini mampu membedakan pria dan wanita melalui kamera. Dengan 296 titik identifikasi, fitur ini dapat menghasilkan kecantikan (beautification) yang lebih dipersonalisasi.

Fitur ini juga mampu mempercantik wajah dan anggota tubuh secara bersamaan sehingga menghasilkan efek yang sempurna dan konsisten. Fitur ini dapat digunakan untuk mengambil gambar hingga empat orang dalam satu frame, dengan hasil beautification yang disesuaikan dengan jenis kelamin masing-masing.

Saat mencoba di siang hari, kami mendapatkan bidikan jernih yang bagus. Warna tidak super jenuh dan ada detail bagus dalam foto. Mode HDR menyala secara otomatis berdasarkan apa yang Anda potret.

Di dalam ruangan, kamera juga secara konsisten menghasilkan gambar yang bersih. Sumber cahaya memang sedikit terlalu terang, tetapi warnanya cukup akurat. Rincian juga direproduksi dengan cukup baik untuk harga yang ditawarkan.

Namun, di bawah cahaya redup, kamera berjuang keras. Gambar-gambar cahaya rendah tidak memiliki banyak detail di daerah bayangan dan ada noice yang signifikan di seluruh gambar.

Berikut ini beberapa hasil foto yang kami hasilkan menggunakan kamera Realme 2:

Triple Unlocking yang Lebih Cepat dan Aman

Ponsel ini menawarkan keamanan  yang maksimal karena memiliki Triple Unlocking. AI Face Recognition, yang mampu mengidentifikasi 128 titik wajah melalui kamera dengan presisi yang tinggi. Pengguna cukup mengarahkan perangkat menghadap ke wajah, maka smartphone akan ter-unlock secara instan. Ketika pencahayaan kurang baik seperti pada malam hari, unlocking dapat tetap dilakukan berkat layar yang terang.

Lalu ada Top-speed Fingerprint Unlock yang lebih cepat dan lebih akurat.

Dan terakhir SmartLock dimana memiliki fitur seperti Trusty places, yang fungsinya dapat merekam dan mengidentifikasi lokasi yang sering dikunjungi oleh pengguna dan menandai lokasi tersebut sebagai tempat yang terpercaya, dimana perangkat dapat di-unlock secara otomatis, misalnya saat berada di rumah.

Lalu ada Trusty devices: Ketika perangkat dihubungkan dengan perangkat lain yang sudah terpercaya melalui Bluetooth, maka akan ter-unlock secara otomatis

 Dan terakhir On-body detection: Jika perangkat terdeteksi mengalami pergerakan setelah di-unlock, perangkat akan tetap ter-unlock. Namun, jika perangkat diletakkan dengan layar mati selama satu menit, maka akan terkunci secara otomatis.

Kesimpulan

Realme 2 adalah salah satu smartphone dibawah Rp 2 juta yang dilengkapi dengan tema desain yang menyegarkan. Di sisi lain, Realme 2 hadir dengan sejumlah hal yang menarik ada layar notch, kamera belakang ganda, dan baterai dengan kapasitas besar.

Buat Anda yang tidak memiliki buged yang terlalu banyak, Realme 2 bisa menjadi pilihan smartphone dengan desain serta kinerja yang mumpuni dikelasnya. [MS/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Jokowi Kirim Draf RUU Perlindungan Data Pribadi ke DPR

Telset.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan draf Rancangan Undang-undang atau RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)...

Tips Lindungi Mata dengan Pasang Blue Light Filter di Android

Telset.id - Banyak dari Anda yang pastinya menghabiskan waktu berjam-jam menatap layar smartphone. Tapi, tahukah Anda bahwa layar smartphone...

5 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Instagram, Gratis!

Telset.id - Satu hal yang wajib dilakukan sebelum upload foto di Instagram adalah, edit foto terlebih dahulu. Di Instagram memang...

Apple iMac Mendatang Punya Desain Mirip “Selembar Kaca”

Telset.id, Jakarta - Apple mempertahankan desain iMac selama bertahun-tahun. Namun, pada masa mendatang, Apple tak ingin iMac terbaru tampil...

Film LGBTQ Lindungi Sumber Anonim dengan “Wajah Ganda”

Telset.id, Jakarta  - Film dokumenter 'Welcome to Chechnya' baru yang ditayangkan di Sundance Film Festival menampilkan sesuatu yang berbeda....
- Advertisement -