Review Xiaomi Mi 11: Flagship Gahar Bertenaga dengan Snapdragon 888

Telset.id – Xiaomi langsung tancap gas di kuartal pertama tahun 2021 dengan menambah amunisi barunya di kelas flagship dengan menghadirkan Xiaomi Mi 11 ke Indonesia. Untuk mengetahui performanya, kami akan menyajikan review Xiaomi Mi 11 kepada Anda.

Xiaomi Mi 11 memiliki predikat sebagai smartphone pertama yang tiba di Indonesia dengan ditenagasi oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 888, yang merupakan chipset high end tercanggih dan paling powerfull dari Qualcomm.

Dengan bermodalkan chipset tersebut, tentu saja urusan performa dari Xiaomi Mi 11 tak perlu lagi dipertanyakan. Meski demikian, smartpone ini belum tentu pasti tanpa masalah bukan.

{Baca juga: 10 HP Xiaomi Terbaru 2021, Harga dan Spek Lengkap}

Untuk memperoleh jawabannya, Anda bisa langsung cari tahu lewat artikel review Xiaomi Mi 11 yang sudah kami siapkan berikut ini.

Desain Mi 11

review xiaomi mi 11
Back Cover Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset.id)

Ponsel flagship hampir selalu identik dengan bentuknya yang tebal, karena banyaknya komponen dan fitur yang dijejalkan. Namun ini tidak berlaku bagi Xiaomi Mi 11 yang tetap memiliki bentuk ramping nan ringkas.

Bodinya sama sekali tidak bulky dan ketebalannya hanya 8,06 milimeter. Ketebalan bodinya ini 0,9mm lebih ramping dari generasi sebelumnya. Ukuran bodi yang tidak terlalu tebal ini juga membuatnya cukup nyaman saat kami gunakan dengan satu tangan saja.

review xiaomi mi 11
Hands On Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset.id)

Materialnya terbuat dari metal, membuat bagian cover belakangnya terlihat begitu berkelas. Ditambah lagi, bagian sisi layar dibuat sedikit melengkung yang menambah kuat kesan premium di smartphone ini.

Beberapa dari Anda mungkin tidak begitu menyukai jenis layar melengkung, karena sering tersentuh secara tidak sengaja ketika digunakan. Pada Mi 11 Anda tidak perlu khawatir, karena respon layar di bagian tepi ini bisa diatur untuk meminimalisir sentuhan yang tidak disengaja.

{Baca Juga: 5 Fitur Unggulan Xiaomi Mi 11: Snapdragon 888 Hingga Harman Kardon}

Menjaga keindahan desainnya, Xiaomi membalut bagian belakang ponsel pintar ini dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5. Sedangkan untuk layar bagian depannya sudah dibalut dengan Corning Gorilla Glass Victus.

Demi menjaga ketebalan bodinya, Xiaomi memutuskan untuk mengorbankan jack audio 3,5mm yang absen di ponsel ini. Namun sebagai gantinya, Xiaomi menyertakan adaptor tambahan USB Type C to jack audi 3,5mm di paket penjualannya.

Pada sisi kiri bodi terdapat tombol power dan volume, sementara di bagian bawah diisi oleh SIM tray yang hanya bisa menampung dua SIM card tanpa microSD, port USB Type C, mic dan speaker.

Review Xiaomi Mi 11
Speaker Harman Kardon Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset.id)

Sementara sisi atas ada sensor infra red dan dual speaker. Yup, Anda tidak salah membacanya, karena ada dual speaker stereo di smartphone ini.

Kedua speaker ini jelas menawarkan kualitas audio mumpuni, ditambah lagi dengan adanya campur tangan dari Harman Kardon yang menjamin kualitasnya.

Layar Xiaomi Mi 11

Review Xiaomi Mi 11
Layar Xiaomi Mi 11

Layar juga menjadi kelebihan yang ditawarkan oleh Xiaomi untuk memanjakan mata. Di sektor ini, Mi 11 mengandalkan layar AMOLED berukuran 6,8 inci dan beresolusi WQHD+ (3200 x 1440 piksel).

Yang membuat kami berkesan adalah ukuran bezelnya yang sangat tipis, membuat kami seolah mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone yang tidak memiliki bezel, dan bisa menikmati konten secara full screen.

{Baca Juga: Kelebihan & Kekurangan Xiaomi Mi 11, HP Gahar dengan Snapdragon 888}

Tidak cuma itu saja, layarnya juga dijejali dengan sejumlah fitur seperti ketajaman piksel yang mencapai 515 pixel per inci, refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 480Hz.

Anda juga bisa menikmati konten video dengan standar HDR10+ yang bisa menampilkan palet warna 10-bit yang lebih kaya dari layar smartphone pada umumnya yang masih didukung 8-bit.

Xiaomi Mi 11
Layar Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset.id)

Anda tentunya sudah tahu bahwa refresh rate yang tinggi ini akan membuat tampilan konten lebih halus ketika menonton video atau bermain game. Tapi konsekuensinya, refresh rate yang tinggi biasanya akan membuat baterai sangat boros. Tapi itu tidak berlaku di ponsel gahar ini.

Yup, tenang jangan panik dulu. Xiaomi sudah menyematkan teknologi bernama AdaptiveSync. Berkat teknologi ini, ponsel dapat secara pintar menerapkan berbagai skenario penggunaan layar agar hemat energi dari 120Hz ke 90Hz, ke 60Hz dan terakhir paling rendah di 30Hz.

{Baca Juga: Siap-siap! Tahun Ini akan Banyak HP Flagship Xiaomi Masuk Indonesia}

Kami melakukan pengujian dengan mencoba memainkan game, dimana refresh rate diatur maksimal ke 120Hz sewaktu sedang menjalankan game yang mendukung refresh rate tersebut, yang kemudian turun menjadi 60Hz saat kami memutar video atau tampilan statis.

Refresh rate-nya juga bisa diatur dari menu Settings. Jika Anda ingin tampilan yang lebih halus, Anda bisa memilih di 120Hz. Sebaliknya jika Anda menginginkan tampilan standar dengan baterai yang lebih hemat, Anda bisa aktifkan 60Hz saja.

Fitur layarnya juga makin lengkap dengan fitur kecerdasan buatan berupa AI Image enhancement, AI HDR enhancement dan MEMC.

Xiaomi Mi 11
AI Image Engine di Xiaomi Mi 11

AI Image enhancement akan meningkatkan detail dan warna dari foto ketika membuka foto di galeri. Sementara fitur AI HDR enhancement akan memproses video dengan efek HDR guna memberikan detail yang lebih tajam pada area yang terang dan gelap.

Terselip juga fitur MEMC, yang akan membuat tampilan konten dan transisi yang lebih smooth. Tapi kami ingatkan, semua fitur ini akan memakan daya ekstra sehingga baterai akan terasa lebih boros. Jadi lebih bijak untuk memakainya.

Pada bagian layarnya juga sudah tertanam sensor pemindai sidik jari sebagai fitur keamanan, yang bisa membuka kunci layar dengan sangat responsif dan cepat.

Spesifikasi dan Performa Mi 11

Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset gahar Qualcomm Snapdragon 888 di Indonesia. Selain bertenaga dengan arsitektur 5nm, chipset ini ini juga sudah mendukung konektivitas 5G.

Sebagai informasi, saat meluncurkan chipset ini, Qualcomm mengatakan bahwa performa Snapdragon 888 menawarkan kinerja 25% yang lebih baik dari seri sebelumnya. Meski secara tenaga lebih besar, namun konsumsi daya bisa dibuat lebih efisien dan memiliki reproduksi warna yang lebih baik.

Kinerja dari chipset yang canggih dan sangat powerfull ini juga didukung dengan RAM 8GB LPDDR5, yang juga tak kalah canggihnya, dan memori penyimpanan dalam dua opsi 128 GB dan 256 GB.

{Baca Juga: Hands-on Xiaomi Mi 11: Layar Sinematik, Snapdragon 888, Kamera 108MP}

Untuk mengukur performanya, berikut ini hasil pengujian yang kami lakukan dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, PC Mark dan 3D Mark.

AnTuTu Benchmark

Besaran skor benchmark di aplikasi AnTuTu tergolong cukup besar, yakni mencapai 706.864 poin. Skor ini memang menjadi angka rata-rata dari smartphone dengan chipset Snapdragon 888.

AnTuTu Benchmark Xiaomi Mi 11

Dan catatan skor itu tidak hanya di atas kertas saja, karena kinerjanya memang terbukti sangat lancar saat kami melakukan pengujian secara langsung. Multitasking dengan banyak aplikasi bisa dilakukan dengan sangat mulus.

PC mark

Demikian juga dengan pengujian PC mark, yang berguna sebagai simulasi penggunaan sehari-hari, Xiaomi Mi 11 berhasil meraih skor yang cukup besar, yakni 10.325 poin.

Catatab skornya yang tinggi ini sejalan dengan hasil pengujian kami yang menggunakan Mi 11 sebagai daily driver, tidak banyak menemui masalah yang berarti. Semua berjalan lancar saat kami memakainya untuk browsing, chatting, dan juga membuka aplikasi lain untuk membantu pekerjaan kami.

PC Mark Xiaomi Mi 11

3D Mark

Menariknya dari pengujian 3D Mark, pada uji Sling Shot aplikasi memberikan skor Maxed Out! Mereka menyebut bahwa smartphone ini terlalu powerfull dan menyarankan untuk mengujinya pada mode Wild Life.

Pada pengujian di mode Wild Life, Mi 11 berhasil meraih skor sebesar 5672, yang artinya lebih baik dari 91% dibandingkan smartphone lainnya yang pernah diuji menggunakan mode ini.

3D Mark Xiaomi Mi 11

Test Game

Buat Anda yang suka bermain game, performa dari Mi 11 pastinya akan membuat Anda tersenyum lebar. Dua game kami coba mainkan, Mobile Legends dan PUBG Mobile, untuk mengetahui bagaimana performanya.

Hasilnya, kedua game mobile populer tersebut bisa kami mainkan dengan sangat lancar pada pengaturan rata kanan, alias setting tertinggi. Untuk Mobile Legends, game bergenre MOBA tersebut bisa dimainkan dengan kualitas grafik Ultra HD.

Sementara untuk PUBG Mobile bisa memperoleh pengaturan grafik Ultra HD yang membuat tekstur dari bangunan dan efek refleksi air ditampilkan dalam resolusi 4K. Sayangnya kedua game ini baru mendukung refresh rate di 60Hz.

{Baca Juga: Xiaomi Mi 11 Masuk Indonesia, Versi Lite Juga akan Diperkenalkan}

Begitu kami coba mainkan game yang sudah mendukung refresh rate 120Hz, seperti Need For Speed Limits, baru potensi layar 120Hz milik Xiaomi Mi 11 bisa dinikmati sepenuhnya.

Tentunya kualitas layar Mi 11 akan menyuguhkan kenikmatan lengkap bagi para gamers, baik dari segi performa maupun grafik yang begitu memanjakan mata. Kami sudah membuktikannya secara langsung.

review xiaomi mi 11
Gaming di Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset.id)

Meski demikian, ada sedikit catatan dari hasil pengujian yang kami lakukan. Kami merasa suhu pada bodi ponsel ini agak cepat panas, terlebih saat digunakan untuk bermain game atau kegiatan lain yang membutuhkan performa tinggi.

Tapi ini tidak jadi masalah yang terlalu berarti. Penggunaan casing tambahan bisa menjadi solusi yang kami anjurkan, agar bisa dapat mengurangi hawa panasnya. Selain itu, hindari pemakaian di tempat yang panas, seperti di bawah sinar matahari langsung.

{Baca juga: 10 HP 5 Jutaan Terbaik Maret 2021, Spesifikasi Kencang}

Tes Baterai

Untuk mendukung performanya, dari segi sumber daya Mi 11 disuplai dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh. Kapasitasnya tergolong tidak terlalu besar untuk smartphone saat ini. Mengingat sudah banyak yang menggunakan baterai 5.000 mAh atau bahkan lebih besar.

Kami rasa Xiaomi memilih untuk tidak menyematkan baterai yang terlalu besar, agar bisa membuat bodi Mi 11 tetap ramping, tidak terlalu tebal dan bobotnya juga bisa lebih ringan.

Berdasarkan hasil pengujian baterai Xiaomi Mi 11 yang kami lakukan, smartphone ini mampu memberikan screen on time sekitar 11 jam 52 menit. Untuk penggunaan seharian, mungkin Anda perlu 2 kali melakukan pengisian daya.

Mi 11 mendukung teknologi pengisian daya cepat 55W untuk pengisian daya dengan kabel, 50W dengan pengisian daya nirkabel, serta 10W untuk mengisi daya perangkat lain secara reverse charging.

Saat kami uji dengan adaptor charger 55W, durasi pengisian dayanya berlangsung sangat cepat. Hanya sekitar 56 menit untuk mengisi daya baterai dari 2% hingga 100%. Tentu ini sangat membantu, karena jikapun Anda perlu mengisi daya 2 kali dalam sehari, tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengecasnya.

Tes Speaker

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, Xiaomi Mi 11 memiliki teknologi dual speaker stereo yang juga sudah disetel oleh ahli audio ternama, Harman Kardon.

Saat kami uji speaker yang ada di smartphone ini untuk mendengarkan lagu, kedua speaker mampu menyemburkan suara yang terdengar cukup keras, bulat dan tanpa distorsi.

Sama sekali tidak terdengar suara yang pecah, walaupun volume sudah di-set ke volume tertinggi. Mantab, Xiaomi!

Kamera

Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset.id)

Sektor kamera menjadi salah satu fitur andalannya. Xiaomi Mi 11 dimodali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP, kamera ultra wide 13 MP dan kamera makro 5 MP.

Sementara untuk keperluan ber-selfie, Xiaomi membenamkan kamera depan dengan resolusi 20 MP. Beberapa fiturnya juga membantu Anda yang senang berselfie dan mempercantik hasil foto.

Jumlah kamera utamanya memang tidak terlalu banyak untuk ukuran smartphone flagship, yang biasanya mengusung empat kamera atau lima kamera sekaligus.

{Baca juga: 10 HP Kamera Selfie Terbaik 2021 Versi DxOMark}

Tapi harap dicatat, kamera utama 108 MP sudah mampu memberikan gambar dengan resolusi tinggi, detail yang lebih banyak dan kerapatan piksel yang lebih padat. Sensor kameranya dipercayakan pada sensor Samsung ISOCELL Bright HMX 108 MP.

Kamera utamanya ini juga sudah mendukung digital zoom hingga 30x. Meski saat memotret dengan zoom 30x, hasilnya sangat pecah dan menurut kami tidak begitu fungsional.

IMG_20210323_063606

Zoom 5x

IMG_20210323_063612
Zoom 10x

IMG_20210323_063623
Zoom 30x

Menangkap fokus pada objek juga dapat dilakukan dengan cepat. Hasilnya, kamera utama bisa mengambil foto yang terlihat cukup tajam dengan warna yang hidup. Dynamic range-nya juga tergolong cukup baik.

Untuk pengambilan gambar di tempat redup, hasil kamera Xiaomi Mi 11 terbilang baik. Atau Anda juga bisa mengaktifkan Night Mode, yang menurut kami hasilnya juga cukup memuaskan.

Hasil foto portrait bokehnya juga sudah sangat baik, dengan membedakan mana objek yang berada di depan dan bagian latar yang dibuat blur.

Demikian juga mode makro yang sudah bisa dimanfaatkan dengan sangat baik untuk Anda yang ingin memotret detail sebuah objek dari jarak yang sangat dekat.

Anda juga bisa berkreasi dengan menggunakan beragam mode lain untuk memotret, seperti panorama, long exposure, clone hingga supermoon. Berikut ini sejumlah hasil foto Xiaomi Mi 11.

IMG_20210323_064915
Normal Mode

IMG_20210317_161631
Normal Mode

IMG_20210323_064207
Ultra Wide Mode

IMG_20210323_064826
108 MP Mode

IMG_20210323_064901
108 MP mode

IMG_20210322_192217
Night Mode

IMG_20210323_064636
Selfie

IMG_20210323_064711
Selfie Portrait

Bergeser ke kualitas perekaman video, lagi-lagi kami sangat puas. Hasil video memiliki kontras dan warna yang sangat baik. Ditambah lagi dengan adanya fitur Steady Video, membuat gambar yang dihasilkan sangat stabil dan minim getaran.

Stabilisasi ini bisa digunakan baik di kamera belakang ataupun kamera depan. Rasanya cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat vlog atau video lainnya hanya dengan mengandalkan smartphone saja.

Xiaomi juga tak lupa menyertakan mode pendukung untuk videonya, seperti short video, slow motion, time lapse, dual video dan movie effects.

VID_20210323_110844
Hasil Video Kamera Belakang

VID_20210323_111326
Hasil Video Kamera Depan

Kesimpulan

Review Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 11 (Foto: Surya/Telset,id)

Menggunakan Xiaomi Mi 11, Anda bakal bisa merasakan langsung kinerja dari chipset high end yang sangat bertenaga. Tidak salah jika Qualcoom menyebut chipset Snapdragon 888 sebagai yang paling powerful dan tercanggih.

Menurut kami, Mi 11 sukses menyuguhkan pengalaman smartphone flagship. Mulai dari kinerjanya yang sangat powerful, layar yang tajam, dan hasil jepretan kamera yang berkualitas.

Tapi yang tidak kalah menarik, banderol harganya lumayan terjangkau untuk ukuran smartphone flagship dengan seabrek fitur premium yang dibawanya. Sebagai informasi tambahan, Xiaomi Mi 11 dijual di Indonesia seharga Rp 9,9 juta saja.

{Baca Juga: Fitur Xiaomi Mi 11 Ini Bisa Bersihkan Speaker Secara Otomatis}

Overall, bagi Anda yang sudah membulatkan tekat untuk meminang Xiaomi Mi 11, kami jamin Anda akan bisa merasakan pengalaman yang memuaskan saat menggunakannya, baik untuk bermain game, ataupun sebagai daily driver.

Kelebihan

+ Bodi ramping dan ringan, desain elegan

+ Performa kencang dan bertenaga dengan chip Snapdragon 888

+ Gaming maksimal tanpa masalah hingga setting tertinggi (rata kanan)

+ Layar WQHD+ dan banyak fitur

+ Kapasitas memori internal besar

+ Pengisian daya sangat cepat

+ Kamera 108 MP berkualitas dan dilengkapi banyak fitur kamera

+ Audio dari speaker sangat bagus

+ Konektifitas sudah 5G dan ada NFC

Kekurangan

– Baterai relatif boros saat aktifitas penggunaan tinggi

TELSET RATING: 9/10 

SPESIFIKASI XIAOMI MI 11
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, MIUI 12.5
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 (5 nm)
CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.XX GHz Kryo 680 & 4×1.XX GHz Kryo 680
GPU Adreno 660
RAM 8 GB, 12 GB
Storage 128 GB, 256 GB
Dimensi 164.3 x 74.6 x 8.1 mm (Glass) / 8.6 mm (Leather), 196 g (Glass) / 194 g (Leather)
Layar AMOLED 6.81 inches WQHD+ (1440 x 3200 pixels), 120Hz, 1500 nits, 20:9 ratio
Kamera Utama 108 MP, f/1.9 (wide), 13 MP, f/2.4, 123˚ (ultrawide), 5 MP (macro)
Kamera Depan 20 MP, 27mm (wide), 1/3.4″, 0.8µm, HDR, Panorama
Beterai Li-Po 4600 mAh, Fast charging 55W, Fast wireless charging 50W, Reverse wireless charging 10W
Warna Midnight Gray dan Horizon Blue
Harga Rp 9,9 juta

Nah, itulah tadi review Xiaomi Mi 11 berdasarkan hasil pengujian yang sudah kami lakukan. Kami sangat merekomendasikan ponsel ini menjadi pilihan terbaik, karena harganya sangat worth it dengan spesifikasi gahar yang dibawanya. [HR/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0