Review SSD Seagate One Touch: Si Mungil Berkecepatan Tinggi

Telset.id – Seagate menambah portofolio perangkat SSD eksternal yang dibuatnya dengan meluncurkan Seagate One Touch SSD. Kami berkesempatan langsung untuk menjajal SSD baru ini dan menyajikan review Seagate One Touch SSD untuk Anda.

Selain kecepatan yang dimiliknya, SSD besutan Seagate ini memiliki daya tarik dari desainnya yang ringkat. Pengguna dijamin akan mudah membawanya kemana-mana.

One Touch SSD juga menghadirkan kecepatan baca dan tulis sekuensial maksimal hingga 1.030 MB/detik. Tersedia berbagai pilihan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB.

Baca Juga: Review Seagate Backup Plus Hub 4TB, Lega Buat Backup Data

Asyiknya nih, jika SSD eksternal lain biasanya hanya bisa digunakan di PC atau laptop saja, One Touch SSD bisa juga Anda gunakan di perangkat smartphone.

Makin penasaran ya sama kemampuan SSD eksternal satu ini. Untuk lebih jelasnya, yuk simak review Seagate One Touch SSD di artikel berikut ini. Enjoy it!

Desain 

Review Seagate One Touch
Seagate One Touch

Pertama kali melihat One Touch SSD, jujur kami dibuat terkejut. Bukan karena ada hal aneh, tetapi karena desain portabel yang begitu mungil dan ringkas. SSD eksternal ini memiliki bobot hanya sekitar 0,06 kg saja.

Jika melihatnya hanya secara kasat mata saja, mungkin akan banyak yang mengira bahwa ini bukanlah perangkat SSD eksternal. Beberapa orang yang kami perlihatkan SSD ini juga berpendapat serupa.

Saat kami coba bandingkan, dimensinya bahkan hampir menyerupai sebuah kartu ATM atau kartu e-money. Walaupun dari segi ketebalannya tetap jauh berbeda.

SSD Seagate One Touch
Seagate One Touch

Meski berdesain mungil, namun tidak ada kesan ringkih sama sekali. Seagate bisa membuat SSD eksternal ini memiliki build quality yang lumayan baik.

Menurut kami, balutan warna hitamnya membuat SSD ini terlihat kalem dan simpel. Seagate juga menyediakan varian lainnya seperti biru dan perak, yang juga tampil dengan warna soft.

Bodi dari SSD ini menggunakan cover dari material aluminium. Pada bagian sisinya menggunakan material kain lembut yang memberikan tekstur cukup unik pada desainnya.

SSD Seagate One Touch
Seagate One Touch

Soal durabilitas juga sudah dijamin oleh Seagate. Menurut Seagate, SSD eksternal ini tahan terhadap guncangan dan tetap aman meski jatuh dari ketinggian hingga 2 meter.

Terpasang sebuah port USB Type C di bodinya. Sementara dalam paket penjualannya, Seagate memberikan dua jenis kabel, yakni USB 3.2 dan USB Type C.

Pengujian Seagate One Touch

review seagate one touch
Seagate One Touch

Unit SSD eksternal yang kami uji dari Seagate ini memiliki kapasitas 500 GB, alias paling terendah dari varian lainnya. SSD ini juga sudah menggunakan teknologi NVMe, sehingga kecepatannya juga lebih baik jika dibandingkan SATA.

Berdasarkan penjelasan dari Seagate, perangkat ini kompatibel dengan komputer USB-C dan USB 3.0 untuk bisa mendapatkan kecepatan maksimalnya.

Untuk menguji kecepatannya untuk transfer data, kami menggunakan aplikasi CrystalDisk Mark versi 8. Seperti yang telah kami sebutkan di awal, Seagate mengklaim SSD eksternal ini memiliki kecepatan read/write yang maksimal hingga 1.030 MB/detik.

SSD Seagate One Touch

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, perangkat ini memiliki kecepatan untuk mengakses file bisa mencapai 1038 MB/s untuk read dan 870 MB/s untuk write.

Sebagai catatan, kecepatan SSD juga akan melambat jika ruang penyimpanannya makin penuh. Sehingga kecepatan tersebut tidak akan stabil jika isi di dalamnya sudah terlalu banyak.

One Touch SSD yang juga kompatibel dengan smartphone Android. Dengan ini pengguna  Android bisa mendapatkan ruang ekstra untuk menyimpan video, foto, dan file menggunakan aplikasi Seagate SSD Touch.

SSD Seagate One Touch
Aplikasi Seagate SSD Touch

SSD ini menyertakan perangkat lunak desktop Seagate Toolkit dengan Sync Plus yang menawarkan sinkronisasi file dan Rescue Data Recovery Service (Pemulihan Data) untuk membantu menghindari hilangnya data dan biaya pemulihan.

Kami juga telah mencoba SSD untuk difungsikan sebagai penyimpanan tambahan di konsol PS4. Hasilnya berfungsi dengan baik, dan sukses memberikan ruang ekstra 500 GB untuk menyimpan game-game PS4.

Kesimpulan

Seagate One Touch SSD
Seagate One Touch

Berdasarkan hasil review Seagate One Touch, SSD eksternal ini kami nilai sangat cocok untuk Anda yang butuh penyimpanan data ekstra dan memiliki bentuk sangat ringkas. Selain itu juga perangkat ini memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Namun perlu diperhatikan, dengan desain yang mungil dan ringkas ini Anda tidak bisa meletakannya sembarangan. Sebab SSD ini akan rentan terselip.

Menariknya lagi, SSD eksternal ini tidak hanya bisa digunakan di PC atau laptop, tetapi juga dapat terintegrasi langsung dengan smartphone, hingga menjadi penyimpanan tambahan untuk game-game di konsol PS4.

Baca Juga: Seagate FireCuda 120, SSD Khusus untuk PC Gaming

Dengan kecepatan yang ditawarkan dan ditambah desain yang ringkas, tentu Seagate One Touch ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang membutuhkan penyimpanan eksternal yang bisa diandalkan dan mudah diajak mobilitas.

Sebagai informasi tambahan, Seagate One Touch SSD dijual dengan harga Rp 1.849.000 (500GB), Rp 3.099.000 (2TB), dan Rp 6.399.000 (2TB). Tinggal Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0