telset

[Review] Seagate Backup Plus Hub 4TB, Lega Buat Backup Data

Telset.id, Jakarta – Kebutuhan menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar terus meningkat di era yang serba digital seperti sekarang ini. Apa lagi kini banyak malware, terutama ransomware yang mengintai, membuat kita harus menjaga agar jangan sampai data-data penting yang ada di dalam komputer atau laptop hilang dibobol peretas.

Oleh karena itu, Seagate sebagai salah satu pemain utama di industri penyimpanan data menawarkan solusi lewat produk terbaru mereka, Seagate Backup Plus Hub. Apa istimewanya produk ini?

Untuk membedah apa saja yang dapat dilakukan Seagate Backup Plus Hub, tim Telset.id akan mengulasnya dalam review kali ini. Produk review yang akan diulas adalah salah satu varian dari tiga varian yang sudah diluncurkan ke pasaran, yakni Seagate Backlup Plus Hub 4TB.

Seagate Backup Plus Hub 4TB

{Baca Juga: Cara Lihat Instagram Story yang Hilang}

Sesuai dengan namanya, penyimpanan eksternal ini memiliki tempat penyimpanan hingga 4TB. Jika laptop Anda datang dengan penyimpanan sebesar 1TB, maka Seagate Backup Plus Hub ini dapat menyimpan backup data hingga 4 laptop berbeda.

Keunggulan utama dari perangkat ini adalah adanya software Dashboard Seagate yang hadir dalam paket pembelian. Software ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan beberapa hal, seperti melakukan backup data dari komputer, perangkat mobile, menyimpan dan membagikan data yang ada di media sosial, serta melakukan restore data.

Seagate Backup Plus Hub 4TB

Nah, untuk melakukan backup data, Seagate menghadirkan dua pilihan, yakni melakukan backup secara manual atau membuat rencana backup file Anda tersendiri. Tentunya, kedua fitur ini sangat mudah dipakai, bahkan bagi para pemula sekalipun.

Seagate Backup Plus Hub 4TB

Berbicara konektifitas, perangkat ini bisa terhubung dengan komputer melalui kabel USB 3. Untuk sistem operasi yang didukung perangkat ini cukup luas, mulai dari Windows, MacOS, Linux, bahkan Android dan iOS sekalipun.

Yang menarik dari perangkat ini adalah terdapat dua port USB di bagian depan. Dua port USB 2 ini dapat menjadi HUB tambahan jika semua port USB di laptop Anda terpakai, namun ingin mengakses hard disk eksternal ataupun flash disk lainnya.

Keunggulan lainnya adalah kedua port ini dapat digunakan untuk mengisi daya ponsel pintar meskipun tidak terhubung ke komputer. Hal ini dikarenakan Seagate Backup Plus Hub memiliki kabel daya tersendiri.

Seagate Backup Plus Hub 4TB

{Baca Juga: Review SSD Seagate One Touch: Si Mungil Berkecepatan Tinggi}

Terakhir, kami akan membahas performa dari perangkat ini. Seagate menyematkan sebuah hard disk berkecepatan 7.200 rpm pada perangkat ini.

Saat kami test menggunakan Crystal Disk Mark, kecepatan membaca file dari perangkat ini rata-rata 191,7 MBps. Sedangkan untuk kecepatan menulis data, rata-rata kecepatannya mencapai 182,8 MBps. Perlu diingat, kecepatan ini dicapai menggunakan sambungan data kabel USB 3.

Seagate Backup Plus Hub 4TB

Seagate memberikan tiga opsi kapasitas bagi para penggunanya, yakni sebesar 4TB, 6TB dan 8TB. Untuk harga Seagate Backup Plus Hub, di pasaran produk ini memiliki rentang harga mulai dari Rp 2,7 juta hingga Rp 4,2 juta.

Secara keseluruhan, Seagate Backup Plus Hub adalah pilihan yang solid dengan harga pantas bagi mereka yang ingin memiliki tempat penyimpanan data ekstra dengan kapasitas yang besar. [NC/MS/HBS]

4 KOMENTAR

  1. Mohon pencerahan gan, Jika hardisk Seagate backup plus 4 TB rusak, apakah data yang tersimpan pada Sofware Dashboar Seagate akan hilang? Atau ada batas waktu?

  2. Mohon pencerahan gan, Jika hardisk Seagate backup plus 4 TB rusak, apakah data yang tersimpan pada Sofware Dashboar Seagate akan hilang?

  3. Mohon pencerahan gan, Jika hardisk Seagate backup plus 4 TB rusak, apakah data yang tersimpan pada Sofware Dashboar Seagate akan hilang? Atau ada batas waktu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0