Review Samsung Galaxy A33 5G: Fitur Lebih Lengkap

Telset.id –  Samsung Galaxy A33 5G merupakan bagian dari seri A yang dibawa Samsung ke Indonesia, bersamaan dengan seri Galaxy A73 5G dan A53 5G. Meski menjadi yang paling bungsu, dibandingkan kedua seri A tadi, Galaxy A33 5G tidak bisa dianggap remeh.

Samsung tahun ini cukup banyak merilis smartphone Galaxy A series di Indonesia. Selain Galaxy A33 5G, Samsung juga merilis dua seri lainnya, Galaxy A53 5G dan A73 G5.

Dari sisi spesifikasi, ketiganya hampir mirip, terutama untuk seri A33 5G dan A53 5G, dimana keduanya sama-sama ditenagai prosesor yang sama. Dari sisi harga juga hanya terpaut sedikit. Tentu saja hal ini cukup “membingungkan” bagi konsumen untuk memilih.

Bicara soal Galaxy A33 5G, HP terbaru Samsung ini mengusung spesifikasi yang tergolong bagus dibandingkan seri sebelumnya Galaxy A32. Secara umum, bisa dibilang jajaran mid-range Samsung Galaxy A Series tahun ini naik kelas, karena membawa cukup banyak peningkatan yang siginifikan.

Salah satu fitur menarik yang kini dihadirkan di Galaxy A33 5G adalah fitur perlindungan tahan air IP67, yang sebelumnya hanya ada di seri yang lebih tinggi. Saat ini, model A series dibekali fitur tahan air, meskipun tidak semua model dilengkapi fitur tersebut.

BACA JUGA:

Galaxy A33 masih mempertahankan layar Super AMOLED 90Hz, sama seperti seri sebelumnya Galaxy A32, tetapi menggunakan chipset Exynos 1280 yang jauh lebih kuat dengan prosesor yang lebih baru dan grafis yang ramah game.

Peningkatan lainnya adalah sudah terintegrasinya modem 5G, jadi sekarang Anda tidak perlu bingung memilih mau beli ponsel versi 4G dan HP 5G murah terbaik yang sudah dirilis di Indonesia.

Fitur kamera juga telah ditingkatkan. Sekarang kamera utama 48MP dan sudah memiliki fitur OIS, dan mendukung perekaman video hingga 4K. Kamera selfie 13MP juga sekarang bisa merekam video 4K.

Galaxy A33 juga menghadirkan speaker stereo, fitur yang sebelumnya hanya ada di model A5x dan seri yang lebih tinggi pada generasi sebelumnya. Dan terakhir, namun tidak kalah pentingnya, Galaxy A33 kini mendukung pengisian daya kabel 25W yang lebih cepat.

Dengan spesifikasi yang seperti itu, pasti banyak yang penasaran dengan performa dari smartphone yang masuk daftar HP 5G murah terbaik dari Samsung tersebut.

Untuk mengetahuinya, Tim Telset telah melakukan review Samsung Galaxy A33 5G untuk mengetahui performa, serta kelebihan dan kekurangan dari HP 3 jutaan terbaru dari Samsung ini.

Sebelum membahas lebih jauh, kita lihat dulu sekilas spesifikasi utama Samsung Galaxy A33 5G:

  • Body: 159.7×74.0x8.1mm, 186g; Kaca depan (Gorilla Glass 5), bingkai plastik, belakang plastik; IP67 tahan debu/air (hingga 1m selama 30 menit).
  • Layar: 6,40 inci Super AMOLED, 90Hz, resolusi 1080x2400px, aspek rasio 20:9, 411ppi.
  • Chipset: Exynos 1280 (5 nm) Octa-core (2×2,4 GHz Cortex-A78 & 6×2,0 GHz Cortex-A55); Mali-G68.
  • Memori: RAM 128GB 4GB, RAM 128GB 6GB, RAM 128GB 8GB, RAM 256GB 8GB; microSDXC (menggunakan slot SIM bersama).
  • OS: Android 12, One UI 4.1.
  • Kamera belakang: Kamera utama 48 MP (wide), f/1.8, PDAF, OIS; Kamera Ultra wide angle 8 MP, f/2.2; Kamera Makro: 5 MP, f/2.4; Kamera Depth 2 MP, f/2.4.
  • Kamera depan: Kamera wide 13 MP, f/2.2.
  • Video: Kamera belakang: 4K@30fps, 1080p@30/120fps; Kamera depan: 4K@30fps, 1080p@30fps.
  • Baterai: 5000mAh; Fast Charging 25W.
  • Fitur lainnya: Pembaca sidik jari (di bawah layar); speaker stereo; Penginderaan jarak virtual (Virtual proximity sensing).

Desain dan Layar

Layar Galaxy A33 5G

Samsung Galaxy A33 5G memiliki Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya pun sudah mendukung refresh rate 90Hz serta sudah mendapatkan perlundungan yang lebih tangguh dengan Corning Gorilla Glass 5.

Layarnya memiliki peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan seri Galaxy A32 yang hanya menggunakan IPS LCD saja. Ketebalan bezel layarnya standar, dengan lekukan di samping dan depan belakangnya agak sedikit tebal, tapi tidak terlalu mengganggu, dengan ketebalan 8,1mm, dengan bobot 186 gram.

Sesuai harganya, material HP ini masih terbuat dari plastik. Tapi tenag, karena materialnya dibuat cukup padat, tidak terasa kopong. Body plastiknya juga membuat HP ini tidak mudah kotor, dibandingkan kalau menggunakan material kaca. Desain layarnya menggunakan desain Infinity-U, tanpa punch-hole.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, peningkatan besar yang diberikan pada Galaxy A33 5G adalah fitur tahan air. HP ini sudah mengantongi sertifikasi IP67, yang membuatnya tahan air dan debu. Fitur ini memang istimewa karena hadir di segmen HP kelas menengah. Secara fungsional, Anda kini setidaknya tidak terlalu worry saat harus basah-basahan karena hujan.

Di bagian sisi kanannya, Anda akan menjumpai tombol power, tombol volume. Sementara di sisi kiri, tidak ada tombol apapun. Di bagian atas, ada lubang mic, SIM Tray Hybrid, Dual SIM atau Single SIM  ditambah slot MicroSD.

Beraliha ke bagian bawah, ada lubang mic, port USB-C, kemudian ada speaker stereo di bagian bezel bawah. Sayangnya, HP ini tidak menyediakan lubang headphone jack 3,5mm. Sedangkan di sisi belakangnya, terlihat kotak untuk modul kamera ditambah LED Flash.

Spesifikasi dan Performa 

Performa Samsung Galaxy A33 5G

Samsung Galaxy A33 5G ditenagai prosesor terbaru Exynos 1280 dengan arsitektur 5nm. Supaya bisa menyimpan banyak file dan aplikasi, HP dibekali dengan RAM 6 GB/8 GB, memori penyimpanan 128 GB/256 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB dengan microSD, serta baterai 5.000 mAh dengan fast charging 15W.

Performanya dapat diandalkan, karena saat menggunakannya, kami tidak mengalami lag, baik saat dipakai untuk membuat konten foto dan video, membuat aplikasi media sosial serta streaming video. Ketangguhan performanya juga tergambar dari hasil pengujian benchmarking yang kami lakukan.

Hasil pengujian dengan aplikasi AnTuTu Bechmark, Galaxy A33 5G mendapatkan skor di atas 400 ribu tepatnya 403.451 poin. Berikutnya untuk pengujian menggunakan aplikasi PC Mark skor yang didapatkan adalah 11.090 poin.

Sedangkan untuk hasil pengujian lewat aplikasi 3D Mark, HP 5G terbaru ini dapat melewati 6 tes. Hasilnya untuk Wild Life dan Wild Life Extreme skor yang diperoleh adalah 2.264 dan 631 poin.

Hasil AnTuTu Galaxy A33 5G

Selanjutnya untuk Sling Shot Extreme dan Sling Shot, skornya adalah 3.537 poin dan 4.401 poin. Adapun untuk Wild Life Stress dan Wild Life Extreme Stress skor yang diperoleh adalah 2.271 poin dan 635 poin.

Samsung Galaxy A33 5G 3D Mark

Kombinasi prosesor yang tangguh dan baterai tahan lama ini, dilengkapi dengan kekuatan HP yang tahan air dan debu alias telah lulus sertifikasi level IP67.

Gaming 

Gaming menjadi salah satu fitur yang paling diharapkan pengguna smartphone modern. Makanya banyak vendor yang menawarkan HP gaming murah mulai dari HP gaming 1 jutaan hingga HP gaming 5 jutaan dengan berbagai fitur gaming di dalamnya.

Begitupun Samsung Galaxy A33 5G juga menawarkan kemampuan gaming bagi penggunanya. Meski tidak terlalu ideal sebagai “HP gaming”, namun Galaxy A33 5G sudah cukup nyaman untuk memainkan game-game populer saat ini, semacam Mobile Legends.

Meski tidak menawarkan grafis HD dan frame rate high, namun HP ini tidak mengalami banyak kendala. Saat kami test untuk memainkan game Mobile Legends, semua berjalan dengan lancar. Begitupun dari aspek grafis, frame rate yang ditampilkan stabil selama permainan, tanpa ada penurunan dengan grafis game di atur rata kanan.

Konsumsi dayanya juga masih tergolong normal. Baterainya terkuras sekitar 15 persen saat kami memainkan game selama satu jam. Ada sedikit peningkatan suhu yang terbilang cepat saat kami coba memainkan game yang agak berat, PUBG Mobile.

Suhu di bodi perlahan naik sehingga HP terasa hangat. Padahal baru diajak bermain PUBG selama 15 menit. Namun masalah ini tidak muncul saat kami memainkan game-game kasual, semacam Candy Crush. Peningkatan suhunya masih tergolong normal.

kekurangan HP Samsung

BACA JUGA:

Dari hasil test tersebut, bisa dikatakan kalau Galaxy A33 5G memiliki performa gaming yang lumayan baik, terutama untuk memainkan game-game ringan atau kasual. Tapi untuk gamers hardcore yang suka bermain game-game berat, HP ini tidak direkomendasikan.

Baterai 

Baterai Samsung Galaxy A33 5G berbahan Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh. Baterainya memiliki teknologi fast charging 25W dan sayangnya tidak tersedia charger saat pembelian HP ini.

Untuk menguji daya tahan baterai, kami menggunakan aplikasi PC Mark dan hasilnya baterai mampu bertahan sekitar 14 jam lebih 38 menit. Lalu untuk pengisian dari 13% sampai 100% memakan waktu 1,5 jam.

Baterai Samsung Galaxy A33 5G

Daya tahan baterainya tergolong baik untuk pemakaian normal. Smartphone baterai 5.000 mAh terbaik ini bisa menemani Anda beraktivitas dari pagi hingga sore dalam sekali pengisian daya.

Samsung tidak memberikan slot jack audio 3,5 mm dan charger di varian Galaxy A33 5G ini. Hal ini membuat pengguna harus mencari headset yang memiliki port USB Type-C dan charger untuk mendengarkan audio dengan lebih intim.

Tidak adanya kedua hal tersebut merupakan salah satu kekurangan, karena pengguna menjadi kesulitan untuk mendengarkan lagu menggunakan headset.

Kekurangan HP Samsung
Tampilan bawah Galaxy A33 5G

Apalagi di pasaran mayoritas headset yang dijual yang memiliki port audio jack 3,5 mm. Pengguna pun harus membeli charger lagi di toko aksesoris smartphone.

KameraGalaxy A33 5G

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy A33 5G adalah dari segi fotografi. Kamera Galaxy A33 5G di depan mengandalkan kamera selfie 13 MP di depan, sementara di belakang, kelebihan Galaxy A33 5G karena memiliki 4 kamera dengan konfigurasi, kamera utama 48 MP yang didukung OIS, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 5 MP, dan kamera depth 2 MP.

Keempat kamera itu diperkuat dengan beragam fitur seperti Quad Camera Mode, Portrait Mode, Macro Mode, 48 MP Mode Camera, Panorama Mode, Night Mode, Eat Mode, Pro Mode Camera dan Zoom Camera hingga 10x.

Sedangkan untuk konten video ada fitur Hyperlapse Mode Video, Slow Motion, Super Slow Motion dan Pro Video. Dalam review Samsung Galaxy A33 5G ini kami mencoba beberapa fitur kamera tersebut dan hasilnya tidak mengecewakan.

Kamera Samsung Galaxy A33 5G dapat memberikan hasil gambar yang fokus dan natural. Kamera juga tidak memiliki respon yang cepat sehingga Anda dapat melakukan pengambilan gambar berkali-kali dengan mudah. Berikut ini hasil foto dari kamera Samsung Galaxy A33 5G.

Kamera Samsung 1
Hasil Quad Camera Galaxy A33 5G
Mode Panorama Samsung Galaxy A33 5G
Hasil Panorama Mode Camera
Hasil kamera malam
Hasil Night Mode Camera
Kamera Samsung
Hasil Macro Camera Mode
Kamera samsung
Hasiil Review Macro Camera Mode Samsung Galaxy A33 5G
Kamera Samsung
Hasil Macro Camera Mode
Kamera Zoom Zamsung
Hasil Zoom Camera

Kesimpulan 

HP Samsung Galaxy A33 5G

Samsung A33 5G memiliki 3 varian dengan harga yang berbeda-beda. Untuk varian 6/128GB dibanderol Rp 4.699.000. Sementara varian 8/128GB ada di angka Rp 4.999.000. Varian terbaiknya hadir dengan memori 8/256GB seharga Rp 5.499.000. Lantas apakah HP ini layak dibeli?

Meski jaringan 5G belum merata, para vendor sudah getol membawa ponsel 5G seperti Samsung dengan Galaxy A33. Meski begitu embel-embel HP 5G tidak membuat HP menjadi tampak sempurna.

BACA JUGA:

Berdasarkan hasil review, kelebihan Galaxy A33 5G dari segi kamera, desain, performa yang dan layar yang lebar. Di sisi lain terdapat beberapa kekurangan dari HP seperti tidak adanya audio jack 3,5 mm dan charger,

Dengan kelebihan Galaxy A33 5G dan kekurangannya, HP ini bisa menjadi rekomendasi kalau ingin mencari HP 5G dengan range harga Rp 4 jutaan sampai Rp 5 jutaan.

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY A33 5G

  • Rilis: Maret 2022
  • Network: GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G
  • Layar: Super AMOLED 6.4 inci Full HD+, 90hz, 20:9 ratio, Corning Gorilla Glass 5
  • OS: Android 12, One UI 4.1
  • Chipset: Exynos 1280 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (2.4 GHz & 2.0 GHz)
  • GPU: Mali-G68
  • RAM: 6 GB, 8 GB
  • Memori: 128 GB, 256 GB
  • Dimensi: 159.7 x 74 x 8.1 mm, 186 g
  • Kamera Utama: 48MP OIS, 8MP (ultrawide), 5MP (makro), 2MP (depth)
  • Kamera Depan: 13 MP
  • Baterai: 5.000 mAh, Fast Charging 15W
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1
  • NFC: Yes
  • Warna: Black, White, Blue, Peach
  • Harga: Rp 4.699.000 (6/128GB), Rp 4.999.000 (8/128GB), Rp 5.499.000 (8/256GB).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0