Home Review Review Redmi Note 9 Pro: Perfoma Top di Kelas Menengah

Review Redmi Note 9 Pro: Perfoma Top di Kelas Menengah

REVIEW

Telset.id – Sejak tahun lalu, harus diakui kalau Xiaomi mulai kembali tancap gas di Indonesia. Hal ini, ditandai dengan serangkaian peluncuran smartphone terbaru di Tanah Air. Terkini, Xiaomi menghadirkan HP terbaru yang masuk ke kelas menengah, yakni Redmi Note 9 Pro yang juga bakal kami review secara lengkap dalam artikel ini.

Kurang lebih 6 bulan sejak Redmi Note 8 Pro hadir di Indonesia, Xiaomi merilis suksesornya bernama Redmi Note 9 Pro. 

Acara peluncuran kali ini sangat berbeda dibandingkan tahun lalu. Tidak ada suara kehebohan dari para Mi Fans Indonesia, dan tak ada pula keramaian para undangan yang datang ke tempat acara.

Maklum saja, peluncuran Redmi Note 9 Pro di Indonesia digelar secara online untuk mematuhi kebijakan pemerintah untuk social dan physical distancing demi menekan penyebaran wabah Covid-19.

{Baca juga: 10 HP Xiaomi Terbaru Januari 2021, Harga dan Spek Lengkap}

Hadirnya Redmi Note 9 Pro sendiri merupakan bukti, makin cepatnya Xiaomi menghadirkan smartphone andalannya ke Indonesia. Bukan cuma itu, Xiaomi pun menghadirkan serangkaian hal baru pada seri ini teranyarnya ini

Mulai dari konsep desain, dapur pacu, fitur, sampai kemampuan kameranya pun ditingkatkan. Well, tentu Anda semakin penasaran seperti apa jelasnya HP terbaru Xiaomi di tahun 2020 ini. Oleh karenanya, sebaiknya simak review lengkap Redmi Note 9 Pro berikut ini.

Desain

Redmi Note 9 Pro memang tampil dengan rancangan desain yang baru, beda sekali apabila dibandingkan Note 8 Pro. Akan tetapi, baru kali ini kami cukup heran dengan Xiaomi yang tidak lagi memberikan desain orisinal pada Redmi Note 9 Pro, khususnya body bagian belakang. Mari kita bahas satu per satu.

Bagian depan terlebih dahulu. Smartphone ini tampil dengan layar yang lebih luas dibanding seri sebelumnya. Tidak lagi mengusung desain Waterdrop Notch, Redmi Note 9 Pro menggunakan desain bernama DotDisplay.

DotDisplay sendiri merupakan lubang kamera yang diletakkan di tengah atas layar. Desain tersebut dipercaya mampu memaksimalkan rasio layar terhadap body, apalagi Redmi Note 9 Pro memang memiliki bezel yang tipis di tiap sisinya.

Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,67 inci berjenis IPS dengan resolusi maksimal Full HD. Layarnya telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5, dan juga sebuah screen protector bawaan yang bisa Anda lepas.

Seperti Redmi Note 8, smartphone ini pun menggunakan frame berbahan dasar plastik atau polycarbonate berkualitas. Berbeda dibandingkan dua seri Redmi Note generasi sebelumnya, memang Xiaomi tidak terlalu menggaungkan daya tahan dari frame plastik ini.

Akan tetapi, kami yakin kalau Xiaomi sama sekali tidak mengurangi kualitas dari smartphone-nya. Sebab selayaknya, pabrikan asal China itu malah harus meningkatkan kualitas dari ponsel pintar terbaru mereka.

{Baca Juga: Redmi 9A Punya Varian Baru dengan RAM 6GB, Cek Harganya!}

Redmi Note 9 Pro kini tampil dengan desain bagian belakang yang berbeda, seperti yang kami bilang sebelumnya. Tapi, desain ini malah membuat kami bertanya-tanya, “kok Xiaomi bisa begitu?”

Bagaimana tidak, kesan pertama kami ketika melihat body belakang smartphone adalah mirip banget dengan Huawei Mate 20 Series. Mengapa kami mengatakan demikian? Sebab, frame kamera smartphone ini berbentuk persegi, dan mirip dengan Mate Series dari Huawei.

Untung saja, ada sentuhan berbeda di body belakang. Apabila Anda meminang unit berwarna Tropical Green, Anda akan menemukan sentuhan berbeda tersebut. Sebab, Xiaomi membubuhi dua warna berbeda pada body glastic yang dilapisi Gorilla Glass 5 ini.

Warnanya terdiri dari warna hijau muda di bagian atas, dan hijau tua dengan corak garis-garis di bagian bawah. Warna ini membuatnya tampil elegan dan lebih berkarakter dibandingkan smartphone lain di kelasnya.

Di bagian bawah, terdapat speaker yang punya kemampuan untuk “membersihkan dirinya sendiri”. Maksudnya, speaker ini disematkan fitur Clear Speaker yang bakal memutar suara nyaring dalam waktu kurang lebih 30 detik untuk membersihkan lubang speaker dari debu.

Kemudian, ada mikrofon, port USB-C, dan juga jack audio 3,5mm. Di bagian atas, terdapat mikrofon dan IR Blaster. 

Sedangkan di sisi kanan, terdapat tombol sidik jari yang bertugas pula sebagai tombol power. Sensor ini memiliki respon yang cepat, dan mudah dijangkau oleh jempol. Lalu, disandingkan dengan tombol volume yang posisinya ke atas banget. 

Posisi ini kurang ergonomis menurut kami, karena cukup sulit dijangkau ketika digunakan. Sedangkan sebelah kiri, ada slot 2 kartu SIM + microSD.

{Baca juga: Review Samsung Galaxy M11: Hanya Jagokan Baterai Besar}

Sebenarnya, ada satu kekurangan yang kami rasakan dari desain Redmi Note 9 Pro. Kekurangan tersebut ada di bagian frame kamera. Selain bentuknya yang mirip-mirip Huawei Mate 20 Series, frame ini juga sangat menonjol.

Akibatnya, frame kamera menjadi penopang body smartphone ketika disimpan di atas meja saat tidak menggunakan softcase. Untung saja, Xiaomi memberikan softcase bening yang kualitasnya standar, tapi cukup melindungi body dari goresan halus.

HALAMAN BERIKUTNYA ⇒

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version