telset

Review Redmi Note 11 Pro: Performa Tangguh, Zoom Kamera Kurang

Telset.id – Xiaomi meluncurkan Trio Redmi Note 11 Series yang salah satunya Redmi Note 11 Pro 4G. Spesifikasi Redmi Note 11 Pro mengusung kamera yang bagus dan performa yang tangguh untuk aktivitas sehari-hari karena didukung RAM dan baterai yang besar.

Redmi Note 11 Series memiliki julukan Jawaranya Semua Tantangan. Alasannya, spesifikasi Redmi Note 11 Pro menawarkan performa berkualitas melalui spesifikasi dan fitur yang beragam.

Baca juga: Trio Redmi Note 11 Tiba di Indonesia

Smartphone ini terbagi menjadi 3 varian yaitu Redmi Note 11, Note 11 Pro dan Note 11 Pro 5G. Dalam review kali ini tim Telset berkesempatan mendapatkan produk Redmi Note 11 Pro versi 4G dan kira-kira bagaimana performanya?

Desain Redmi Note 11 Pro 

Review Smartphone Redmi

Redmi Note 11 Pro memiliki dimensi 164.19 x 76.1 x 8.12 mm, dengan bobot di 202 gram. HP ini menawarkan 3 varian warna yaitu Atlantic Blue, Graphite Gray dan Polar White. Dalam review kali ini kami mendapatkan varian warna Polar White.

Di bagian belakang, terdapat 4 kamera dan 1 lampu flash yang berbaris rapi di sisi kiri atas. Posisinya agak melengkung ke atas, dan berwarna hitam. Kemungkinan desain tersebut sengaja dipasang untuk membedakan slot kamera dengan bodi belakang.

Bodi belakang sendiri merupakan perpaduan warna putih, dengan bodi berbahan kaca. Menurut kami pemilihan bodi berbahan kaca membuat bodi belakangnya sedikit licin apabila dipegang.

Baca juga: Xiaomi 12 Pro vs Realme GT 2 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

Pada bagian depan terdapat layar dengan berukuran 6,67 inci dengan kamera di bagian tengah atas. Beralih ke bagian frame smartphone. Secara keseluruhan smartphone ini menggunakan bahan polikarbonat di seluruh sisi frame.

Untuk frame kanan disematkan tombol power sekaligus fingerprint dan tombol volume. Sisi bawah ada slot untuk SIM Card dan Micro SD yang isinya dalah 2 slot untuk SIM Card dan 1 slot Micro SD. Ada juga USB Type-C, microphone, dan speaker.

Review Smartphone Redmi 4G
Tampak bawah smartphone

Sisi atas ada IR blaster, microphone, speaker, dan audio jack 3.5 mm. Sedangkan sisi kiri kosong alias tidak ada tombol atau colokan apapun.

Layar dan Audio 

Redmi Note 11 Pro 4G

Layar yang ditawarkan tergolong luas berukuran 6,67 inci berbahan Super AMOLED  dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya rasio 20:9 dengan bezel yang tipis di tiap sisinya, serta memiliki lubang kamera mungil di tengah atas layar.

Bukan cuma lega, layarnya pun telah mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz, cocok buat mendukung aktivitas gaming para pengguna. Ditambah, intensitas cahaya maksimalnya sudah 700 nits, HDR10, dan telah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sebagai lapisan pelindungnya.

Melalui spesifikasi seperti itu smartphone mampu memberikan gambar yang detail dan halus, baik ketika digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi seperti PUBG Mobile atau sekedar membuka aplikasi media sosial.

Untuk audio, HP Xiaomi terbaru ini memiliki speaker di bagian atas dan bawah smartphone, sehingga mampu memberikan suara yang kencang.

Performa

Review Redmi Note 11 Pro

Di bagian dapur pacu, spesifikasi Redmi Note 11 Pro ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G96, CPU Octa-core dan Mali-G57 MC2. Untuk mendukung performa chipset, disematkan pula varian RAM 6 GB/8 GB dan memori internal 128 GB.

Pada review ini kami mendapatkan versi RAM 8 GB. Apabila Anda merasa kapasitas RAM belum cukup, spesifikasi Redmi Note 11 Pro memiliki fitur Extended RAM sehingga Anda bisa mendapatkan tambahan RAM virtual hingga 3 GB.

Supaya suhu tetap terjaga, smartphone ini dilengkapi dengan LiquidCool Technology. Teknologi pendinginan level flagship yang mampu menjaga temperatur dalam batas wajar untuk memastikan performa dalam pemakaian jangka panjang.

Baca juga: Cara Menambahkan RAM Virtual di Redmi Note 11 Pro 5G

Ketika penggunaan sehari-hari Redmi Note 11 Pro bisa diandalkan. Kami tidak menemukan kendala seperti suhu smartphone jadi panas dan lag, baik saat menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial, streaming YouTube, atau bermain game PUBG Mobile dan Free Fire.

Namun supaya lebih objektif, kami melakukan pengujian performa menggunakan Aplikasi AnTuTu Bechmark, PC Mark dan 3D Mark. Berikut ini hasilnya untuk Anda.

1. Aplikasi AnTuTu Bechmark

Berdasarkan pengujian lewat AnTuTu, Redmi Note 11 Pro mampu mengantongi skor 310.672 poin. Hasil yang tergolong besar dan menunjukkan kalau smartphone ini memiliki performa yang tangguh.

Redmi Note 11 Pro

2. Aplikasi PC Mark

Skor yang tercatat saat pengujian lewat PC Mark juga tinggi, yakni memperoleh work 3.0 performance score di atas 5.000 poin tepatnya di angka 7.879 poin.

aplikasi pc mark

Dengan skor yang tinggi Note 11 Pro cukup kompatibel ketika dipakai untuk browsing, mengakses aplikasi pesan singkat bahkan mengedit video.

3. Aplikasi 3D Mark 

Di pengujian dengan menggunakan aplikasi 3D Mark melalui pengujian Sling Shot dan Sling Shot Extreme, Redmi Note 11 Pro mencatatkan skor 2.856 dan 2.081 poin.

Hasil 3D Mark

Adapun untuk skor Wild Life Stress Test dan Wild Life skor yang diterima adalah 1.010 dan 986 poin. Sedangkan hasil Wild Life Extreme dan Wild Life Extreme Stress Test sama-sama 322 poin.

Baterai 

Xiaomi menyematkan kapasitas baterai yang besar di Redmi Note 11 Pro. Li-Po 5020 mAh dengan fast charging Fast charging 33W. Merujuk pada hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PC Mark, screen time baterai Note 11 Pro mampu bertahan hingga 16 jam 40 menit dengan sisa baterai 20%.

Baterai Redmi Note 11 Pro

Artinya smartphone ini bisa dipakai dari pagi sampai malam dalam sekali pengisian daya. Di sisi lain untuk pengisian daya, waktu yang dihabiskan hanya 1,5 jam untuk pengisian daya dari 11% hingga 100%.

Kamera Redmi Note 11 Pro 

Kamera Redmi Note 11 Pro mengandalkan kamera utama dengan sensor 108 MP ISOCELL HM2, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera 2 MP untuk memberikan efek bokeh pada foto.

Sementara bagian depan, tersemat kamera selfie 16 MP. Komposisi kamera Redmi Note 11 Pro didukung oleh sejumlah fitur seperti Normal Mode Camera, 108 MP Mode Camera, Portrait Mode Camera, Night Mode Camera, Pro Mode Camera dan Zoom Camera 10x. Untuk ukuran foto, tersedia ukuran 3:4, 9:16 dan Full.

Selama proses review, kami mencoba sejumlah fitur yang ada di kameranya. Contohnya untuk 108 MP Mode Camera mampu memberikan gambar yang detail baik, di dalam atau luar ruangan.

Hasil Kamera Redmi
Hasil Kamera Utama 108 MP
Hasil Kamera Redmi
Hasil Kamera Utama 108 MP

Portrait Mode Camera sangat cocok untuk selfie atau memotret objek tunggal seperti makanan, bunga atau hewan. Sebab, berdasarkan review yang kami lakukan mode ini berhasil memberikan efek bokeh, sehingga foto lebih fokus terhadap objek yang dipotret.

Hasil Kamera Xiaomi Redmi
Hasil Portrait Mode Camera di kamera depan
Hasil Kamera Xiaomi
Portrait Mode Camera menggunakan kamera belakang

Hasil Night Mode Camera tidak kalah bagus. Fitur ini berhasil memberikan gambar yang detail, tetapi tetap natural sehingga mampu menggambarkan kondisi malam hari dengan baik.

Kamera HP Xiaomi
Hasil Night Mode Camera
Kamera HP Xiaomi
Hasil Night Mode Camera untuk berfoto dengan objek manusia

Fitur berikutnya adalah Zoom Mode Camera yang bisa diperbesar hingga 10x. Merujuk pada hasil review, fitur Zoom ketika dimaksimalkan hingga 10x kurang mampu memberikan gambar yang detail.

Hasil Mode Zoom 10x
Hasil kamera mode Zoom hingga 10x

Mengenai video, Anda bisa merekam video dengan format 720p di rana 30 fps, dan 1080p di rana 30 fps. Supaya video tambah menarik, ada fitur Macro Mode Video dan Slow Motion Mode Video

Kami mencoba merekam menggunakan Slow Motion Mode Video, dan hasilnya fitur ini mampu memberikan efek gerak lambat yang cukup bagus, baik untuk perekaman di dalam dan luar ruangan.Slow Motion Mode Video Redmi Nite 11 Pro

Kesimpulan 

Review Redmi Note 11 Pro

Redmi Note 11 Pro dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 untuk versi 6 GB + 128 GB dan Rp 3.799.000 untuk varian 8 GB + 128 GB. Dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan apakah smartphone ini layak dibeli?

Note 11 Pro memiliki berbagai keunggulan seperti memiliki kapasitas baterai yang tahan lama, RAM besar serta performa yang tangguh baik untuk aktivitas multitasking dan bermain game.

Baca juga: Review Lengkap Xiaomi 12 Pro

Meski demikian, smartphone ini mempunyai sejumlah kekurangan seperti bodinya yang cukup licin dipegang, dan fitur Zoom Mode Camera yang kurang maksimal. Terlepas dari kekurangannya menurut kami Note 11 Pro cocok buat Anda yang ingin memiliki smartphone tangguh di harga Rp 3 jutaan.

Kelebihan Redmi Note 11 Pro 

  • Chipset MediaTek Helio G96 dengan performa tangguh dan kencang.
  • Layar lega dengan refresh rate hingga 120 Hz dan Corning Gorilla Glass 5.
  • RAM besar dan bisa ditambah dengan fitur RAM Extended. 
  • Pengisian baterai cepat.
  • Baterai tahan lama.

Kekurangan Redmi Note 11 Pro

  • Bodi berbahan kaca sehingga membuat bekas telapak tangan membekas di bodi.
  • Fitur Zoom di kamera hasil gambarnya kurang maksimal.

Nilai 8,5/10

SPESIFIKASI XIAOMI REDMI NOTE 11 PRO
Rilis Maret 2022
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, MIUI 13
Chipset Mediatek Helio G96 (12 nm)
CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU Mali-G57 MC2
RAM 6 GB/ 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 164.2 x 76.1 x 8.1 mm, 202 gram
Layar Super AMOLED 6,67 inci Full HD+
Kamera Utama 108 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP (macro) + 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP
Baterai Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 67W
Warna Graphite Gray, Polar White, Star Blue
Harga Rp 3,4 jutaan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0