Xiaomi 12 Pro vs Realme GT 2 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

Telset.id – Realme dan Xiaomi tak hanya bersaing ketat di segmen entry hingga menengah saja, pasar flagship pun kedua brand ini saling bersinggungan. Terbaru, dua pabrikan asal China tersebut meluncurkan smartphone dengan spesifikasi top-end di waktu yang berdekatan, yakni realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro.

Keduanya sama-sama ditenagai prosesor terbaik dan terkini dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 1. Menyandang predikat sebagai smartphone flagship terbaik dari masing-masing brand, Xiaomi 12 Pro dan realme GT 2 Pro juga dilengkapi dengan spesifikasi dan fitur yang menjanjikan.

Xiaomi 12 Pro dan realme GT 2 Pro tampil dengan desain yang premium dan menawan, keduanya juga memiliki layar yang luas dan canggih, hingga kamera bermutu tinggi.

Dengan persaingan di segmen yang sama, bisa jadi konsumen sedikit bingung mau memilih yang mana di antara keduanya. Oleh sebab itu, tim Telset telah melakukan perbandingan atau compare Xiaomi 12 Pro dan realme GT 2 Pro untuk memberitahu kepada Anda mana yang lebih bagus. Simak ulasannya di bawah ini, sob!

Baca juga: Review Xiaomi 12 Pro

Desain

Perbandingan Realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 Pro

Soal desain, sebenarnya tergantung subjektif dan selera pengguna. Namun satu yang harus kita sepakati, keduanya mengusung desain yang premium dan berbeda dari ponsel lainnya.

Xiaomi 12 Pro tampil dengan desain yang elegan dan berkesan mewah. Tepian layarnya juga sudah melengkung dengan bagian belakang yang terlihat mahal.

Bisa dibilang, smartphone ini dibuat dengan desain yang orisinal karena begitu berbeda dengan ponsel premium lain yang beredar di Indonesia. Bodinya terbuat dari bahan kaca di belakang dan aluminium tangguh sebagai bingkainya.

Xiaomi memberikan beberapa opsi warna yang elegan dengan tekstur halus yang anti jejak sidik jari. Tapi, berkat teksturnya yang begitu halus, bodi ponsel ini cenderung lebih licin.

Review Xiaomi 12 Pro 12 Lite

180 derajat dengan Xiaomi 12 Pro, realme GT 2 Pro tampil dengan material bio polimer yang benar-benar baru dan menjadi ponsel pertama yang mengaplikasikannya.

Tak tanggung-tanggung, realme juga bekerja sama dengan perusahaan asal Arab Saudi bernama Sabic dan desainer produk industri terkenal asal Jepang bernama Naoto Fukusawa untuk merancang ponsel premiumnya ini.

Alhasil, realme GT 2 Pro pun muncul dengan desain yang benar-benar berbeda. Bodi belakangnya memiliki pola dan tekstur seperti kertas, sangat tak biasa di segmen ponsel top-end zaman sekarang.

Tekstur tersebut tentu saja memberikan pengalaman yang benar-benar baru kepada konsumen yang menggunakannya. Meski demikian, bodi belakang ini tak terlihat gonjreng dan mengkilap seperti Xiaomi 12 Pro.

Xiaomi 12 Pro vs Realme GT 2 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

Sekali lagi, di bagian desain tergantung selera masing-masing pengguna. Namun buat kami yang sudah melakukan review Xiaomi 12 Pro dan realme GT 2 Pro, kami lebih menyukai desain HP flagship realme.

Alasannya, smartphone ini benar-benar unjuk gigi dengan motif yang berbeda, unik, dan memiliki ciri khas daripada ponsel apapun yang beredar di Indonesia.

Namun keduanya punya kekurangan yang sama, yakni tak mengantongi IP rating baik itu IP67 ataupun IP68 tahan air dan debu.

Layar dan Audio

Xiaomi 12 Pro vs Realme GT 2 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro mempunyai layar dengan ukuran yang kurang lebih sama. HP terbaru realme memiliki layar berukuran 6,7 inci, sementara HP 5G terbaru Xiaomi dibekali layar 6,73 inci.

Jenis layarnya pun sama-sama canggih, sob. Ponsel Xiaomi mengusung panel LTPO AMOLED sedangkan realme GT 2 Pro menggunakan LTPO 2.0. Dua-duanya sama-sama buatan Samsung Display.

Baik dari resolusi, teknologi, sampai fitur, bisa dibilang keduanya seimbang. Resolusi maksimal yang ditampilkan adalah WQHD+ atau 2K, sudah mendukung refresh rate adaptif dari 1Hz sampai 120Hz, kedalaman warna sampai 10-bit, dan mendukung HDR10+.

Layar dari kedua HP canggih tersebut juga sama-sama dijamin keamanannya berkat lapisan pelindung Gorilla Glass Victus buatan Corning.

Baca juga: Review realme GT 2 Pro

Review Xiaomi 12 Pro

Berbicara kualitas, keduanya punya kadar yang sama. Mata konsumen dijamin bakal dimanjakan ketika menonton film HD terbaik, bermain game dengan grafis terbaik, atau sekadar berselancar di media sosial.

Bukan hanya visual yang maksimal, keluaran audio juga begitu mantap. Namun di sektor ini, kami lebih suka keluaran audio dari Xiaomi 12 Pro.

Diracik oleh Harman Kardon, Kualitas audionya lantang, enak didengar, dan tak pecah saat volume dimaksimalkan. Suara low-mid ataupun mid-high tetap terdengar dengan amat baik, belum lagi dengan adanya dukungan Dolby Atmos.

Kinerja

Xiaomi 12 Pro vs Realme GT 2 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

Ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 1, sama-sama memiliki RAM 12 GB LPDDR5, memori penyimpanan 256 GB UFS 3.1, serta sistem operasi yang sudah Android 12, kinerja realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro sama-sama bagus.

Dari pengujian yang kami lakukan dengan aplikasi benchmark ataupun tes langsung dengan menggunakannya sebagai daily driver, keduanya memberikan pengalaman yang maksimal.

Main game terberat di Android hingga multi-tasking dengan menjalankan lebih dari satu aplikasi, bisa dilalui tanpa kendala yang berarti.

Yang jadi pembeda di sini adalah sektor baterai. Xiaomi 12 Pro punya baterai dengan kapasitas 4.600 mAh, lebih kecil dari realme GT 2 Pro dengan baterai 5.000 mAh.

Secara daya tahan, HP terbaru realme lebih unggul dari Xiaomi. Kemampuan baterai GT 2 Pro berhasil memukau kami karena daya tahannya yang bisa tahan berjam-jam untuk memutar video YouTube tanpa henti hingga baterainya benar-benar habis.

Xiaomi 12 Pro vs Realme GT 2 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

Xiaomi 12 Pro lebih unggul soal kebolehan fast charging-nya. Smartphone ini didukung fast charging 120W, jauh lebih ngebut dari 65W SuperDart Charge yang diusung realme GT 2 Pro.

Selain itu, HP terbaru Xiaomi ini juga sudah mendukung wireless charging 50W dan reverse wireless charging 10W. Ponsel realme sama sekali tak mendukung kedua fitur tersebut.

Kamera

Perbandingan Realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro dan realme GT 2 Pro memiliki konfigurasi kamera yang benar-benar berbeda. Kamera utamanya sama-sama 50MP dengan OIS atau optical image stabilization, tapi sensor yang dipakainya berbeda.

HP terbaru Xiaomi menggunakan Sony IMX707 terbaru, sementara realme memakai Sony IMX766. Soal kualitas, keduanya dapat menghasilkan foto yang bagus di berbagai kondisi pencahayaan.

realme GT 2 Pro dan Xiaomi 12 Pro memiliki kamera ultrawide 50MP dengan sensor yang sama Samsung ISOCELL JN1. Hanya saja, jangkauan lensanya jauh lebih luas realme dengan bidang pandang sampai 150°.

Kamera ultrawide realme juga lebih kaya fitur ketimbang Xiaomi. Paling menarik, ada mode fisheye yang memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek fisheye tanpa harus menambatkan aksesori kamera apapun.

Soal kamera ketiga, barulah Xiaomi 12 Pro dan realme GT Pro punya spesifikasi yang berbeda. Xiaomi mengusung kamera telephoto 50MP dengan 2x optical-zoom, sedangkan realme mengunggulkan kamera mikroskop 3MP.

Buat kami, kehadiran kamera mikroskop di realme GT 2 Pro membuatnya unggul ketimbang Xiaomi 12 Pro. Kami dapat menangkap gambar di angle yang betul-betul berbeda.

Dengan kamera ini, kami bisa melihat detail kulit dan rambut halus, benang-benang kecil yang menyatu membentuk kain, melihat debu-debu, detail dari makanan, dan sebagainya dengan detail serta warna yang menakjubkan.

Sementara di depan, sensor 32MP sama-sama digunakan oleh ponsel ini. Kamera selfie tersebut bisa memuaskan hasrat penggemar swafoto karena hasil yang diberikannya sangatlah bagus.

Kesimpulan

Perbandingan Realme GT 2 Pro vs Xiaomi 12 Pro

Pertanyaan pamungkas, lebih bagus mana antara Xiaomi 12 Pro dengan realme GT 2 Pro? Di konfigurasi memori dan RAM yang sama, keduanya dijual dengan selisih harga sampai Rp 3 juta.

Xiaomi 12 Pro dijual dengan harga Rp 12,9 jutaan, sedangkan realme GT 2 Pro dibanderol Rp 9,9 jutaan saja. Buat konsumen yang berorientasi pada harga, GT 2 Pro tentu saja lebih menarik.

Smartphone ini tampil dengan corak desain yang berbeda dari lainnya, layar datar yang luas, dapur pacu yang kencang, konfigurasi kamera yang unik, serta baterai yang lebih tahan lama.

Tapi itu tidak berarti Xiaomi 12 Pro tak kalah menarik. Bila Anda ingin mempunyai ponsel tercanggih tanpa melihat harganya, HP terbaru Xiaomi ini bisa dipertimbangkan.

Meski harganya memang lebih mahal, namun perangkat tersebut mengusung desain premium dengan layar melengkung, teknologi fast charging yang super cepat, wireless charging, dan kamera utama dengan sensor yang terbaru.

Meski demikian, keputusan untuk membeli salah satu di antara keduanya tetap berada di tangan Anda. (MF)

PERBANDINGAN SPESIFIKASI XIAOMI 12 PRO VS REALME GT 2 PRO
Xiaomi 12 Pro Realme GT 2 Pro
Rilis April 2022 Maret 2022
Network 2G, 3G, 4G, 5G 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 12, MIUI 13 Android 12, realme UI 3.0
Chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm) Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
CPU Octa-core (1×3.00 GHz Cortex-X2 & 3×2.50 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510) Octa-core (1×3.00 GHz Cortex-X2 & 3×2.50 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
GPU Adreno 730 Adreno 730
RAM 12 GB LPDDR5 12 GB LPDDR5
Memori 256 GB UFS 3.1 256 GB UFS 3.1
Dimensi 163.6 x 74.6 x 8.2 mm (6.44 x 2.94 x 0.32 in) 163.2 x 74.7 x 8.2 mm, 189 gram
Layar 6,73 inci LTPO AMOLED, 1440 x 3200 pixels, 20:9 ratio, 120Hz LTPO2 AMOLED 6,7 inci, 1B colors, 120Hz, HDR10+, 1400 nits, WQHD+, In-Display fingerprint scanner with heart rate detection
Kamera Utama 50 MP (wide), 50 MP (telephoto), 50 MP (ultrawide) 50 MP Sony IMX 766 + OIS, 50 MP (ultrawide) 150°, dan 3 MP (microlens)
Kamera Depan 32 MP 32 MP
Baterai Li-Po 4600 mAh, Fast charging 120W, Fast wireless charging 50W 5.000 mAh, Fast Charging 65W
Warna Gray, Blue, Purple, Green Paper White & Steel Black
Harga Rp 12,9 jutaan Rp 9,9 jutaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0