telset

Review Realme Buds Q2: Desain Cantik, Kualitas Suara Apik

Telset.id, Jakarta – Mengobati rasa penasaran pada TWS baru realme, kami langsung mendapat kesempatan untuk menjajal langsung dan membagikan pengalaman kami kepada Anda dalam artikel review realme Buds Q2.

Tak cuma membanjiri Indonesia dengan smartphone buatannya, realme juga menambah portofolio perangkat AIoT dengan merilis realme Buds Q2.

Pada acara peluncurannya, realme tidak hanya mendatangkan TWS realme Buds Q2, tetapi juga model lainnya yang dinamakan realme Buds Wireless 2 Neo.

Daripada makin panjang lebar, langsung saja berikut ini hasil review realme Buds Q2 yang telah kami lakukan. Enjoy!

Desain Realme Buds Q2

review realme buds q2
realme Buds Q2

realme Buds Q2 tersedia dalam varian warna biru dan hitam. Pada unit yang kami uji ini merupakan warna biru, yang rasanya cocok untuk pengguna dari kalangan kaum hawa.

Desain TWS terbaru dari realme ini terinspirasi oleh batuan alam yang disebut, cobble. Jika Anda cermati, terdapat tekstur seperti ukiran batuan pada bagian earpiece.

Kami cukup suka dengan sentuhan ini, karena membuatnya tampil berbeda dari TWS kebanyakan yang punya desain polos.

{Baca Juga: 15 Earphone TWS Murah Berkualitas 2021, Harga Mulai 100 Ribuan}

Desain earpiece juga dibuat memanjang dengan bentuk ergonomis, sesuai dengan bentuk bagian dalam telinga kebanyakan orang.

Berkat desain ini, realme Buds Q2 terasa sangat pas lubang telinga. Kebisingan bisa diredam, tapi kenyamanan juga tetap kami rasakan.

Untuk mengurangi berat, realme Buds Q2 menerapkan desain struktur internal yang ramping, sehingga bobot seluruh bodi bisa ditekan hingga 39g. satu earbud seringan 4.1g, bahkan lebih ringan dari kertas A4.

Earbuds ini menurut kami tetap nyaman dan tidak membuat sakit telinga, selama kami menggunakannya untuk mendengarkan musik dan bermain game dalam durasi yang cukup panjang.

realme buds q2
realme Buds Q2

Rumah pengisian daya atau case-nya didesain dengan warna yang senada. Pengisian dayanya sendiri sudah bisa dilakukan melalui port microUSB.

Pada bagian case juga tertanam lampu indikator. Nyala lampu merah menunjukkan bahwa kotak sedang terisi, dan lampu indikator hijau mengindikasikan kotak sudah terisi penuh

Perangkat ini juga sudah mendukung IPX4 Water Resistant untuk menahan cipratan air, hujan, dan keringat saat pemakaian sehari-hari.

{Baca Juga: 15 Earphone TWS Mirip AirPods 2021 Harga Mulai Sejutaan, Canggih!}

Makin menariknya lagi, Anda mendapat jaminan durabilitas tinggi karena perangkat ini sudah berhasil melalui pengujian ketat selama proses produksi.

Beberapa pengujian yang dilakukan pada realme Buds Q2 seperti 10.000 kali buka/tutup kotak pengisian daya, uji suhu ekstrem selama 168 jam, serta uji kelembaban tinggi selama 168 jam.

Selain punya desain yang tampil beda, realme Buds Q2 juga menjanjikan durabilitas tinggi sehingga membuat kita tidak perlu khawatir saat menggunakannya untuk beragam aktivitas.

Fitur Realme Buds Q2

review realme Buds Q2
realme Buds Q2

Review realme Buds Q2 berikutnya beralih ke bagian fitur. Untuk bisa menikmati keseluruhan fitur yang dimilikinya, tentu terlebih dahulu perlu menyambungkan realme Buds Q2 ke smartphone dengan menggunakan Bluetooth.

Perangkat ini sudah menggunakan Bluetooth 5.0, yang  memastikan kecepatan transmisi tinggi, kemampuan anti-jamming yang kuat serta sinyal yang stabil dan konsumsi daya yang rendah.

{Baca Juga: 10 HP Realme Terbaru Juni 2021, Harga Mulai 1 Jutaan}

Berkat penggunaan Bluetooth 5.0, kami bisa mendengarkan musik dengan lancar walaupun tidak berada berdekatan dengan smartphone. Menurut realme, jarak transmisi mencapai 10 meter.

Untuk kontrol pada TWS realme terbaru ini, mereka memperkenalkan fitur Intelligent Touch Control. Cukup dengan menyentuh bagian earbuds, Anda bisa memberikan berbagai macam perintah.

Seperti Double tap untuk play/pause lagu, menjawab/menutup telepon, tiga kali tap untuk mengalihkan telepon serta tap and hold 2 detik pada kedua earbuds untuk masuk atau keluar Mode Gaming.

Berbicara mengenai mode gaming, mode ini wajib Anda aktifkan ketika ingin bermain game dan mengenakan realme Buds Q2.

Pasalnya, jika tidak mengaktifkan mode ini, akan terjadi delay antar aksi yang Anda lakukan di smartphone dengan suara yang terdengar dari earbuds.

Saat kami coba mengaktifkan mode gaming saat bermain game, terbukti delay tersebut hilang. Kami bisa dengan nyaman menikmati permainan tanpa adanya delay suara.

Saat mengaktifkan mode gaming, latensi akan dikurangi sebanyak 51%. Hanya butuh sekitar 88ms untuk memindahkan suara dari smartphone ke realme Buds Q2.

Kualitas Suara

review realme Buds Q2
realme Buds Q2

Realme Buds Q2 review selanjutnya membahas kualitas suara. Untuk menghasilkan suara yang maksimal, realme menggunakan driver besar 10mm menggunakan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi, PEEK&TPU.

Material PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat.

{Baca Juga: Review Oppo Enco Buds: TWS dengan Peredam Bising dan Gaming Mode}

Menurut penilaian kami selama menggunakannya, kualitas audionya cukup mantap. Treble juga terdengar cukup bagus, ditambah efek bass yang bisa Anda tingkatkan.

Efek nge-bass bisa Anda tambahkan dengan mengaktifkan realme Bass Boost+. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan potensi bass dan menambahkan lapisan dinamis pada bass.

Untuk mengaktifkan mode ini, perlu juga memasang aplikasi realme Link. Melalui aplikasi tersebut, beragam pengaturan lebih lanjut tersedia untuk realme Buds Q2.

Kesyahduan menikmati lagu melalui realme Buds Q2 juga tidak akan diganggu berkat adanya fitur Environmental Noise Cancellation (ENC).

Fitur ini secara signifikan mengurangi kebisingan dari lingkungan sekitar, baik ketika mendengarkan atau sedang bertelepon.

Berdasarkan pengalaman kami, fitur ini bisa meredam kebisingan dengan sangat baik. Lantunan lagu yang kami dengarkan tidak terganggu dengan adanya orang yang ngobrol di sekitar.

Daya Tahan Baterai

review realme Buds Q2
realme Buds Q2

Realme Buds Q2 memiliki baterai 40mAh pada earbuds dan baterai 400mAh di charging case. Daya baterai ini dapat digunakan untuk 3-jam telepon dan 5-jam mendengarkan musik tanpa henti.

Dengan kotak pengisian daya, realme Buds Q2 mampu menghasilkan 20-jam total pemakaian, atau waktu yang cukup untuk menonton 8 film, mendengarkan 400 lagu. Jika penggunaan rata-rata per hari adalah 3 jam, pengisian ulang daya pada realme Buds Q2 hanya perlu dilakukan satu minggu sekali.

Daya realme Buds Q2 dapat diisi ulang melalui port Micro-USB dan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi penuh earbuds dan kotak pengisian daya, atau 2 jam jika hanya untuk mengisi penuh kotak pengisian dayanya saja.

Kesimpulan

realme Buds Q2
realme Buds Q2

Realme Buds Q2 berani tampil beda dari TWS kebanyakan dengan desain yang diadopsinya. Tak cuma berbeda, menurut kami desain tersebut juga membuatnya terlihat unik.

Selain punya desain anti-mainstream, durabilitasnya juga terjamin berkat adanya sertifikasi IPX4 dan lolosnya TWS besutan realme ini dari sejumlah skema pengujian ekstrem.

Perihal kualitas audio tak perlu lagi dipertanyakan. Ditambah lagi dengan adanya sejumlah fitur, seperti Environmental Noice Cancellation, Intelligent Touch Control, dan 10mm Dynamic Bass Boost Driver membuat TWS ini jadi makin lengkap.

Harga Realme Buds Q2 dibanderol Rp 200 ribuan, realme Buds Q2 sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mencoba TWS berharga terjangkau yang kaya fitur.

Kelebihan

  • Kualitas suara lumayan
  • Desain Menarik
  • Gaming Mode
  • Ada fitur ENC dan Bass Boost+
  • Tahan debu dan air IPX4

Kekurangan

Tidak ada pengaturan equalizer

TELSET RATING: 8/10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0