telset

Review Realme 7i: Memori Ekstra Lega, Baterai Tahan Lama

Telset.id – realme kembali menggelontorkan amunisi smartphone terbaru di Indonesia, yakni realme 7 dan 7i. Jika sebelumnya kami telah mengulas secara lengkap mengenai realme 7, kali ini giliran review realme 7i yang kami sajikan untuk Anda.

Dengan percaya diri, realme menyebut kehadiran bahwa realme 7i akan “mengganggu” segmen smartphone di kelas menengah. Tidak lain dan tidak bukan berkat spesifikasi dan fitur yang ditawarkannya.

Pada realme 7 series ini realme menyematkan tagline “Power Master” yang merujuk pada keunggulan performanya. Mulai dari performa chipset, daya tahan baterai, kamera, hingga kapasitas memori yang besar.

Untuk membuktikannya, tim Telset.id telah melakukan serangkaian pengujian pada realme 7i. Seperti apa hasilnya? Yuk langsung saja simak review realme 7i berikut ini. Enjoy!

Desain dan Layar

Review Realme 7i

Dalam review realme 7i ini yang pertama kita bahas adalah desainnya. realme 7i tiba di Indonesia dalam balutan dua varian warna, yakni Polar Blue dan Aurora Green yang masuk ke dapur pengujian kami. Jika diperhatikan dengan seksama, warna hijaunya memang menyerupai warna aurora yang hanya bisa ditemui di kutub utara atau kutub selatan.

Meski masih satu keluarga dengan realme 7, nyatanya desain keduanya jauh berbeda. Menurut penjelasan realme, desain pada realme 7i ini terinspirasi dari ruang kaca yang ada di alam.

Terdapat dua garis pemisah yang membentang secara diagonal dan membagi warnanya menjadi dua bagian. Ini membuat tampilan cover belakang realme 7i tampil kontras dengan warna gradasi.

Review Realme 7i

Dalam genggaman tangan, realme 7i terasa sangat nyaman. Lekukan body-nya terasa pas. Ditambah lagi, body ponsel ini sama sekali tidak licin sehingga meminimalisir kemungkinan jatuh saat sedang digunakan.

Tetapi kami juga mengingatkan bahwa Anda perlu sering menyeka bagian belakangnya. Sebab, jejak-jejak sidik jari sangat mudah tertinggal. Menyebabkan tampilannya rentan menjadi dekil. Disarankan untuk menggunakan case tambahan, yang juga sudah tersedia dalam paket penjualan.

Ada sebuah fakta yang kami rasa cukup menarik dari realme 7i. Semua lubang di realme 7i ternyata kedap air, karena realme menyegel lubang dengan pelindung silikon, secara efektif mencegah percikan air masuk ke bagian dalam. Tapi bukan berarti ponsel ini anti air sepenuhnya ya, sob!

Pada bagian belakang HP realme terbaru ini terpasang setup empat kamera belakang dan LED flash yang “dibungkus” dalam sebuah frame mengotak. Kemudian di bagian tengah Anda akan menemukan pemindai sidik jari yang memiliki kinerja cukup responsif.

Berbalik ke bagian depan, realme 7i dilengkapi dengan layar berukuran 6,5 inci dan memiliki resolusi HD+. Anda tidak akan menemukan notch, sebagai gantinya Reame 7i mengadopsi desain layar dengan punch hole. Ini membuat rasio layar ke bodinya bisa diperluas hingga 90%.

Gak cuma itu saja, layarnya juga memiliki kemampuan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate 120Hz. Ini bikin proyeksi konten di layar realme 7i bakal terlihat lebih mulus. Semua ini juga turut diproteksi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass.

Review Realme 7i

Biar gak cepat lelah saat terlalu lama menatap layar, realme 7i sudah dilengkapi dengan fitur proteksi mata. Fitur ini dapat menyesuaikan suhu warna layar dan mengurangi radiasi cahaya biru yang terpancar.

Tapi jangan terlalu berlebihan juga ya menggunakan smartphone Anda. Beri jeda waktu agar mata dan pikiran Anda tidak lelah. Gunakan seperlunya, karena yang berlebihan itu tidak baik.

Berpindah ke sisi kanan, Anda akan menemukan tombol power dan volume seperti biasa. Di bagian bawah terdapat deretan jack audio 3,5mm, mic, port USB Type C dan grill speaker. Sedangkan di sisi kiri ada slot SIM Tray yang mampu menampung dua SIM card dan satu microSD.

Spesifikasi dan Performa

Realme 7i

Seperti yang sudah kami sebutkan di paragraf pembuka, realme 7i sepertinya akan menggoda Anda dengan spesifikasi yang ditawarkannya. Kita bahas satu per satu ya.

Pada sektor dapur pacunya realme 7i dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 662. Ini merupakan chipset baru Qualcomm untuk segmen mid-range yang diperkenalkan pada awal tahun 2020.

Sedikit informasi, chipset ini dibuat dengan menggunakan proses 11nm. Dilengkapi juga dengan struktur Kryo 260 di CPU dan GPU Adreno 610.

Makin menariknya lagi, realme 7i telah dijejalkan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan memori internal UFS 2.1 dengan kapasitas 128 GB. Tentunya dengan ini Anda bisa menginstall banyak aplikasi dan juga menyimpan file tanpa takut penuh. Serta proses multitasking yang juga bakal berjalan lebih lancar.

{Baca juga: Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari “Zona Nyaman”}

Sedangkan sebagai pusat dayanya, realme 7i ditenagai baterai dengan kapasitas 5.000 mAh dan dilengkapi fitur Super Power Saving Mode. Untuk mengimbangi kapasitas baterainya, realme mengimbangi dengan pengisian daya cepat dengan outpout 18W Quick Charge.

Tidak cuma mengandalkan kapasitas baterainya yang besar, realme juga telah mengoptimasi bagian ini agar kinerja baterai juga dapat berjalan secara optimal. Optimasi dilakukan dengan menanamkan fitur App Quick Freeze dan Screen Battery Optimization. Apa gunanya kedua fitur ini?

Fitur App Quick Freeze bekerja secara cerdas membekukan aplikasi yang jarang digunakan untuk mengurangi penggunaan daya pada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Sementara fitur Screen Battery Optimization akan sedikit menurunkan beberapa efek tampilan tanpa pemberitahuan untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Anda juga dapat mengaktifkan sleep standby optimization untuk menghemat lebih banyak energi dari ponsel saat Anda tidur. Dengan ini tidak ada daya yang terbuang sia-sia dan imbasnya baterai akan terasa lebih hemat.

Jika Anda masih ingin lebih irit daya lagi, ada fitur Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan.

Apabila masih juga kurang, realme menyediakan fitur Super Power Saving Mode. Dalam mode ini, Anda dapat memilih 6 aplikasi yang paling banyak digunakan untuk tetap aktif untuk memperpanjang daya tahan baterai yang sangat lama.

Pada saat yang sama juga, smartphone akan menghidupkan strategi penghematan daya yang lebih agresif lagi.

Beralih ke bagian sensor,  rangkaian sensor yang ditanamkan juga cukup lengkap. Mulai dari Magnetic Sensor, Light Sensor, Proximity Sensor, Gyroscope dan Accelerometer.

Tentunya tak cuma melihat spesifikasi di atas kertas saja, kami juga mencoba langsung performa dari realme 7i. Untuk itu kami menggunakan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu Benchmark, 3DMark dan juga PCMark. Berikut ini hasil pengujiannya:

AnTuTu Benchmark

Dalam review realme 7i ini kami melakuan uji dengan aplikasi AnTuTu Benchmark, dimana unit realme 7i yang kami uji berhasil meraih skor sebesar 183.297.

Hasil ini tergolong cukup tinggi untuk smartphone sekelasnya. Bahkan, raihan skornya mampu melewati capaian Redmi Note 9.

{Baca Juga: Review Realme GT Master Edition: Performa Flagship, Desain Eksklusif}

3D Mark

Pengujian dengan 3D Mark juga kami lakukan untuk mengetahui performa GPU dan grafis yang dimiliki oleh realme 7i. Pengujian di aplikasi ini kami lakukan dalam dua mode, Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Pada pengujian di mode Sling Shot meraih skor sebesar 1.830. Sementara uji Sling Shot Extreme mencatatkan angka 1.166 untuk OpenGL ES 3.1 dan skor 1.115 untuk Vulkan. Menurut 3D Mark, hasil ini lebih baik jika dibandingkan 64% smartphone lain yang telah melakukan pengujian serupa.

PC Mark

Terakhir uji benchmark yang kami lakukan menggunakan aplikasi PC Mark. Pengujian ini akan melihat kemampuan ponsel untuk melakukan multitasking dan tugas sehari-hari. Secara keseluruhan, realme 7i berhasil meraih skor sebesar 6.431.

Tapi gimana performanya untuk gaming? Pastinya akan banyak yang bertanya-tanya mengenai kemampuan gaming dari realme 7i. Tenang, kami sudah mencoba langsung untuk Anda di review Realme 7i ini.

Beberapa game yang populer saat ini kami coba mainkan di realme 7i dalam review realme 7i,  sebut saja seperti Mobile Legends, PUBG Mobile dan COD Mobile.

Untuk ukuran smartphone sekelasnya, realme 7i mampu memberikan performa gaming yang stabil. Kami tidak menemukan kendala seperti lag, kecuali memang jaringan internetnya saat itu sedang kurang bersahabat.

Kenikmatan bermain game juga makin terasa berkat layarnya yang sudah memiliki refresh rate 90Hz. Pergerakannya terasa halus dan nyaman di mata.

realme juga menyertakan aplikasi bernama Game Space. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk memblokir notifikasi yang masuk ke ponsel dan berpotensi mengganggu jalannya permainan. Selain itu aplikasi ini juga memiliki beberapa pengaturan performa, seperti low power mode, balanced mode, hingga competition mode.

Baterai

Dengan baterai 5.000 mAh dan telah dioptimasi tadi, pastinya penasaran seberapa baik daya tahan baterai yang ditawarkan oleh realme 7i. Untuk mengetahuinya kami melakukan pengujian dengan menggunakan fitur battery life yang ada di aplikasi PC Mark.

Hasilnya, ponsel ini sanggup digunakan hingga 16 jam 58 menit dengan daya tersisa sebanyak 19 persen. Dengan ini, hanya perlu mengisi daya sekali dalam sehari untuk bisa menggunakan realme 7i selama seharian penuh, atau setidaknya selama hampir 17 jam non stop.

{Baca Juga: Review Realme C17: Spek Oke, Kemampuan Gaming Belum Maksimal}

Jika sekiranya Anda butuh durasi penggunaan yang lebih lama lagi, Anda tinggal mengaktifkan mode Power Saving Mode atau malah Super Power Saving Mode.

Terus, berapa lama nih proses pengisian dayanya? Pengisian daya kami lakukan saat baterai menunjukkan presentase 3%. Untuk dapat terisi penuh hingga 100%, kami membutuhkan waktu sekitar 2 jam 43 menit.

Kamera

Kemampuan untuk mengabadikan gambar menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh realme 7i. Mereka cukup percaya diri pada bagian ini berkat adanya komposisi 64MP Quad Camera.

Kamera utama 64MP akan ditemani oleh kamera ultra-wide 8 MP dengan sudut pandang 119 derajat, kamera portrait/ B&W 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Sedangkan untuk Anda yang gemar selfie, realme 7i mengakomodirnya melalui kamera depan 16MP dan dilengkapi sensor Sony IMX471.

Kita bahas mengenai hasil kameranya. Kamera utamanya ini didukung sensor Quad Bayer sehingga bisa menghasilkan gambar dengan kepadatan piksel yang tinggi, baik untuk foto outdoor maupun indoor.

Review Realme 7i
Hasil foto mode normal

Resolusi foto yang lebih baik bakal Anda dapatkan saat memotret dalam mode 64 MP. Detail-detail dari objek foto bisa diabadikan dengan lebih baik.

Review Realme 7i
Mode 64 MP

IMG20200918085917
Mode 64 MP

Jika Anda ingin mendapatkan hasil dengan detail yang lebih tajam, Anda tinggal mengaktifkan fitur HDR. Tak ketinggalan adanya fitur Chroma Boost. Saat fitur ini aktif, terlihat warna yang dihasilkan kamera jadi lebih terang dan tajam. Berikut perbandingannya.

IMG20200911191409
Chroma Boost Tidak Aktif

IMG20200911191412
Chroma Boost Aktif

Untuk menghasilkan foto bokeh, kemampuan kameranya juga sudah cukup baik untuk memberikan efek blur yang pas pada background. Hasil foto bokeh terlihat cukup rapih dan Anda bisa mengatur seberapa bokeh gambar yang ingin Anda hasilkan.

IMG20200917173759
Hasil foto portrait bokeh

Beralih ke lensa makro, dengan kehadiran lensa ini memungkinkan Anda memotret objek dari jarak yang sangat dekat untuk mengabadikan detail dengan lebih baik. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik disarankan menjaga jarak dari objek ke kamera sejauh 4cm.

IMG20200918074629
Hasil foto makro

Bagi Anda yang suka mengeksplorasi pemandangan di malam hari, realme 7i memberikan pengalaman baru lewat filter yang bisa diakses di menu Night Mode. Mereka menghadirkan tiga filter yang terdiri dari cyberpunk, flamingo dan modern gold.

Ketiga filter ini memiliki karakteristik masing-masing dan dijamin bakal memberikan sentuhan berbeda pada hasil foto night mode Anda.

IMG20200917185058
Hasil foto night mode dengan filter cyberpunk

Sekarang kita bahas hasil kamera depannya untuk foto selfie. Kamera depannya ini punya aperture f/2.1 dan dukungan lensa 5P serta sensor Sony IMX471 untuk membantu pengguna mendapatkan hasil selfie yang maksimal.

Kamera depan realme 7i juga punya algoritma beautification baru. Algoritma ini bisa bikin foto selfie “dipercantik”, tapi dengan sentuhan yang lebih halus dan terlihat alami. Kamera depan ini juga sudah mendukung fitur HDR dan stabilisasi EIS.

Bahkan selfie tetap dapat dilakukan dengan maksimal, walaupun dalam kondisi ruangan yang pencahayaannya agak redup.

IMG20200918090138
hasil foto selfie

Keperluan pengguna dalam pengambilan video juga sepertinya diperhatikan oleh realme. Untuk itu mereka menghadirkan dukungan fitur UIS Video Stabilization dan UIS Max Video Stabilization.

Sesuai namanya, fitur ini bakal membuat video yang Anda ambil di realme 7i bakal lebih stabil dan minim guncangan. Selain itu, Anda juga sudah bisa mengabadikan video 60 fps atau video 720P/1080P di 30fps.

VID20200918080058
Hasil video dengan UIS aktif

Kesimpulan

Realme sepertinya berusaha menghadirkan sebuah smartphone yang merata di segala lini, namun tetap dengan harga yang terjangkau. Mulai dari performa, kamera, hingga sumber daya sudah dioptimalkan yang sudah dioptimalkan. Tak salah jika mereka menyebutnya sebagai “Power Master”.

Poin paling menarik yang kami temukan selama review Realme 7i adalah konfigurasi RAM dan memori yang ditawarkan. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 3 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Meskipun kami juga menemukan beberapa kekurangan minor, seperti layar yang belum Full HD misalnya. Namun sepertinya hal tersebut masih bisa tertutupi dengan kelebihan-kelebihan lainnya.

Dengan beragam kelebihan yang ditawarkannya, rasanya  realme 7i layak untuk dilirik dan menjadi salah satu smartphone yang worth to buy di tahun ini.

Kelebihan

  • Refresh Rate Layar 90Hz
  • Memori dan RAM besar
  • Kapasitas baterai besar dan awet
  • Hasil foto kamera belakang dan kamera depan oke
  • Ada fitur UIS

Kekurangan

  • Body belakang gampang dekil
  • Layar masih HD+

 TELSET RATING: 8/10 

Spesifikasi Realme 7i

Processor Snapdragon 662

CPU:Kryo 260, Octa-core, Up to 2.0GHz

GPU:Adreno 610

Storage & RAM RAM:8GB LPDDR4x dual-channel

ROM:128GB UFS 2.1

Color Aurora Green

Polar Blue

Display

 

90Hz Ultra Smooth Display

6.5” (16.5cm) Fullscreen

Resolution: 1600*720 HD+

Screen-to-body ratio:90%

Corning Gorilla Glass

Charging & Battery

 

18W Quick Charge

5000mAh(typ)

Includes an 9V/2A charger & cable

USB Type-C port

Camera

 

64MP Quad Camera

Rear Camera

64MP Ultra high-resolution wide-angle camera

f/1.8, 6P lens

1/2”

8MP Ultra wide-angle Lens

FOV 119°, f/2.2, 5P lens

2MP B&W Portrait Camera

f/2.4, 3P lens

2MP Macro lens

4cm focus, f/2.4, 3P lens

Photography function:

64MP Mode, Super Nightscape, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra-wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, Portrait Mode

Video recording:

Support UIS Video Stabilization

Support UIS Max Video Stabilization

Support 1080P/30fps, 60fps video recording

Support 720P/30fps, 60fps video recording

In-display Selfie

16MP Primary camera

FOV 79.3°, f/2.0, 5P lens

Sony IMX471

Photography function:

Portrait Mode, Timelapse, Panoramic view, AI Beauty, HDR,

Face-Recognition, Filter

Video recording:

Support 1080P/30fps video recording

Support 720P/30fps video recording

Cellular & Wireless

 

3-Card Slot

2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot up to 256GB

Wireless network

2.4/5 GHz

802.11 a/b/g/n/ac

Bluetooth 5.0

Navigation GPS / AGPS/ Glonass / Beidou
Size & Weight

 

Height: 164.1mm

Width: 75.5mm

Depth: 8.5-8.9mm

Weight≈196.5g

Sensors

 

Magnetic Induction Sensor / Light Sensor / Proximity Sensor / Gyro-meter / Acceleration Sensor
Operating System realme UI

Based on Android 10

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0