Review Realme C17: Spek Oke, Kemampuan Gaming Belum Maksimal

Review Realme C17
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id – Teknologi layar 90Hz dan memori internal berkapasitas 256GB pada sebuah smartphone biasanya terdapat pada smartphone kelas menengah ke atas saja. Tapi, itu dulu. Sekarang, realme C17 yang akan kami review kali ini sudah mengantongi kedua fitur tersebut.

Ya, realme C17 merupakan smartphone kelas menengah dengan harga sekitar Rp 2 jutaan yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Smartphone ini dibekali dua fitur “wah” yang biasanya ditemukan di smartphone kelas menengah ke atas, yakni layar dengan refresh rate 90Hz dan memori penyimpanan 256GB.

Mungkin ada rasa “percaya tidak percaya” dari Anda soal kemampuan realme C17 ini. Nah, untuk itu, sebaiknya Anda simak ulasan lengkap kami lewat review realme C17 berikut ini.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Dalam review, kami akan membahas seputar desain, performa, gaming, benchmark, hingga kamera. Yuk simak!

Desain dan Layar 

Review Realme C17

Mulai dari realme 7, perusahaan asal China ini sepertinya sudah move on dari desain mainstream seperti layar berponi dan kamera belakang vertikal. Kini, desain baru sudah diaplikasikan realme pada smartphone terbarunya, C17.

Smartphone anyar tersebut tampil dengan desain layar fullscreen dengan adanya punch-hole atau lubang kamera di sudut kiri atas layarnya. Desain layar ini mulai menjadi pakem dari realme, terhitung sejak realme 6 Series.

Layarnya sendiri berjenis IPS LCD berukuran 6,5 inci beresolusi HD+. Beberapa dari Anda mungkin langsung berbicara “yahh… cuma HD+ doang”. Memang, layar smartphone ini cuma beresolusi HD+ saja, tidak Full HD+ seperti smartphone kelas menengah kebanyakan.

Review Realme C17

Akan tetapi, layar realme C17 sudah didukung teknologi refresh rate 90Hz. Teknologi layar cepat ini tidak lagi menjadi “fitur mewah” lagi, karena smartphone Rp 2 jutaan saja sudah menggunakannya sebagai salah satu fitur andalan. 

Selain 90Hz, layarnya pun mampu menampilkan konten dengan tingkat intensitas cahaya maksimal mencapai 600 nits. Perpaduan layar tersebut menurut kami berhasil memberikan pengalaman berbeda untuk sebuah smartphone bujet.   

Review Realme C17

Ke bagian belakang, di sinilah desain baru yang kami maksud tadi. Biasanya, C Series dari realme identik dengan kamera persegi yang ditempatkan di sudut kiri atas body. Namun, kini realme berani mengganti identitas tersebut pada seri C17.

Smartphone ini memiliki frame kamera dengan bentuk persegi panjang. Frame kamera tersebut sebelumnya diadopsi oleh seri realme 7. Lalu, ada juga sensor sidik jari konvensional yang pas buat dijangkau. 

{Baca juga: Review Realme X50 Pro 5G: Performa Kencang, Main Game Maksimal}

Meski body-nya berbahan dasar polycarbonate, tapi warna yang melapisi tubuhnya bikin kami beranggapan kalau body-nya terbuat dari bahan kaca atau glastic

Rupanya, realme menggunakan lapisan AG Coating untuk memberikan efek warna matte ala body kaca. Lapisan ini pun membuat warna realme C17 memiliki pantulan cahaya yang terpusat di kameranya, ketika terkena paparan cahaya yang pas.

Meski demikian, ada sedikit kekurangan pada body realme C17. Menggunakan bahan polycarbonate saja, bukan panel kaca ataupun glastic (perpaduan panel kaca dan polycarbonate), panel body belakang smartphone ini cukup tipis.   

Pasalnya, ketika kami sedikit menekan bagian tengah bawah body belakang. Body terlihat menekuk, meski kembali lagi ke bentuk semula. 

Untung saja, realme memberikan softcase secara gratis dalam paket pembelian. Pengguna bisa memanfaatkan softcase tersebut untuk memberikan keamanan yang lebih baik. 

Ke bagian bawah, ada jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker. Ke sisi kanan, ada tombol power dan tombol volume. Di kiri, ada slot kartu SIM dan microSD dengan kapasitas maksimal 256GB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here