Review Realme 6: Harga Rp 3 Jutaan, Performa Sultan

Review Realme 6

Telset.id – Di bulan Februari 2020 lalu, realme meluncurkan realme C3 dengan peningkatan spek yang cukup tinggi. Kini realme kembali datang dengan seri realme 6 yang juga membawa perubahan spek sangat drastis dengan membawa slogan “64MP Pro Camera. Pro Display”. Kita akan membahasnya lebih detil dalam review realme 6.

Melihat peningkatan spesifikasi realme 6, sangat signifikan jika dibandingkan dengan produk sebelumnya yaitu realme 5. Kami pun sempat ragu jika ditawarkan di kisaran Rp 3 jutaan maka lebih cocok jika realme 6 merupakan penerus dari realme 5 Pro. Pun dengan harga segitu, kami rasa cukup wajar, mengingat banyak pembaruan yang signifikan.

{Baca juga: Review Realme 6 Pro: Smartphone Menengah Berkelas “Flagship”}

Produk realme 6 pun sudah datang ke meja pengujian Telset.id. Tak hanya mengulas fitur yang menjadi key selling point dari produk tersebut, tentunya kami juga memiliki standar pengujian tersendiri untuk semua aspek pada perangkat. Mulai dari desain, spesifikasi, fitur, performa dan lain-lain.

Penasaran dengan kemampuan smartphone yang satu ini? Simak review lengkap realme 6 berikut ini.

Desain

realme menyebut desain pada realme 6 ini adalah Comet Design. Dua varian warna yang dihadirkan realme yaitu Comet White dan Comet Blue. Unit yang kami uji berikut ini adalah Comet White.Review Realme 6

Review Realme 6

Desainnya terinspirasi dari kilauan komet yang membelah langit di malam hari. Dengan teknologi pelapisan optik baru, kecerahan dan saturasi warna pada efek kilauan meningkat sebesar 60% dan 50%, sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

Pada bagian depan panel layar telah dilindungi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3. Sayangnya tidak disebutkan apakah bagian belakang juga telah menggunakan jenis pelindung yang sama.

Perubahan yang paling menonjol di realme 6 ada pada desain panel bagian depan. Dimana realme 6 datang dengan lubang punch-hole pada layar, yang terletak di sudut kiri atas. Pada bagian sekeliling punch hole ini juga memiliki efek cahaya yang akan bersinar saat kamera depan atau face unlock di aktifkan.

{Baca juga: Realme X50 Pro Debut, Punya Enam Kamera dan Snapdragon 865}

Secara presisi, realme 6 memiliki dimensi 162.1mm x 74.8mm dengan ketebalan 8.9mm. Sedangkan bobotnya yaitu 191gram. realme 6 terasa kokoh saat berada di genggaman.

Untuk pertama kalinya, realme 6 menghadirkan pemindai sidik jari dibagian sisi bodi. Desain ini sangat praktis, karena tombol fingerprint digabung bersama dengan tombol power. Ukurannya pun tidak terlalu besar, lebarnya hanya 2,4mm.

Sedangkan untuk tombol volume, terletak disisi bagian kiri tepat berada di bawah tray SIMCard. Perangkat ini dibekali tray SIM Card dengan dua slot SIMCard dan satu slot MicroSD yang terpasang secara terpisah.

Di bagain bawah terdapat lubang jack audio 3,5 mm, port USB Type C, dan juga Grill Speaker. Semua port kedap air dengan penyegelan silikon, efektif mencegah percikan air. Keamanan tahan percikan air pada segmen harganya, menarik.

Desain pada konfigurasi kamera di bagian belakang masih mirip dengan pendahulunya. Yaitu dengan empat buah kamera yang bersusun secara vertikal di sisi bagian kiri atas, sama seperti realme 5 Pro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here