Review Realme 6: Harga Rp 3 Jutaan, Performa Sultan

Telset.id – Di bulan Februari 2020 lalu, realme meluncurkan realme C3 dengan peningkatan spek yang cukup tinggi. Kini realme kembali datang dengan seri realme 6 yang juga membawa perubahan spek sangat drastis dengan membawa slogan “64MP Pro Camera. Pro Display”. Kita akan membahasnya lebih detil dalam review realme 6.

Melihat peningkatan spesifikasi realme 6, sangat signifikan jika dibandingkan dengan produk sebelumnya yaitu realme 5. Kami pun sempat ragu jika ditawarkan di kisaran Rp 3 jutaan maka lebih cocok jika realme 6 merupakan penerus dari realme 5 Pro. Pun dengan harga segitu, kami rasa cukup wajar, mengingat banyak pembaruan yang signifikan.

{Baca juga: Review Realme 6 Pro: Smartphone Menengah Berkelas “Flagship”}

Produk realme 6 pun sudah datang ke meja pengujian Telset.id. Tak hanya mengulas fitur yang menjadi key selling point dari produk tersebut, tentunya kami juga memiliki standar pengujian tersendiri untuk semua aspek pada perangkat. Mulai dari desain, spesifikasi, fitur, performa dan lain-lain.

Penasaran dengan kemampuan smartphone yang satu ini? Simak review lengkap realme 6 berikut ini.

Desain

realme menyebut desain pada realme 6 ini adalah Comet Design. Dua varian warna yang dihadirkan realme yaitu Comet White dan Comet Blue. Unit yang kami uji berikut ini adalah Comet White.Review Realme 6 Review Realme 6

Desainnya terinspirasi dari kilauan komet yang membelah langit di malam hari. Dengan teknologi pelapisan optik baru, kecerahan dan saturasi warna pada efek kilauan meningkat sebesar 60% dan 50%, sehingga membuatnya terlihat lebih menarik.

Pada bagian depan panel layar telah dilindungi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3. Sayangnya tidak disebutkan apakah bagian belakang juga telah menggunakan jenis pelindung yang sama.

Review Realme 6

Perubahan yang paling menonjol di realme 6 ada pada desain panel bagian depan. Dimana realme 6 datang dengan lubang punch-hole pada layar, yang terletak di sudut kiri atas. Pada bagian sekeliling punch hole ini juga memiliki efek cahaya yang akan bersinar saat kamera depan atau face unlock di aktifkan.

{Baca juga: Realme X50 Pro Debut, Punya Enam Kamera dan Snapdragon 865}

Secara presisi, realme 6 memiliki dimensi 162.1mm x 74.8mm dengan ketebalan 8.9mm. Sedangkan bobotnya yaitu 191gram. realme 6 terasa kokoh saat berada di genggaman.

Review Realme 6

Untuk pertama kalinya, realme 6 menghadirkan pemindai sidik jari dibagian sisi bodi. Desain ini sangat praktis, karena tombol fingerprint digabung bersama dengan tombol power. Ukurannya pun tidak terlalu besar, lebarnya hanya 2,4mm.

Review Realme 6

Review Realme 6

Sedangkan untuk tombol volume, terletak disisi bagian kiri tepat berada di bawah tray SIMCard. Perangkat ini dibekali tray SIM Card dengan dua slot SIMCard dan satu slot MicroSD yang terpasang secara terpisah.

Review Realme 6 Review Realme 6

Di bagain bawah terdapat lubang jack audio 3,5 mm, port USB Type C, dan juga Grill Speaker. Semua port kedap air dengan penyegelan silikon, efektif mencegah percikan air. Keamanan tahan percikan air pada segmen harganya, menarik.Review Realme 6

Desain pada konfigurasi kamera di bagian belakang masih mirip dengan pendahulunya. Yaitu dengan empat buah kamera yang bersusun secara vertikal di sisi bagian kiri atas, sama seperti realme 5 Pro.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi layarnya, realme 6 memiliki ukuran display 6,5 inci dengan teknologi yang disebut Ultra Smooth Display. Layar realme 6 telah mendukung refresh rate hingga 90Hz, mirip seperti realme X2 Pro yang merupakan seri flagship dari realme. Tentunya visual pada layar menjadi terlihat menjadi lebih mulus jika dibandingkan smartphone yang masih menggunakan layar 60Hz.

Review Realme 6

Review Realme 6

Layar ini juga memiliki rasio 20:9, dengan resolusi FHD+ 2400x1080P, dan rasio screen-to-body 90,6%. Tingkat kecerahannya 480nits, membuatnya memiliki visibilitas yang cukup baik bahkan di lingkup yang terang sekalipun. Terdapat pula fitur OSIE (Object & Semantic Images & Eye-tracking), dimana fitur ini akan meningkatkan kualitas gambar pada aplikasi-aplikasi pendukung.

{Baca juga: Resmi Diperkenalkan, Ini Harga dan Spesifikasi Realme C3}

Pada bagian dapur pacunya, realme 6 menggunakan SoC MediaTek Helio G90T , yang mana SoC ini dirancang khusus untuk pengalaman gaming smartphone. SoC ini difabrikasi dengan proses 12nm, dengan dual core Cortex-A76 2.05GHz, kinerja tinggi serta enam core Cortex-A55 2GHz berefisiensi tinggi, yang juga dipasangkan dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Di bagian memori, realme 6 memiliki 2 varian memori, 4GB + 128GB dan 8GB + 128GB. Varian yang kami uji disini yaitu dengan RAM 8GB dan internal storage 128GB. realme 6 juga dilengkapi dengan slot 3-kartu untuk dua kartu SIM dan satu kartu SD dengan kapasitas hingga 256GB.

Untuk fitur kameranya, realme 6 menawarkan set-up quad camera ultra-clear terbaru, terdiri dari ultra wide-angle 8MP + kamera utama 64MP + 2MP B&W serta 2MP lensa makro.

Untuk ultra wide angle memiliki sudut 119° dengan aperture F/2.3. Sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci yang dibenamkan sebagai sensor utama memiliki aperture yang besar f/1,8, dengan lensa 6P. Sensor 2MP B&W akan memberikan ketajaman gambar lebih baik saat mode potrait. Lalu lensa macro memiliki jarak 4cm, yang kini telah dilengkapi dengan auto-focus.

Beragam fitur yang dihadirkan pada kamera realme 6 antara lain Ultra 64MP Mode, Nightscape 3.0, Panoramic view, Expert mode, Timelapse, Portrait mode, HDR, Ultra wide mode, Ultra macro mode, AI scene recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slow Motion, dan Bokeh Effect Control.

Sementara pada kamera selfienya, realme 6 membekali diri dengan sensor 16MP dengan aperture F/2.0. Beberapa fitur untuk kamera selfie seperti AI Smart Beauty, Bokeh dan lain-lain.

Dengan 30W Flash Charge yang biasa ada pada segmen kelas atas, digabungkan dengan kapasitas baterai 4300mAh. Menariknya, realme 6 juga mendukung pengisian daya 15W PD, menjadikannya lebih fleksibel. Namun perlu diingat, jika menggunakan charger 15W akan membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang menggunakan charger bawaan 30W.

Untuk sensornya, realme 6 telah memiliki komponen sensor yang lengkap mulai dari magnetic Induction Sensor, Light Sensor, Proximity sensor, Gyroscope dan Accelerometer. Sedangkan untuk konektivitasnya, realme 6 memiliki jaringan LTE, Wi-fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5 GHz)dan Bluetooth 5.0. Sayangnya smartphone yang satu ini belum dilengkapi dengan teknologi NFC.

Review Realme 6

Pada paket penjualannya, realme 6 dibekali dengan adaptor 30W Flash Charger, USB Type-C Cable, Protect Case, Protect Film (sudah terpasang), SIM Ejector, Buku Panduan dan Kartu Garansi.

Software

realme 6 datang dengan menggunakan antarmuka terbaru besutan realme yaitu realme UI, yang menggunakan basis sistem operasi Android 10. realme 6 menghadirkan lebih banyak fitur terbaru untuk smartphone dengan harga Rp. 3 jutaan ini.

Seperti misalnya kategorisasi foto dan video pada Gallery dengan pengelompokan hingga 84 label, personalisasi video dengan sleek template, realme Share, Game Space, dan lain-lain.

{Baca juga: Tanpa Color OS, Realme C3 Jadi Debut “Realme UI”}

Anda yang kesulitan fokus dalam padatnya rutinitas sehari-hari, bisa menggunakan fitur Focus Mode. Mengaktifkan fitur tersebut akan memblokir notifikasi karena perangkat akan memainkan musik yang menenangkan untuk membantu Anda rileks atau meditasi. Tersedia pilihan waktu untuk mengaktifkan mode ini. Focus Mode dapat ditemukan pada laci notifikasi atau dalam pilihan menu Digital Wellbeing.

Performa

Untuk review realme 6 ini, seperti biasa kami menggunakan tiga aplikasi benchmarking, yakni AnTuTu Benchmark, 3DMark, dan PCMark untuk mengetahui performanya secara angka. Ketiga benchmarking ini merepresentasikan kebutuhan berbeda.

AnTuTu 8

AnTuTu 8 adalah versi terbaru dari aplikasi benchmarking AnTuTu. Benchmark ini memberikan simulasi performa smartphone dari empat aspek antara lain CPU, GPU, RAM dan juga User Experience.

Review Realme 6

Review Realme 6

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, realme 6 mencatat skor yang sangat tinggi, yaitu 288.808. Skor ini bahkan sudah mengalahkan smartphone lain dengan chipset Snapdragon 730G yang harganya berada jauh diatas.

3DMark Sling Shot

3DMark adalah aplikasi benchmarking yang digunakan untuk menguji kinerja grafis (GPU) pada perangkat smartphone. Untuk pengujian yang kami lakukan menggunakan simulasi 3DMark Ice Storm Sling Shot.

Review Realme 6

Review Realme 6

Review Realme 6

Dari hasil pengujian yang kami lakukan, realme mencetak skor sebesar 3581, yang mana angka ini juga lebih tinggi dari smartphone lain dengan chipset sekelas.

PCMark 2.0

PCMark adalah aplikasi benchmarking yang akan menampilkan skor untuk mewakili kinerja smartphone dalam penggunaan sehari-hari. Seperti misalnya browsing, edit foto dan video, texting, serta juga penghitungan.

Review Realme 6

Review Realme 6

Hasilnya, realme 6 mencatatkan skor PCMark 2.0 sebesar 10601, yang mana ini juga memperlihatkan bahwa untuk pemakaian sehari-hari, performa realme 6 memang juga sangat unggul.

Dari tiga benchmark tersebut, tentunya memberikan bukti bahwa untuk urusan performa, SoC besutan MediaTek memang sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Baik performa CPU maupun GPUnya terbilang sangat tinggi, dan sangat memadai untuk segala kebutuhan termasuk bermain game dengan grafis tinggi.

Baterai

Baterai realme 6 memiliki kapasitas 4300mAh, yang mana perangkat ini juga didukung dengan pengisian daya super cepat 30W Flash Charge. Diklaim, perangkat ini dapat diisi dengan hanya membutuhkan waktu satu jam saja dari kondisi kosong hingga penuh. Kami pun melakukan pengujian tersebut dan terbukti terisi penuh dalam sekitar 60 menit. Dan hanya dalam 30 menit, dapat mengisi hampir 70%.

Teknologi 30W Flash Charge ini juga bahkan dapat digunakan saat bermain game berat dimana perangkat dapat diisi hingga 62% hanya dalam 60 menit. realme menjamin pengguna tetap aman mengisi daya sambil menggunakan smartphone karena perangkat ini telah dibekali dengan 5 perlindungan daya.

{Baca juga: Review Realme 5 Pro, “Si Serba Cepat” dengan Quad Camera}

Sedangkan untuk daya tahan baterainya, realme 6 kami uji dengan memutar video secara playback. Hasilnya smartphone ini dapat bertahan cukup lama, yaitu sekitar 20 jam, hampir seharian. Sedangkan untuk menggunakan aplikasi PCMark, smartphone ini mampu bertahan selama sekitar 9 jam.

Review Realme 6

Gaming

Pada pengujian gaming di review realme 6 kali ini, kami menggunakan dua aplikasi game yang cukup populer yaitu PUBG Mobile dan juga CoD Mobile.

Review Realme 6

Untuk game PUBG Mobile, secara default kita akan mendapatkan kualitas grafis High, dengan setting grafis maksimal Smooth-Extreme. Saat dimainkan, tentu saja smartphone dapat menjalankan game dengan sangat lancar dan mulus. Game dapat dimainkan dengan frame rate 60FPS dengan sangat lancar.

Review Realme 6

Di game lain yaitu CoD Mobile, setting grafis yang dapat digunakan yaitu kualitas grafis High dan frame rate Max, atau grafis Very High dan frame rate very High.  Dalam dua mode grafis tersebut, tidak ada lag berarti saat bermain menggunakan smartphone realme 6.

Review Realme 6

Namun kedua game tersebut tentunya masih berjalan dengan frame rate 60FPS, sedangakan layar realme 6 sebenarnya telah mendukung hingga 90Hz atau 90 FPS.

Kami mengujinya dengan game lain yaitu Dead Trigger 2, dan smartphone ini berhasil menjalankannya dengan sangat baik di frame rate 90FPS. Begitu pula dengan game lain yaitu Real Racing 3 yang sudah mendukung hingga 90 FPS, realme 6 dapat melibas game tersebut dengan mudah.

Review Realme 6

Untuk manajemen suhu pada perangkat juga tergolong baik, saat digunakan untuk bermain game dalam waktu yang cukup lama, smartphone ini tetap nyaman digunakan. Meskipun ada peningkatan suhu, namun tidak terasa mengganggu di genggaman pengguna, juga tidak mempengaruhi performa pada smarpthone tersebut.

Review Realme 6

Bermain game di realme 6 ini semakin diperkuat dengan masih diterapkannnya fitur Game Space yang dapat memblokir notifikasi yang masuk atau notifikasi hanya mengapung bagian atas layar dan akan hilang dengan sendirinya tanpa mengganggu permainan yang sedang berjalan.

Namun, kami dengan bijak mengimbau kepada pengguna untuk membatasi waktu bermain game. Karena bermain game terlalu lama tidak baik untuk kesehatan.

Kamera

Kamera ultrawide, masih menggunakan sensor yang sama dari seri pendahulunya yaitu realme 5 Pro, dengan sensor 8MP dan angle 119 derajat. Tak banyak yang berubah untuk kualitas foto pada ultrawide, dimana tetap memiliki hasil yang memuaskan apalagi untuk mengabadikan objek dengan perspektif yang luas.

Ultra Wide Angle realme 6

Sementara sensor Samsung ISOCELL Bright GW-1 64 MP F/1.8 menjadi senjata pamungkas di realme 6. Ini bukan kali pertama realme menggunakan sensor kamera 64MP, sensor yang sama telah digunakan lebih dahulu di realme XT dan juga realme X2 Pro.

Tak perlu diragukan, kualitas foto dengan kamera ini memiliki detail dan tone warna yang sangat baik. Penggunaan teknologi Quad-Bayer sensor, yang menggunakan empat piksel dalam sensor untuk mengambil satu titik piksel pada gambar menghasilkan foto yang terlihat lebih tajam.

IMG20200319172607

Berkat sensor berukuran besar, kamera juga mampu menangkap cahaya dengan lebih baik, bahkan dikondisi gelap sekalipun. Fitur HDR dan Chroma Boost juga menambah warna pada foto semakin mencolok.

{Baca juga: Penasaran! Seperti Ini Hasil Kamera Realme X di Malam Hari}

Untuk kualitas Zoom-nya pun sangat baik. Kamera dapat melakukan optimal Zoom hingga 5X dan maksimal Zoom hingga 10x. Dalam kondisi optimal Zoom, objek masih terlihat memiliki detail yang baik.

Zoom 1X & 5X Zoom

Kamera B/W dengan sensor 2MP yang digunakan untuk kebutuhan foto potrait/bokeh, membuat foto memiliki hasil yang lebih baik. Tracing antara bagian blur dan fokus terlihat akurat bahkan di objek seperti rambut dan juga bulu pada hewan.Potrait Mode

Sementara pada lensa macro, kali ini realme 6 datang dengan fitur autofocus. Jarak pengambilan gambar pun ditingkatkan menjadi 4cm, sehingga lebih memudahkan pengguna untuk mengambil objek foto makro. Detail yang dihasilkan pun terlihat lebih baik.

IMG20200319170632

Kemampuan foto malam di realme 6 juga ditingkatkan dengan fitur Super NightScape 3.0. Foto terlihat lebih terang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dan masih dengan durasi pengambilan yang sama yaitu 3 detik. realme juga melengkapi fitur Nightscape dengan mode tripod, sebuah hal yang biasa namun menurut kami cukup dipikirkan oleh realme untuk sektor fotografi menggunakan smartphone.

NightScape 3x vs Normal (realme 6)

Untuk perekaman video, realme 6 mendukung perekaman video dengan resolusi 4K/30fps, 1080P/30fps, 1080/60fps, 720P/30fps dan 720/ 60fps. Untuk perekaman dengan resolusi 1080p dan 720p telah dibekali dengan fitur UIS (Ultra Image Stabilizer). Nantinya di update OTA terbaru, realme menjanjikan akan menghadirkan fitur UIS Max.

Hasil Video Realme 6

Beralih ke kamera selfie, kamera 16MP dengan aperture F/2.0 juga masih sama dengan yang digunakan pada realme 5 Pro. Kualitasnya tetap memuaskan, terutama dengan fitur Smart Beauty menggunakan teknologi AI, yang membuat foto selfie terlihat lebih menarik. Kembali kami beritahukan bahwa tentunya fitur Beauty dapat dinon-aktifkan sehingga menghasilkan wajah yang lebih natural.

Selfie realme 6

Disamping itu, ada juga fitur Potrait Mode yang membuat foto menjadi terlihat lebih hidup. Untuk perekaman video, kamera selfie realme 6 saat ini baru mendukung pengambilan dengan resolusi 1080p/30fps dan 720p/30fps

Kesimpulan

Review Realme 6

Lagi-lagi realme tampil memukau dengan smartphone anyarnya yang satu ini yaitu realme 6. Selama melakukan pengujian review untuk smartphone realme 6, kami merasa puas dengan kinerja smartphone secara keseluruhan.

Baik dari performa dapur pacu, performa kamera, dan performa manajemen daya yang ditawarkan, semuanya terasa sangat memuaskan untuk harganya yang hanya Rp 3 jutaan.

MediaTek Helio G90T memberikan performa terbaik untuk gaming kelas menengah, yang dipadukan dengan layar dengan refresh rate 90Hz. Belum pernah ada di smartphone lain untuk kelas menengah seperti yang ditawarkan realme 6.

Quad Camera 64MP dengan sensor Samsung Bright GW-1 juga pastinya sangat memuaskan, dimana pengguna dapat menangkap foto dengan detail dan saturasi warna yang sangat baik. Kamera selfie dengan desain punch hole di bagian depan juga menawarkan pengalaman yang sangat baik.

Semakin lengkap dengan pengisian daya super cepat Flash Charge 30W, pengisian daya hanya membutuhkan waktu 1 jam. Dengan kapasitas 4300mAh, daya tahan baterai yang ditawarkan pun juga terbilang sangat memuaskan.

Maka rasanya pantas untuk menyematkan julukan Performance King untuk kelas harga Rp 3 jutaan pada perangkat realme 6. Performa yang ditawarkan secara keseluruhan, benar-benar memuaskan.

Kelebihan:

+ SoC MediaTek Helio G90T dengan kinerja tinggi

+ 64MP AI Quad Camera dengan 119° Ultra Wide-Angle Lens

+ 30W Flash Charge, 60 menit untuk mengisi penuh baterai

+ 90Hz Ultra Smooth Display 6,5 inci

+ Layar punch Hole 16MP In-display Selfie Camera

+ realme UI Berbasis Android 10 dengan Fitur-fitur Baru

+ Fingprint di sisi, 0,29 Detik untuk membuka layar

+ Triple Slot Tray SIMCard + MicroSD

+ Paket penjualan lengkap

+ Harga kompetitif

Kekurangan:

– Belum ada NFC

– Body agak tebal dan bobot agak besar

TELSET RATING: 8/10

 

Nama Produk realme 6
Layar IPS 6,5 Inci Full HD (2400 x 1080p) Ultra Smooth Display 90Hz
SoC/Prosesor MediaTek Helio G90T CPU Octa-core, Up to 2.05GHz + GPU:ARM G76
RAM 4 GB/ 8GB  LPDDR4x
GPU Mali-G72 MP3
Internal Storage UFS 2.1 128GB bisa diperluas micro SD hingga 256 GB (dedicated slot)
Kamera Kamera Utama: Ultra Wide 8 MP, f/2.3 + 64 MP f/1.8 (wide) + 2MP B/W F/2.4 + 2MP F/2.4 macro camera

Kamera Selfie: 16 MP, f/2.0

Baterai 4.300 mAh
Charger 30W Flash Charge
Konektifitas Dual SIM (Nano), 4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Bluetooth 5.0
Sistem Operasi Android 10, realme UI
Varian Warna Comet White & Comet Blue
Harga TBA

 

Simak Video “REALME 6 PRO UNBOXING: Pertama Pake Snapdragon 720G”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0