Review Oppo Reno4: Makin Tipis, Makin Canggih

Review Oppo Reno4
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id – Bulan kemerdekaan Republik Indonesia menjadi bulan yang tepat buat Oppo untuk merilis seri terbaru bernama Reno4Smartphone ini dirancang dengan desain menawan dan punya spesifikasi andal, sehingga kami pun tertarik untuk melakukan review Oppo Reno4 kali ini.

Di Indonesia, harga Oppo Reno4 kurang lebih sama dengan seri Reno terdahulu sekitar Rp 4,9 jutaan. Bagi segelintir orang, mungkin harganya tergolong cukup mahal.

Namun demikian, Oppo menyematkan sejumlah fitur dan teknologi mumpuni kepada konsumen yang meminang Reno4.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Nah, kali ini tim Telset.id akan mengulas secara lengkap Oppo Reno4 dalam tulisan review kali ini. Seperti biasa, kami akan membahas soal desain, spesifikasi, performa, hingga ke sektor kameranya. Yuk simak!

Desain

Review Oppo Reno4

Saat pertama menggunakan ponsel cerdas ini, kami langsung punya satu kesan kuat terhadapnya. Menurut kami, Oppo seakan mengerti dengan masalah yang selama ini dihadapi oleh pengguna smartphone dengan ukuran layar besar di atas 6 inci.

Yup! Masalah tersebut adalah bobot yang berat dengan body tebal yang bikin gak nyaman saat dikantongi.

Sebenarnya, body smartphone yang makin besar, berat, dan tebal tergolong cukup wajar. Pasalnya, makin banyak fitur dan teknologi yang disematkan, maka semakin banyak juga komponen yang dijejalkan ke dalam body.

Sebagai contoh. Makin besar kapasitas baterai, biasanya berimbas pada ketebalan dan bobot dari smartphone.

Contoh lainnya, kini smartphone dengan empat kamera merupakan hal yang lumrah. Penambahan jumlah kamera tentu saja memengaruhi isi dari body.

Review Oppo Reno4

Namun, Oppo bukanlah perusahaan teknologi yang senang mengikuti tren yang ada. Perusahaan asal China ini malah kerap menciptakan tren di industri smartphone. Oppo Reno4 misalnya.

Meski mengusung layar besar, Reno4 ditenagai baterai berkapasitas besar, dan punya empat kamera belakang. Smartphone ini juga tetap tampil ramping dan nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan.

Berat Oppo Reno4 sekitar 165 gram dengan ketebalan 7.7 mm. Ukurannya membuat ponsel nyaman digunakan, dikantongi, dan dibawa kemana-mana.

Tim R&D Oppo rupanya telah berusaha keras untuk merancang smartphone ini agar memiliki desain yang ergonomis.

{Baca juga: Review Realme C17: Spek Oke, Kemampuan Gaming Belum Maksimal}

Oppo Reno4 sendiri dibekali layar berukuran besar, tepatnya 6,4 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya rasio cinematic 20 : 9, dilapisi pelindung Gorilla Glass 5, dan telah mendukung sensor sidik jari dengan respon yang cepat.

Berbicara sedikit soal sistem keamanan biometrik, sensor sidik jari bernama “Hidden Fingerprint Unlock 3.0” itu punya ketebalan sekitar 0,27mm saja.

Rasio layar terhadap body makin maksimal karena Oppo merancang bagian depan Reno4 dengan bezel yang tipis di tiap sisinya. Apalagi, terdapat punch-hole atau lubang kamera berukuran kecil, bahkan lebih kecil dari seri Reno3 Pro.

Kesan yang berkarakter begitu ditonjolkan pada bagian belakangnya. Oppo Reno4 tampil dengan desain yang futuristik dan modern. Berlapis kaca Gorilla Glass 3, Oppo melapisinya dengan warna yang keren dan terlihat elegan.

Review Oppo Reno4

Ada dua pilihan warna dari Oppo Reno4, salah satunya adalah Galactic Blue. Warna ini terbilang spesial, karena Oppo menggunakan teknik bernama “Reno Glow” yang memberikan tekstur matte dengan detail kilauan halus yang menyajikan nuansa lebih premium.

Galactic Blue menampilkan warna biru tua yang dikombinasikan dengan adanya monogram logo Oppo di bagian bawah body. Ketika terkena paparan sinar cahaya yang pas, warna dan logo Oppo langsung keluar, dan bikin Reno4 terlihat lebih premium.

Di bagian bawah, terdapat jack audio 3,5mm, port USB-C, mikrofon, dan juga speaker. Ke bagian kiri, terdapat tombol volume yang bersanding dengan slot dual SIM + microSD. Sementara ke kanan, ada tombol power. Dan di bagian atas, hanya ada mikrofon saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here