telset

Review Realme X50 Pro 5G: Performa Kencang, Main Game Maksimal

Telset.id – Usai “menggempur” Indonesia dengan sejumlah ponsel seri menengah, kini realme mengeluarkan seri flagship dengan spesifikasi kelas atas. Pada review realme X50 Pro 5G kali ini, kami akan menguji performa dan kempampuan fitur-fitur yang dibawa ponsel bertenaga Snapdragon 865 ini.

Mengusung slogan “Speed of the Future”, realme X50 Pro 5G merupakan ponsel flagship pertama dari realme yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 865 dengan dukungan teknologi 5G. 

Tunggu, 5G? Ya, meski di Indonesia sendiri teknologi jaringan generasi kelima tersebut belum hadir, namun realme menjadi salah satu perusahaan teknologi yang malah merilis produk yang siap menghadapi era 5G di Indonesia pada masa mendatang.

Hadirnya realme X50 Pro 5G sendiri merupakan salah satu strategi dari perusahaan asal China ini selain mengembangkan ekosistem AIoT di Tanah Air. 

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Realme Terbaru}

Ponsel ini merupakan seri terbaru di jajaran produk X Series dari realme. Seri itu memang dikenal mengusung spesifikasi yang menawarkan kinerja cepat dan mumpuni. 

Nah, sekarang tim Telset.id akan mengulasnya secara lengkap dalam review realme X50 Pro 5G berikut ini. Kami akan membahas seputar desain, performa, gaming, benchmark, hingga kamera. Mau tau seperti apa? Yuk simak!

Desain

Ketika pertama kali membuka boksnya, dan menggenggam ponsel ini, kami langsung tertegun ketika melihat body belakangnya. Balutan warna Rust Red pada unit realme X50 Pro 5G yang kami review memancarkan warna yang indah dan juga berkarakter.

Saat mencari informasi mengenai warna ini, rupanya warna Rust Red dan Moss Green pada realme X50 Pro 5G terinspirasi dari hal yang sering kita abaikan, seperti karat dan lumut. Padahal apabila dicermati lebih dalam, keduanya memiliki keindahan yang tersembunyi.

Review Realme X50 Pro 5G

Warna yang melapisi body kaca dari realme X50 Pro ini menghadirkan tampilan matte dengan tekstur halus yang bikin kami nyaman untuk menggunakannya dengan satu tangan. Teksturnya membuat body aman dari jejak sidik jari, yang biasanya menjadi momok cukup serius pada smartphone dengan body berlapis warna glossy.

realme mengklaim, setidaknya ada enam proses pelapisan dan pengecatan selama 21 hari oleh perusahaan SKC di Korea Selatan guna menghadirkan tekstur warna yang halus dan elegan tersebut.

Review Realme X50 Pro 5G

 

Warna Rust Red pada X50 Pro yang kami review sendiri seolah menutupi “desain mainstream” yang tetap dipertahankan realme selama ini. Yup, pabrikan asal China ini seolah kekeh untuk mengusung desain frame kamera vertikal di sudut kiri atas body yang disandingkan dengan logo realme di sudut kiri bawah.

Frame kamera yang cukup mencuat keluar ini menjadi rumah bagi empat kamera utama dari realme X50 Pro 5G. Tepat di sebelahnya, ada LED Flash untuk membantu pengguna memotret di gelapnya malam.

{Baca juga: Review Poco F2 Pro: Performa Gahar, Fitur Lebih Komplit}

Dari tadi, kami asyik membahas tampilan belakang dari ponsel pintar ini. Lalu, bagaimana tampang depannya?

realme lagi-lagi menerapkan desain mainstream pada realme X50 Pro 5G. Mengusung layar berjenis Super AMOLED berukuran 6,44 inci berlapis Gorilla Glass 5 dengan resolusi Full HD+ (2400 x 1800 piksel), realme menyematkan dua kamera depan yang ditempatkan pada punch hole di sudut kiri atas layar.

Untungnya, realme tetap memberikan beberapa hal yang jadi pembeda pada sektor layar X50 Pro. Layar Super AMOLED smartphone ini telah mendukung refresh rate 90Hz dan sampling rate 180Hz. 

Review Realme X50 Pro 5G

 

Selain itu, layarnya tampil cinematic dengan aspek rasio 20:9. Kemudian, layarnya juga punya tingkat kecerahan hingga 1.000+ nits, mendukung HDR10+, 100% DCI-P3, dan juga 105% NTSC color gamuts yang bikin kualitas konten yang ditampilkannya memanjakan mata. 

Apalagi, didukung juga dengan fitur OSIE Vision Effect yang berperan sebagai fitur optimisasi visual yang membantu aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram, TikTok, Vmate, Vigo, dan Likee dalam meningkatkan kualitas gambar dan efek visualnya. 

Dalam hal ini dengan meningkatkan saturasi dan kontras gambar serta mengurangi noise. Satu lagi, layarnya pun sudah mendukung in-display fingerprint dengan respon yang cepat. 

Di bagian bawah, terdapat slot kartu SIM tanpa dukungan microSD, mikrofon, USB-C, dan juga speaker. Di sisi kanan, ada tombol power dengan aksen unik berwarna kuning, dan di sisi kiri terdapat tombol volume. 

 

Spesifikasi

Review Realme X50 Pro 5G

 

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, realme X50 Pro 5G telah didukung oleh prosesor octa-core 2.84 GHz Snapdragon 865. 

Prosesor ini dipasangkan dengan modem Snapdragon X55 5G yang mendukung mmWave dan sub-6GHz di dalam frekuensi FDD serta lebih banyak bandwidth di frekuensi sub-6 GHz yang tersedia untuk mendukung konektivitas 5G.

Memang, teknologi 5G masih belum sampai dan belum diimplementasikan di Indonesia. Namun, realme seolah mempersiapkannya untuk jaga-jaga kalau teknologi jaringan kelima ini datang ke Tanah Air.

Pasalnya, smartphone ini memiliki desain antena yang disebut sebagai “360° surround antenna”. Ada 12 buah antena yang memastikan koneksi kuat di jaringan 5G, termasuk 3 antena untuk GPS/Bluetooth/WiFi,1 antena untuk NFC dan 8 antena untuk menangkap jaringan 4G+5G. 

realme X50 Pro 5G juga mendukung Smart 5G, yang dapat secara cerdas melihat sinyal di lingkungan sekitar lalu beralih dari jaringan 4G ke jaringan 5G.

Selain itu, ponsel ini telah mendukung teknologi WiFi 6 yang menyuguhkan kecepatan transmisi hingga 1,5 Gbps. Tersedia juga dukungan Dual WiFi Network Acceleration yang memungkinkan smartphone terhubung ke 2 WiFi secara bersamaan untuk koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Prosesor Snapdragon 865 pada smartphone ini dikombinasikan dengan RAM 12GB LPDDR5, storage 256GB berjenis UFS 3.0, baterai berkapasitas 4,200 mAh dengan dukungan 65W SuperDart Flash Charge, dan tentu saja NFC!

{Baca Juga: Realme Perkenalkan Pengisian Daya Cepat 125W UltraDART}

Tenang, kami akan bahas satu persatu perihal teknologi yang disematkan pada realme X50 Pro 5G. Dimulai dari RAM LPDDR5 terlebih dahulu.

RAM LPDDR5 sendiri merupakan RAM jenis baru yang punya kecepatan dua kali lebih baik dari LPDDR4. Jika dibandingkan dengan LPDDR4X, RAM jenis ini pun punya kecepatan serta efisiensi daya yang lebih bagus.

Nah, kalau storage UFS 3.0, tentu saja punya kecepatan tinggi untuk urusan read dan write. Apalagi, DI dalamnya terdapat teknologi Turbo Write dan HPB (Host Performance Booster) yang memungkinkan write speed hingga 730-760MB/detik dan read speed mencapai 1700-1900MB/detik.

Sedangkan 65W SuperDart Flash Charge, merupakan teknologi pengecasan cepat dari realme yang dapat mengisi dua buah sel baterai 4,200 mAh hingga penuh dalam waktu singkat, 35 menit. 

Dilengkapi dengan adapter GaN, ngecas dengan output besar akan tetap aman karena dapat mereduksi suhu panas yang bisa menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. 

Lantas, bagaimana performa dari smartphone flagship ini? Selama review realme X50 Pro 5G, kami menggunakan aplikasi benchmark, seperti AnTuTu Benchmark, 3DMark, hingga PCMark, serta aplikasi bantuan Battery Log untuk mengetahui performa keseluruhannya. Berikut hasilnya:

AnTuTu Benchmark

Ditenagai prosesor Snapdragon 865, tentu saja skor AnTuTu dari realme X50 Pro 5G gak akan mengecewakan. Terbukti, berdasarkan pengujian yang kami lakukan, smartphone ini mencatatkan skor 585 ribu poin.

Berdasarkan menu Ranking di aplikasi AnTuTu Benchmark, skor ini membuat realme X50 Pro 5G bertengger di posisi empat di daftar ponsel dengan performa terkencang versi AnTuTu.

3DMark

Kemampuan terbaik juga kami dapatkan saat menguji performa grafis atau GPU dari ponsel pintar ini. Skor yang tinggi lagi-lagi kami dapatkan dalam pengujian kali ini.

Di 3DMark, realme X50 Pro 5G memperoleh skor 8.338 poin dalam pengujian Sling Shot. 3DMark bahkan menyebutkan kalau smartphone tersebut memiliki skor yang lebih baik dari 99% ponsel yang pernah diuji sampai saat ini.

Sedangkan untuk Sling Shot Extreme OpenGL dan Vulkan, masing-masing skor yang diperoleh adalah 7.084 poin dan 6.456 poin.

PCMark

 

Untuk urusan multi-tasking ataupun pekerjaan normal seperti chatting, browsing, live streaming, dan lainnya, realme X50 Pro 5G mencetak skor 11.991 poin. Skor ini terbilang tinggi, dan memang masuk ke jajaran poin “khusus” ponsel kelas atas.

Baterai

Baterai 4,200 mAh pada realme X50 Pro 5G punya daya tahan yang baik. Ketika kami mengujinya dengan memutar video YouTube di resolusi 1080p tanpa henti dan mencatatnya menggunakan aplikasi Battery Log, smartphone ini bisa bertahan hingga 17 jam dengan baterai tersisa 5%. 

Daya tahan baterainya yang bagus, berbanding terbalik dengan cepatnya ngecas smartphone ini. Didukung 65W SUperDart Flash Charge, ngecas baterai 4,200 mAh dari 5% hingga penuh hanya membutuhkan waktu 35 menit saja.

Kalau dijabarkan, 10 menit pertama baterai sudah terisi sekitar 38%. Dalam waktu setengah jam, baterai telah mencapai 94%. Ibaratnya, ketika Anda baru bangun tidur, lalu mandi, dan sarapan pagi, baterai realme X50 Pro 5G sudah terisi penuh dan siap utnuk dipakai sepanjang hari. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0