Review Oppo A54: Kinerja Pas-pasan, Daya Tahan Baterai Luar Biasa

Telset.id – Oppo tidak hanya memiliki seri Reno5 di tahun ini. Berbagai model smartphone terbaru telah diperkenalkan untuk konsumen di Indonesia, salah satunya adalah Oppo A54. Kali ini kami akan membagikan pengalaman selama menggunakan smartphone tersebut dalam review Oppo A54.

Oppo A54 merupakan ponsel kelas menengah dengan cukup banyak kelebihan yang ditawarkan, mulai dari desain yang menarik hingga beragam fitur yang tak kalah apik.

Penasaran pastinya apa saja kebolehan yang dimiliki oleh HP 2 jutaan ini? Yuk langsung saja simak hasil pengujian yang telah kami lakukan dan sudah kami rangkum dalam review Oppo A54.

Desain Oppo A54

Review Oppo A54

Oppo A54 merupakan ponsel dengan desain warna yang ceria dan eye-catching. Balutan warna Starry Blue yag tampil glossy tampak begitu menarik perhatian.

Kelebihan lain dari desainnya, Oppo menggunakan desain yang mereka sebut sebagai 3D Delicate Design. Penerapan desain ini membuat sisi kanan dan kiri melengkung sehingga terasa pas dengan kontur tangan.

{Baca Juga: Ragam Keunggulan dari Oppo A54, Ada Rating IPX4!}

Bingkai bagian tengah juga lebih ditipiskan 0,2mm, sehingga bingkainya terlihat menyatu dalam bodi 3D. Desain tersebut membuat bodinya terlihat lebih tipis dan ringkas, membuat HP 2 jutaan ini nyaman digunakan hanya dengan satu tangan.

Akan tetapi, bodi plastik atau glastic dengan balutan warna glossy membuat permukaannya terasa sedikit licin dan rentan meninggalkan noda sidik jari.

Review Oppo A54

Untungnya Oppo menyertakan casing tambahan dalam paket penjualan yang penggunaannya sangat kami rekomendasikan. Tapi kembali lagi ke selera Anda sebagai pengguna.

Berbeda dengan smartphone kebanyakan, Oppo lebih memilih untuk memisahkan tombol power dan volume. Untuk tombol power berada di sisi kanan, sedangkan tombol volumenya ditanamkan di sisi kiri.

{Baca Juga: 10 HP Oppo Terbaru Juni 2021, Ada yang Sudah Bisa 5G}

Oh iya, pada bagian tombol power ini juga sudah terintegrasi dengan fitur pemindai sidik jari. Saat kami coba, fitur fingerprint scanner cukup responsif dan bisa membuka kunci layar dengan cepat.

Salah satu faktor desain yang membuat Oppo A54 makin menarik adalah, adanya sertifikasi IPX4. Ini menjadi jaminan bahwa Oppo A54 “kebal” terhadap debu dan percikan air. Jadi Anda tidak perlu khawatir menggunakan smartphone ini di luar ruangan.

Layar

Review Oppo A54

Beralih ke bagian layar, Oppo A54 mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 6,5 inci. Desain layarnya sudah kekinian dengan adanya lubang kamera di sudut kiri atasnya.

Hanya saja, layar berukuran besar dengan resolusi HD+ seakan tak seimbang. Padahal, ponsel lain di kelasnya sudah berani menyematkan layar dengan resolusi Full HD+ yang menyuguhkan kualitas visual lebih baik.

Sebenarnya, urusan pengalaman visual bagaimana selera. Walau resolusinya masih HD+, warna dan kontras yang ditampilkan cukup baik, bahkan ketika bermain game atau menonton film.

Review Oppo A54

Sebagai ganti dari kekurangan tersebut, Oppo memberikan kelebihan melalui berbagai fitur berbasis kecerdasan buatan atau AI yang disematkan ke bagian layar.

{Baca Juga: Cara Menampilkan Indikator Kecepatan Internet di Oppo A54}

Mulai dari AI Smart Backlight yang dapat mengatur kecerahan layar sesuai kondisi cahaya sekitar, AI Smart Sunlight Screen untuk mencerahkan layar di bawah paparan sinar matahari, dan Moonlight Screen yang otomatis meredupkan layar ketika berada di ruangan yang gelap atau minim cahaya.

Dengan dukungan fitur ini, kami merasa cukup terbantu karena tidak perlu repot-repot mengatur slider brightness. 

Spesifikasi Oppo A54 dan Performanya

Review Oppo A54

Review Oppo A54 masuk ke bagian spesifikasi dan performa. Oppo A54 dimotori chipset MediaTek Helio P35. Chipset dengan fabrikasi 12nm ini memiliki kecepatan maksimal 2,35 GHz.

Unit Oppo A54 yang kami review memiliki RAM LPDDR4X 4 GB dan memori internal 128 GB yang dapat diperluas menggunakan microSD hingga 256 GB.

Guna mengetahui gambaran performanya, seperti biasa kami akan melakukan pengujian dengan menggunakan sejumlah aplikasi benchmark.

Tiga aplikasi benchmark kami jadikan acuan, yaitu AnTuTu Benchmark, 3DMark dan juga PCMark. Berikut hasil data pengujian yang kami peroleh.

AnTuTu Benchmark

Pengujian AnTuTu Benchmark dilakukan untuk memperoleh data terkait kemampuan ponsel dalam bentuk angka secara keseluruhan. Mulai dari CPU, GPU, AI, dan lain sebagainya.

Pada review Oppo A54 yang kami lakukan, AnTuTu Benchmark mengganjar ponsel 2 jutaan ini dengan skor sebesar 118.105 poin.

Angka yang ditampilkan terasa cukup rendah. Apalagi, kalau dibandingkan dengan ponsel pintar di rentang harga Rp 2 jutaan yang sudah menggunakan Snapdragon 678. Namun perolehan angka ini bukanlah faktor utama, karena user experience tetap memegang peranan penting.

3DMark

Beralih ke 3DMark. Aplikasi uji performa ini biasanya digunakan untuk menilai kemampuan grafis atau GPU pada sebuah smartphone. Dua mode pengujian kami gunakan, yakni Sling Shot dan Sling Shot Extreme.

Pada pengujian Sling Shot berhasil meraih skor 758. Menurut 3DMark, hasil ini 25% lebih baik dari semua perangkat yang pernah diuji di aplikasi tersebut. Sementara pada Sling Shot Extreme meraih skor sebesar 396 poin.

PCMark

Untuk urusan performa dan penggunaan sehari-hari, ponsel ini sejujurnya menawarkan kinerja biasa saja alias rata-rata. Tidak terlalu lambat, tapi juga tidak terlalu cepat.

Pengalaman yang kami rasakan juga sejalan melalui pengujian yang kami lakukan dengan aplikasi PC Mark. Smartphone ini meraih skor sebesar 4.374 poin saja.

Gaming

Tentunya kami tidak ketinggalan menjajal kemampuan Oppo A54 untuk gaming selama melakukan review. Pada pengujian ini kami memainkan PUBG Mobile yang masuk ke dalam game online terbaik yang menyuguhkan kualitas grafis tinggi.

HP Oppo terbaru ini mendapatkan pengaturan grafis maksimal di Balanced dengan frame rate Medium. Jalannya gameplay sendiri agak kurang memuaskan buat kami. Dikarenakan sering kali terjadi penurunan performa saat berada di tengah permainan dan membuat gameplay tersendat.

{Baca Juga: Main Game di Oppo A54 Makin Asyik dengan Fitur Game Space}

Kesimpulan dari kami, smartphone ini tetap bisa diandalkan untuk bermain game. Hanya saja yang lebih cocok untuk pengguna gaming yang kasual, bukan yang mengarah ke segi kompetitif.

Baterai

Kalau soal performa mungkin biasa saja, namun untuk baterai, Oppo A54 baru jagonya. Smartphone terbaru Oppo ini bikin kami pegal menguji baterainya yang bertahan hampir seharian penuh.

Sektor baterai merupakan keunggulan lebih yang dimiliki oleh Oppo A54. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh dan fast charging 18W.

Besarnya kapasitas baterai ini berbanding lurus dengan daya tahan yang ditawarkannya. Memanfaatkan tes baterai dari aplikasi PCMark, smartphone ini sukses meraih screen on time selama 21 jam 29 menit, nyaris 24 jam!

Tentu ini menjadi jaminan smartphone akan siap digunakan selama seharian penuh atau bahkan lebih hanya dengan sekali pengisian daya.

Berbekal fast charging dengan daya 18W, pengisian baterainya juga tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Cukup kurang dari 2 jam saja, baterai 5.000 mAh dari ponsel ini sudah penuh dan siap dipakai seharian.

{Baca juga: Review Oppo Reno5 F: Desain Beda, Fitur Gaming Lebih Baik}

Kamera

Review Oppo A54

Review Oppo A54 beralih ke bagian kamera. Sekilas, terlihat ada empat kamera di bagian belakang. Nyatanya tidak demikian. Hanya tiga kamera dan satu lingkaran bertuliskan AI.

Tiga kamera belakang tadi diisi oleh kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera bokeh 2 MP. Jika dicermati, lensa ultra wide absen di smartphone ini.

Absennya lensa ultra wide ini sedikit disayangkan. Sebab, kami sebagai pengguna tidak akan bisa mengambil foto dengan sudut pandang yang lebih luas.

Terkait kualitas foto yang dihasilkan, bisa dibilang tak ada yang spesial. Lagi-lagi berada di kisaran rata-rata. Meski demikian, untuk sekadar upload ke sosial media masih tetap layak.

Terlebih, ada fitur berbasis AI yang bisa “memoles” hasil foto agar terlihat lebih ciamik lagi. Untuk mode lain seperti makro atau portrait kami cukup puas karena kamera ponsel bisa mengabadikannya dengan baik.

{Baca Juga: Perbandingan Oppo A74 dan Oppo A54: Mending Mana?}

Oppo juga menyematkan fitur Night Mode yang berguna untuk mengabadikan momen di malam hari. Untuk hasilnya, menurut kami detail objek agak menurun, walaupun pemandangan keseluruhan jadi terlihat lebih cerah.

Buat yang suka selfie, Oppo A54 bisa mengakomodir kebutuhan ini dengan sangat baik. Kamera depan 16MP bisa menghasilkan foto yang lumayan oke. Ditambah lagi adanya AI Beauty yang bisa memberikan sentuhan tampak terlihat natural.

Berikut ini sejumlah hasil foto yang kami abadikan dengan menggunakan kamera Oppo A54:

IMG20210604154713
Hasil Foto Outdoor

IMG20210604154538
Hasil Foto Outdoor

IMG20210529202118
Hasil Foto Indoor

IMG20210604102709
Hasil Foto Indoor

IMG20210604103329
Hasil Foto Makro

IMG20210529201233
Hasil Foto Night Mode

IMG20210605131206
Hasil Foto Selfie

Kesimpulan

Review Oppo A54

Review Oppo A54 kami tutup di kesimpulan. Tiga hal yang kami suka dari smartphone ini selama mengulasnya, yakni desain eye-catching, baterai jumbo dengan daya tahan terbaik, serta kamera selfie yang menyuguhkan kualitas foto natural.

Desain keren dan warna yang menarik memang sering diunggulkan oleh pabrikan ponsel asal China, tak terkecuali Oppo.

Seri Oppo A74 pun menjadi salah satu bukti, kalau ponsel kelas menengah juga bisa dikemas dengan desain keren dan warna eye-catching. Apalagi, dengan adanya rating IPX4 yang membuatnya bisa tahan debu dan percikan air.

Sayang, kami rasa Oppo A54 tidak memberikan performa cukup tinggi sesuai ekspektasi kami. Kinerjanya terasa pas-pasan. Tidak lemot, namun tidak kencang juga untuk sebuah ponsel kelas menengah.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo A54 di Indonesia}

Untungnya, kapasitas baterai besar dan teknologi fast charging yang ditawarkannya sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir berbagai aktivitas digital sampai seharian penuh.

Dengan banderol harga Rp 2 jutaan, jelas Anda tidak akan bisa mendapatkan smartphone yang superior di semua lini. Anda hanya tinggal menyesuaikan kebutuhan dan juga dana yang Anda miliki.

Apabila Anda butuh ponsel dengan baterai tahan lama yang dikemas dengan desain kekinian, Oppo A54 bisa masuk ke daftar pilihan utama Anda. (MF)

Kelebihan Oppo A54

  • Bodi Tipis
  • Desain Menarik
  • Layar besar
  • Sertifikasi IPX4
  • Baterai tahan lama
  • Fast charging 18W
  • Kamera selfie suguhkan hasil natural

Kekurangan Oppo A54

  • Resolusi layar masih HD+
  • Performa terasa kurang
  • Tidak ada kamera ultra wide

TELSET RATING: 7,5/10

SPESIFIKASI OPPO A54
Rilis Maret 2021
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 10, ColorOS 7.2
Chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPU Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPU PowerVR GE8320
RAM 4 GB
Memori 128 GB
Dimensi 164 x 75.4 x 7.9 mm (6.46 x 2.97 x 0.31 in), 177 g
Layar 6.51 inches, HD+, refresh rate 60Hz
Kamera Utama 13 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
Kamera Depan 16 MP (wide)
Beterai Li-Po 5.000 mAh, fast charge 18W
Warna Crystal Black dan Starry Blue
Harga Rp 2.699.000

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -