Review Lenovo Yoga Duet 7i: Laptop Ringkas, Kinerja ‘Ngegas’

Review Lenovo Yoga Duet 7i
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id – Sudah semakin banyak vendor yang merilis laptop dengan bodi ringan dan desainnya yang ringkas. Salah satu laptop terbaru dengan konsep desain seperti itu adalah Lenovo Yoga Duet 7i, yang telah kami gunakan untuk kebutuhan review selama beberapa minggu.

Lenovo Yoga Duet 7i termasuk ke segmen laptop premium dan portabel. Laptop terbaru Lenovo ini dirancang untuk pengguna yang menginginkan perangkat ringkas yang enak dibawa kemana-mana, performa mumpuni, dan memudahkan mereka untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk merancang sebuah ide kreatif.

Di Indonesia, Lenovo Yoga Duet 7i sudah dijual resmi dengan harga mulai Rp 15,9 jutaan untuk model Intel Core i5 dan Rp 18,9 jutaan untuk varian menggunakan Intel Core i7.

Dalam melakukan review, kami sendiri menggunakan Lenovo Yoga Duet 7i dengan varian prosesor tertinggi. Untuk lebih jelas mengetahui informasi seputar desain, spesifikasi, serta performa dari laptop ini, sebaiknya simak terus ulasan lengkap dari kami berikut ini!

{Baca juga: Cara Mudah Install Ulang Laptop dengan CD atau Flashdisk}

Desain

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Ketika melihat pertama kali Lenovo Yoga Duet 7i, kami langsung teringat dengan laptop Microsoft Surface Pro. Pantas saja, rupanya memang banyak pihak yang menggadang laptop ini sebagai perangkat alternatif dari Microsoft Surface Pro.

Menurut kami, laptop 2-in-1 ini dibuat dengan sangat baik. Desainnya ringkas menyerupai tablet, namun sudah dibekali dengan kaki penyangga terintegrasi yang terbuat dari bahan logam.

Stand ini bisa diatur sesuka hati, untuk menyesuaikan kenyamanan ketika menggunakannya. Laptop ini akan terasa semakin premium ketika dipasangkan dengan keyboard bertekstur kain yang bisa dihubungkan melalui port magnetik bawaan.

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Perangkat ini hadir dengan mengusung layar yang luas berukuran 13 inci dengan bezel yang tipis, serta bodi cukup tipis dan juga ringan. Bobotnya tanpa keyboard hanya 800 gram saja, namun jika menggunakan keyboard beratnya bisa mencapai 1,15 kilogram.

Bak sebuah tablet Android, Lenovo Yoga Duet 7i mempunyai kamera depan dan belakang dengan sensor masing-masing 5MP. Kamera ini sangat berguna apabila Anda menggunakannya untuk video conference, seperti Zoom, Skype, Google Meet, dan lainnya.

Namun kami tidak menyarankan kepada Anda untuk menggunakannya sebagai alat scanner dokumen ataupun fotografi. Sebab, hasilnya tentu akan mengecewakan Anda.

Kamera ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuka kunci menggunakan Windows Hello. Didukung sensor infrared, kamera bisa mengenali wajah pengguna meski cahaya lingkungan sekitar terbilang kurang.

Membahas fitur desain lainnya, ada lubang ventilasi udara berukuran besar, speaker stereo, satu port USB-C, dua port USB-C 3.1 Gen 1, slot microSD, dan jack audio 3,5mm.

{Baca juga: 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Laptop, Biar Awet!}

Cover Keyboard

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Di pembahasan desain, kami menyebut soal keyboard yang bisa dipasangkan ke Lenovo Yoga Duet 7i. Keyboard ini sudah termasuk dalam paket pembelian, jadi Anda tidak usah membeli lagi keyboard eksternal untuk dipasangkan ke laptop 2-in-1 terbaru dari Lenovo ini.

Keyboard dapat dihubungkan menggunakan konektor magnetik yang terletak di bagian bawah layar. Keyboard tersebut mempunyai touchpad berukuran cukup kecil yang bisa berfungsi dengan baik, punya tingkat presisi yang baik, serta gerakan multi-touch.

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Selama menggunakannya sebagai laptop sehari-hari, keyboard ini sangat nyaman untuk digunakan. Meski terbuat dari plastik, namun tombol keyboard cukup clicky dan bikin nyaman saat memakainya untuk mengetik pekerjaan.

Menariknya, cover keyboard tersebut juga sudah disematkan Bluetooth dan baterai ekstra di dalamnya. Itu artinya, pengguna dapat memakainya sebagai keyboard Bluetooth yang terpisah dari perangkat.

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Selain berguna sebagai alat input, keyboard ini juga bermanfaat untuk melindungi laptop. Pasalnya, Lenovo memberikan bahan kain tebal di bagian bawah keyboard yang juga memberikan kesan elegan ketika dipasangkan pada Yoga Duet 7i.

{Baca juga: Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Permanen di PC atau Laptop}

Layar

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Lenovo Yoga Duet 7i mengusung layar berjenis IPS berukuran 13 inci. Resolusinya mencapai 2.160 x 1.350 piksel yang jernih dan juga detail.

Layar tersebut punya sudut pandang yang lebar dan memiliki intensitas cahaya yang cerah. Ukurannya pun terbilang pas ketika digunakan untuk menonton film, mengedit foto, dan hal-hal bersifat visual lainnya.

Layar ini pun mendukung stylus Lenovo E-Pen yang juga sudah termasuk dalam paket penjualan. Lenovo E-Pen punya dua tombol yang dapat disesuaikan sebagai tombol shortcut melalui menu pengaturan.

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Stylus ini terbuat dari bahan serupa metal dan juga sensitif terhadap tekanan. Sensitivitas ini sangat berguna bagi para kreator konten yang gemar menggambar. Mereka dapat membuat garis lebih tebal dengan menekan stylus lebih keras, maupun sebaliknya.

Sayangnya, stylus ini tergolong cukup besar menurut kami. Dan lagi, Lenovo tidak menyediakan slot khusus pada bodi Yoga Duet 7i untuk menyimpan Lenovo E-Pen, sehingga sangat rentan hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Spesifikasi dan Performa

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Masuk ke sajian utama dalam review Lenovo Yoga Duet 7i, yakni spesifikasi dan performa. Perangkat yang kami uji ini sudah ditenagai oleh prosesor Intel Core i7-10510U (1.8 GHz, Up to 4.9 GHz) yang dipadukan dengan GPU terintegrasi Intel UHD Graphics.

Prosesor ini dikombinasikan juga dengan RAM 16 GB DDR4-2666 MHz, dan memori penyimpanan berjenis SSD NVMe 512 GB. Dengan spesifikasi tersebut, Lenovo Yoga Duet 7i menyuguhkan performa yang cepat untuk penggunaan sehari-hari.

Spesifikasi Lenovo Yoga Duet 7i

Selama menggunakannya untuk kebutuhan review, Lenovo Yoga Duet 7i pun memang dipakai untuk bekerja, mengedit foto, menonton film via Netflix, sampai bermain game online. Semuanya dapat dijalani dengan sangat lancar dan tanpa lag.

{Baca juga: 10 Laptop 5 Jutaan Terbaik 2021, Bisa Buat Gaming!}

Lantas, bagaimana dengan performanya berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi benchmark? Lenovo Yoga Duet 7i memperoleh hasil yang cenderung biasa saja. Jelek tidak, bagus juga tidak.

Dari pengujian menggunakan aplikasi 3DMark, Lenovo Yoga Duet 7i meraih skor 323 poin saja pada tes Time Spy. Sementara untuk tiga tes lainya, Sky Diver, Night Raid, dan Wild Life, skornya masing-masing adalah 3.159 poin, 3.810 poin, dan 1.929 poin.

{Baca juga: Penyebab Laptop Tak Bisa Main Game dan Cara Mengatasinya}

Masih dari 3DMark, Yoga Duet 7i dinilai belum mampu memainkan game AAA. Pasalnya, laptop ini hanya sanggup menjalankannya dengan kualitas grafis di bawah 20 FPS saja.

Sedangkan pengujian menggunakan PCMark 10, laptop 2-in-1 dari Lenovo ini membukukan skor 3.553 poin. Untuk pengujian Cinebench R15, skor benchmark yang dicapai adlaah 34.79 FPS (OpenGL) dan 360 cb (CPU).

Meski demikian, kami sangat mengapresiasi kinerja memori SSD pada perangkat ini. Berkat memori penyimpanan bertipe SSD NVMe, proses booting laptop sangat cepat. Begitu juga dengan write dan read speed berdasarkan aplikasi CrystalDiskMark yang tergolong cepat.

Membahas soal daya tahan baterai, selama kami menggunakan untuk aktivitas harian, Lenovo Yoga Duet 7i bisa bertahan 9 sampai 10 jam. Aktivitas harian yang kami maksud adalah mengakses Google Docs, membuka tab browser di Microsoft Edge, sampai mendengarkan musik via Spotify.

Kesimpulan

Review Lenovo Yoga Duet 7i

Bagi Anda yang memang sedang mencari laptop dengan desain ringkas, ringan, mudah dibawa kemana-mana, dan pastinya memiliki performa cukup baik untuk menunjang kegiatan sehari-hari, Lenovo Yoga Duet 7i bisa jadi salah satu pilihan utama.

Laptop ini punya layar 13 inci dengan kualitas yang bagus. Desainnya pun premium dan elegan berkat cover keyboard-nya yang ciamik. Begitu juga dengan ketersediaan stylus Lenovo E-Pen yang membantu para kreator konten untuk menciptakan desain ataupun gambar terbaik mereka.

Jangan lupakan tentang performanya. Prosesor Intel Core i7 menyuguhkan kinerja yang cukup baik untuk mendukung pekerjaan maupun hiburan. So, laptop ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik bagi Anda yang memang mencari laptop bertenaga, desain premium, dan bodi yang ringkas nan ringan. (MF)

Kelebihan

+ Desain premium

Ringkas dan ringan

Bisa digunakan dalam mode tablet

Layar berkualitas tinggi

Dilengkapi kamera depan dan belakang

+ Memiliki cover keyboard dan stylus Lenovo E-Pen dalam paket pembelian

+ Cover keyboard berdesain elegan

+ Keyboard clicky

+ Stylush Lenovo E-Pen punya sensitivitas yang bagus

+ Performa mumpuni untuk kegiatan sehari-hari

Baterai awet

Kekurangan

Sulit digunakan pada alas atau bidang yang kurang datar

Main game kurang nyaman

TELSET RATING: 8.5/10

Spesifikasi  Lenovo Yoga Duet 7i
Prosesor Intel Core i7-10510U (1.8 Ghz, Up to 4.9 Ghz)
RAM 16GB DDR4-2666MHz
Memori Internal  512GB SSD NVMe
Layar 13 inci, WQHD, 2160 x 1350 piksel
GPU Intel UHD Graphics
Bobot 1,1 Kg (dengan keyboard)
Harga Rp 18.999.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here