telset

Tips Laptop Awet! 10 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada Laptop

Telset.id – Kita sering menghadapi masalah laptop berat dan lemot. Penyebabnya bermacam-macam. Kami akan memberikan beberapa tips laptop awet, agar Anda tahu hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop Anda.

Saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan primer yang wajib untuk dimiliki. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari bekerja, sekolah online, mengerjakan tugas kuliah atau sekolah, main game, bikin konten kreatif, dan lain sebagainya.

Dengan pemakaian yang intens dan relatif lama, maka masalah pada laptop seringkali bermunculan. Mulai dari berat dan lemot kinerjanya, nge-hang, baterai cepat habis, dan lain sebagainya.

Terkait dengan hal ini, ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi. Pertama karena adanya kesalahan teknis yang masih dalam garansi produk.

Kedua, karena adanya kesalahan dalam penggunaan. Lalu, bagaimana cara agar laptop tidak berat dan lemot?

Baca juga: Cara Mudah Aktivasi Windows 10 Permanen di PC atau Laptop

Berikut ini tim Telset akan membagikan 10 tips laptop awet, yang akan memberitahu Anda hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop. So, simak terus selengkapnya!

1. Hindari Penggunaan Laptop Terlalu Lama

tips laptop awet
Foto: PEXELS/FOR PHILLYVOICE

Tips laptop awet yang pertama adalah soal “waktu istirahat”. Bukan cuma manusia saja, laptop juga butuh waktu istirahat lho. Laptop adalah benda elektronik yang bisa saja mengalami kerusakan. Saat Anda menggunakan laptop lebih dari 3 jam, sebaiknya Anda memberikan waktu jeda kepada laptop buat istirahat sekitar 30 menit.

Hal itu dilakukan agar laptop tidak mengalami overheat dan beban kerja yang berlebihan. Apabila komputer jinjing Anda mengalami suhu panas berlebih, tentu akan mengurangi daya tahannya. Kami sarankan juga menggunakan mesin pendingin eksternal atau coolpad terbaik yang bisa Anda temukan di toko online.

2. Jangan Membuat Partisi

tips laptop awet
Foto: Reshareit

Pengguna Windows biasanya mengenal apa itu partisi hardisk. Pada artikel sebelumnya kami juga sudah pernah memberikan tips cara partisi hardisk di Windows. Bahkan kini pengguna sudah bisa melakukan partisi tanpa harus melakukan install ulang Windows.

Biasanya hal ini dilakukan para pengguna yang ingin mengamankan file-file penting di kompartemen disk yang berbeda. Cara ini memang baik, apalagi jika Anda ingin mengamankan data penting dari serangan virus. Harapannya sederhana, jika ada serangan virus, maka yang terlebih dahulu diserang adalah programnya.

Namun, terkadang partisi juga justru menyebabkan masalah baru, seperti Windows Corrupt yang membuat program komputer rusak dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Baca juga: 6 Penyebab Laptop Tidak Bisa Terhubung Wifi dan Cara Mengatasinya

3. Jangan Meletakkan Barang Berat di Atas Laptop

tips laptop awet
Foto: Stage2Data

Meletakkan barang-barang berat di atas laptop adalah hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop berikutnya. Kebiasaan ini sering dianggap sepele oleh kita sebagai pengguna. Padahal akibatnya bisa fatal, seperti mengakibatkan kerusakan pada layar dan komponen lainnya.

Jangan pernah menaruh tumpukan buku, dan barang-barang lainnya di atas laptop karena bisa menyebabkan masalah layar yang sangat mengganggu. Seperti layar pecah atau retak, ada noda hitam akibat tekanan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Cara Membersihkan RAM Laptop yang Penuh

4. Jangan Letakkan Laptop di Atas Kasur

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan
Foto: Twenty20/@Lesia.Skywalker

Tips laptop awet berikutnya terlihat sepele, dan sering dilakukan oleh pengguna laptop. Kita terkadang sering meletakkan laptop di atas kain atas kasur agar dapat bekerja sambil rebahan.

Namun, hal ini bisa menyebabkan saluran ventilasi laptop yang terletak di bagian bawah tertutup sehingga suhu perangkat semakin panas, dan bisa menyebabkan laptop berat dan lemot

Ada baiknya menggunakan laptop di alas keras, seperti meja. Tujuannya, agar sirkulasi udara lebih terjaga dan membuat masa pakai laptop lebih panjang.

Baca juga: Cara Kembalikan Data yang Terhapus di PC atau Laptop

5. Hindari Penumpukkan Debu di Keyboard

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada laptop
Foto: Computer Troubleshooters

Menjaga kebersihan laptop, terutama keyboard juga sangat penting. Jangan sampai debu menumpuk dan masuk ke tuts keyboard yang mengakibatkan tombol tidak dapat berfungsi dengan baik.

Malah kalau kejadian ini dibiarkan begitu saja, debu akan masuk ke dalam laptop dan terjadi penumpukan di sana. Otomatis, laptop akan cepat overheat karena sirkulasi udara yang tidak optimal akibat debu, sehingga menyebabkan laptop berat dan lemot.

Anda bisa membersihkan debu dengan kuas halus ataupun vacuum cleaner berukuran kecil yang bisa menyedot kotoran secara optimal.

Baca Juga: Cara Kalibrasi Baterai Laptop

6. Hindari Baterai Sampai 0%

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada laptop

Sama halnya seperti smartphone, baterai laptop masa kini bisa diisi dayanya jika sudah di bawah 20%. Jika sering membiarkan baterai laptop benar-benar habis sampai 0%, usia baterai diperkirakan tak akan bertahan lebih lama.

Laptop zaman sekarang juga sudah canggih. Apabila Anda lupa melepaskan kabel, biasanya laptop ada teknologi bernama auto cut off, yang akan menghentikan proses charging secara otomatis. Ada baiknya Anda tahu penyebab charger laptop rusak dan bagaimana cara mencegahnya.

Baca juga: 7 Tips Melindungi Data Pribadi di Smartphone dan Laptop

7. Jangan Pernah Melepas Baterai

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan pada laptop
Foto: Store HP

Hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop berikutnya adalah melepas baterai. Kerap terjadi orang-orang melepas baterai laptop dan hanya mengandalkan charger saja sebagai satu-satunya sumber daya.

Namun ini sangat tidak disarankan. Apabila rumah Anda mendadak mati listrik, maka hal tersebut berisiko membuat data hilang sampai mengakibatkan hardisk Anda terkena badsector.

8. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

berat dan lemot
Foto: BuzzFeed

Tips laptop awat berikut ini juga kelihatannya sepele, tapi fatal akibatnya jika tidak diperhatikan. Hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop yang selanjutnya adalah makan dan minum di dekat laptop. Hindarilah kegiatan ini saat bekerja atau main game di laptop.

Bisa saja, cairan dan makanan tidak sengaja tumpah dan mengenai keyboard dan masuk ke dalam komponen. Ingat, tidak semua laptop terbaru memiliki sertifikasi tahan air ataupun debu, kecuali untuk kepentingan militer atau instansi tertentu.

Baca juga: Cara Mudah Cek Kondisi Kesehatan Baterai Pada Laptop

9. Jauhi Software Bajakan

berat dan lemot
Foto: iPleaders Blog

Software bajakan biasanya disematkan program pihak ketiga atau crack yang berpotensi membawa malware atau virus. Sebab, crack tidak bisa berjalan apabila antivirus komputer menyala.

Apabila Anda malah mematikan antivirus demi software bajakan, tentu saja membuat laptop Anda dalam posisi yang rentan akan serangan malware maupun virus.

Selain berbahaya bagi data-data penting Anda, menghindari software bajakan juga berarti mendukung developer untuk terus mengembangkan aplikasi mereka.

Baca juga: 10 Cara Mempercepat Kinerja PC dan Laptop Windows 10

10. Jangan Paksa Jalankan Aplikasi atau Game Berat

berat dan lemot
Foto: PCMag

Apabila Anda mempunyai laptop dengan “spek kentang” alias pas-pasan, jangan pernah coba-coba memasang dan menjalankan aplikasi atau game yang berat.

Aplikasi maupun game yang ada saat ini sudah memiliki spesifikasi minimum yang harus dipenuhi. Jika Anda memaksakannya, itu akan membuat beban kerja laptop semakin berat dan membuatnya lebih cepat panas.

Kami sarankan untuk main game PC ringan dengan grafis terbaik yang sudah banyak beredar di internet.

Nah, itu dia 10 hal yang tidak boleh Anda lakukan pada laptop agar masa pakainya jauh lebih awet. Jadi mulai sekarang, hindari hal-hal tersebut agar komputer jinjing Anda bisa digunakan lebih lama lagi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, sob! (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0