Penyebab Laptop Tak Bisa Main Game dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Penyebab Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Telset.id – Ketika laptop tidak bisa dipakai main game, pasti Anda kesal bukan kepalang. Maklum saja, main game merupakan salah satu “kebutuhan penting” setelah Anda menghadapi pekerjaan atau tugas-tugas sekolah dan juga perkuliahan.

Laptop merupakan salah satu perangkat yang bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk bermain game demi “menyegarkan pikiran”.

Saat ini, ada banyak game yang bisa dimainkan di laptop. Mulai dari emulator konsol, game ringan seperti Age of Empires dan Game House, sampai game berat seperti Call of Duty maupun GTA V.

Akan tetapi, ada kalanya komputer jinjing yang Anda gunakan tak bisa dipakai main game seperti layaknya sebuah laptop gaming. Apa penyebabnya?

Berikut ini tim Telset akan membeberkan penyebab mengapa laptop tidak bisa dipakai main game, termasuk dengan cara mengatasi hal tersebut.

{Baca juga: Begini Cara Main Game Xbox One di Windows 10}

Penyebab Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Setidaknya, ada 4 penyebab kenapa laptop tidak bisa main game. Mulai dari faktor spesifikasi, koneksi internet, sampai terkait dengan game original. Berikut penjelasannya:

1. Spesifikasi Tidak Memadai

Penyebab Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Penyebab pertama yang mungkin saja membuat Anda tidak bisa memainkan game di laptop adalah spesifikasi yang tidak memadai.

Contoh kasus, Anda ingin main game berat seperti GTA V ataupun FIFA 2020. Namun spesifikasi laptop hanya prosesor Intel i5 generasi lawas dengan GPU diskrit Nvidia GT920M, RAM 4 GB, dan memori penyimpanan berjenis HDD 500 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Anda tidak bisa memainkan game yang terhitung berat tersebut. Jikapun bisa, mungkin kualitas game akan diturunkan menjadi low dan permainan tidak akan berjalan dengan baik.

2. Tak Sanggup Beli Game Original

Penyebab Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Kalau penyebab ini, mungkin berasal dari eksternal. Yup! Salah satu penyebab mengapa laptop Anda tidak bisa dipakai main game, karena permainan yang diinginkan dibanderol dengan harga yang mahal.

Saat ini memang banyak cara install game bajakan. Tapi, cara tersebut adalah ilegal dan bisa saja mengandung virus atau malware yang berbahaya.

Selain itu, kita pun harus tetap menghargai para developer yang sudah berusaha keras mengembangkan game.

Sayangnya, ketika ingin membeli game yang diinginkan di Steam misalnya, harga dari permainan tersebut masih terlampau mahal. Hal itu tentu membuat kita “berpikir dua kali” sebelum membeli game tersebut.

{Baca juga: Steam: Ini 10 ISP Indonesia yang Internetnya Paling Ngebut}

3. Koneksi Internet Lemot

Penyebab Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Hal ini berlaku ketika Anda ingin bermain game online. Koneksi internet yang baik adalah satu syarat yang harus dipenuhi sebelum main game online.

Kalau koneksi lemot apalagi LOS atau mati total, sudah dipastikan Anda tidak bisa main game online apapun di laptop kesayangan Anda.

4. Laptop Rusak

Penyebab Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Terakhir yang pastinya membuat laptop tak bisa mainkan game adalah karena komputer tersebut telah rusak.

Ada berbagai penyebabnya, seperti tersiram air, terbanting atau terjatuh, dan berbagai sebab lain yang mungkin tidak ingin Anda alami.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa digunakan untuk main game favorit? Tenang saja, karena tim Telset akan memberikan 7 cara untuk menangani masalah ini.

Tapi sebelum itu, ada satu hal yang harus kita ketahui. Tidak semua laptop cocok untuk dipakai main game terutama berukuran besar dan berat.

Sebab, masing-masing perangkat memiliki fungsi yang berbeda-beda jika dilihat dari spesifikasi utamanya. Jika Anda ingin main game apapun tanpa kendala, maka cari laptop gaming terbaik dengan spesifikasi gahar.

Nah, berikut ini 7 cara mengatasi laptop tidak bisa dipakai main game. Yuk simak!

1. Tutup Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Cara pertama untuk mengatasi laptop ngelag yang tidak bisa digunakan untuk main game adalah dengan menutup aplikasi aktif atau background yang tak penting dan mengganggu performa laptop.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Anda bisa melihat aplikasi tersebut dengan cara klik kanan di taskbar dan klik Task Manager. Klik kanan pada aplikasi yang tidak begitu penting, dan tekan tombol End Task.

2. Atur Grafis Game

Sama halnya seperti game mobile terbaik di Android, Anda pun bisa mengatur grafis dasar dari game yang ingin dimainkan. Beberapa pengaturan yang bisa disesuaikan seperti FPS, grafis, resolusi, windowed mode, dan lainnya.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game
Salah satu contoh mengatur grafis di game Seal Online Blade of Destiny

Seluruh pengaturan tersebut bisa Anda kelola untuk mendapatkan hasil performa terbaik. Kami sarankan, apabila ada mode grafis, gunakan saja pengaturan low atau medium jika laptop Anda cukup kuat.

3. Batasi Waktu Penggunaan

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Laptop
Foto: Insider

Laptop juga butuh waktu istirahat. Terkadang, ketika Anda terlalu lama menggunakannya, performa laptop akan menurun dan cenderung ngelag.

Ketika Anda menggunakan laptop untuk main game, ada baiknya memberikan waktu jeda kepada laptop sekitar 30 menit. Hal itu dilakukan agar laptop tidak mengalami overheat dan beban kerja yang berlebihan.

Anda juga bisa melihat artikel soal 10 hal yang tidak boleh dilakukan pada laptop.

4. Gunakan Game Booster

Cara rekam gameplay game PC Windows 10
Foto: Kim Komando

Seperti HP Gaming di Android, laptop Anda pun bisa dipasangkan dengan aplikasi game booster. Aplikasi ini berguna untuk mempercepat performa gaming dengan menutup berbagai aplikasi background yang tidak perlu secara otomatis.

Aplikasi semacam ini pun biasanya memberikan berbagai opsi pengaturan dan tuning sistem otomatis. Beberapa aplikasi game booster yang bisa Anda coba antara lain, Game Mode bawaan Windows 10, Nvidia GeForce Experience, AMD OverDrive, Game Fire 6, Wise Game Booster, dan lainnya.

{Baca juga: 10 Laptop 5 Jutaan Terbaik 2021, Bisa Buat Gaming!}

5. Mematikan Antivirus

Antivirus Ringan untuk PC

Langkah ini bisa Anda coba ataupun tidak. Jika ingin mencobanya, do with your own risk alias coba dengan resiko ditanggung sendiri ya!

Antivirus biasanya juga memperlambat performa laptop Anda. Sebab, sumber daya sistem akan dialokasikan ke program antivirus yang berjalan di background.

Oleh karenanya, mematikan antivirus bisa menjadi salah satu solusi yang bisa saja Anda coba. Namun, dengan mematikan aplikasi keamanan, tentu laptop Anda akan berada di posisi yang rentan akan virus atau malware.

6. Update Sistem atau Driver

Anda pun jangan sampai lupa untuk memperbarui sistem operasi ataupun driver dari hardware di laptop.

Sebab, pembaruan biasanya membawa peningkatan kinerja laptop dan berfungsi juga agar OS tetap dapat berinteraksi secara sempurna dengan hardware terkait.

Caranya gampang banget. Untuk OS, buka saja SettingsUpdate & Security. Kemudian masuk ke Windows Update.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Sementara untuk update driver, cari Device Manager melalui bar pencarian di samping logo Windows. Klik kanan pada hardware atau sistem terkait, dan tekan Update Driver.

7. Service Laptop

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dipakai Main Game

Apabila laptop Anda mengalami kerusakan pada hardware sehingga tidak bisa dipakai untuk main game, sebaiknya bawa ke tempat service laptop terdekat yang terpercaya.

Ada beberapa masalah yang bisa saja terjadi, seperti VGA dan BIOS. Jika keduanya rusak, performa laptop tentu tidak akan stabil seperti sebelumnya.

So, itu tadi penyebab dan cara mengatasi laptop tidak bisa dipakai main game. Kami sarankan juga, sebaiknya sebelum memainkan game yang diinginkan, lihat terlebih dahulu kemampuan dari laptop Anda sendiri.

Apakah komputer jinjing Anda kuat untuk memainkan gameberat atau hanya sebatas bisa memainkan game-game ringan saja? Semoga bermanfaat ya, sob! (MF)

2 COMMENTS

  1. ya….laptop saya tidak bisa untuk main games padahal hanya game ringan tidak sampai 100mb. Tidak tahu apa masalahnya. Mungkin karena laptop lama. Usia laptop telah 12 tahun. Hanya baru ganti hardisk saja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here