Review Asus ZenBook Flip UX363: Fleksibel, Powerfull, Kaya Fitur

Review Asus Zenbook ux363
Tent Mode ZenBook Flip UX363 (Surya/Telset.id)

Telset.id – Laptop bergaya convertible bisa jadi pilihan menarik untuk yang bosan dengan laptop konvensional. Kali ini kami mendapat kesempatan untuk review laptop convertible baru Asus ZenBook Flip 13 UX363.

Tidak sekadar menawarkan laptop dengan layar yang bisa dilipat hingga 360 derajat, laptop convertible juga menawarkan fleksibilitas dan fungsionalitas dibanding laptop konvensional.

Selain bisa digunakan dalam posisi standar laptop pada umumnya, pengguna juga bisa mengubahnya dalam posisi tent mode atau sekaligus disulap menjadi tablet berukuran besar.

{Baca Juga: Asus ROG Keris Tiba di Indonesia, Mouse Gaming Ringan Kaya Fitur}

Meski demikian, laptop baru Asus ZenBook Flip 13 UX363 tak cuma menawarkan desain convertible semata. Performa dan fitur yang dihadirkan juga cukup menarik menurut kami.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak hasil pengujian tim Telset dalam review Asus ZenBook Flip 13 UX363. Enjoy!

Desain ZenBook Flip UX363

review asus zenbook ux363
Desain Asus Zenbook Flip UX363 (Surya/Telset.id)

ZenBook Flip UX363 mengisi segmen laptop convertible di kelas premium. Maka tidak heran jika laptop satu ini memiliki desain yang elegan dan berkelas.

Asus membalut bagian cover laptop ini dengan finishing metal, sehingga kesan mewah makin terasa kuat.

Bagian engsel sudah didesain sedemikian rupa dan bisa diputar hingga 360 derajat. Engsel ini memungkinkan laptop digunakan dalam bentuk tent mode atau mode tablet.

Tent Mode Asus ZenBook Flip UX363 (Surya/Telset.id)

Pada bagian engsel ini, Asus menggunakan teknologi bernama ErgoLift Hinge. Teknologi ini akan membuat keyboard sedikit terangkat ketika layar laptop dibuka dan membuat posisi mengetik jadi lebih nyaman.

Kelebihan lain yang kami suka dari desain ZenBook Flip UX363 adalah ketebalannya yang begitu ramping dan bobotnya yang begitu ringan. Laptop convertible ini punya ketebalan cuma 11,9mm dan bobotnya yang hanya 1,3 kg.

Kombinasi ini bikin ZenBook Flip jadi begitu ringkas. Memudahkan saat diajak bermobilitas, dan meringankan untuk dibawa kemana-mana.

Bergeser ke bagian dalam, Asus menggunakan teknologi edge to edge keyboard, membuat keyboard mempunyai ruang yang lebih luas dan tombol yang lebih lebar.

Keyboard ZenBook Flip UX363 (Surya/Telset.id)

Ditambah lagi dengan keyboard yang terasa begitu empuk saat ditekan, bikin kegiatan mengetik di laptop ini jadi berasa lebih nyaman.

Meski memiliki dimensi yang ringkas, namun layout keyboard di laptop ini cukup lengkap. Laptop ini juga memiliki tombol numpad yang “disembunyikan” di bagian touchpad.

Berkat teknologi Numberpad 2.0, bidang ruang touchpad dapat disulap menjadi tombol numpad virtual. Dengan menekan bagian kanan atas touchpad, fitur numpad akan langsung menyala dan siap digunakan.

Numpad 2.0 (Surya/Telset.id)

Untuk urusan portnya ada dua port Thunderbolt 4 USB Type-C, port HDMI dan USB Type-A. Sayangnya di sini hanya ada satu port USB Type A, sehingga menyulitkan bagi Anda yang ingin menggunakan mouse dan flashdisk secara bersamaan.

Mau tidak mau Anda harus memilih mengorbankan salah satunya dikarenakan keterbatasan port yang ada.

Dalam paket penjualan, Asus juga menyediakan dua adapter untuk port RJ45 dan jack audio 3,5mm yang dapat disambungkan melalui port USB Type C.

Layar ZenBook Flip UX363

Dari segi visual, Anda bakal dimanjakan dengan layar yang kaya fitur. Selain bisa dilipat hingga 360 derajat, ZenBook Flip UX363 punya layar sentuh ber-panel OLED dengan ukuran 13,3 inci dengan resolusi Full HD.

Sebagai informasi, layar berjenis OLED ini menawarkan kualitas dan akurasi warna yang lebih bagus dibandingkan dengan layar LED biasa.

Tidak lupa tentunya teknologi Nano Edge Display yang bikin ukuran bezel menjadi lebih tipis dan bentang layar terasa lebih luas.

{Baca Juga: Review Asus Chromebook Flip C434: Desain Kece, Performa Oke}

Fitur pendukung juga tidak kalah mantap. Kontrasnya juga udah lebih bagus dan mendukung fitur HDR yang tersertifikasi langsung oleh VESA.

Konten HDR menawarkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dynamic range lebih luas, dan hanya panel yang mendukung HDR yang dapat menampilkan seluruh detail gambar tersebut.

Ditambah lagi, layarnya juga sudah mengantongi sertifikasi PANTONE. Sertifikasi ini menjamin reproduksi warna pada color space DCI-P3 hingga 100%.

So, laptop ini sepertinya sangat cocok untuk pengguna yang membutuhkan layar dengan akurasi warna yang tinggi, seperti desainer, ilustrator dan lain sebagainya.

Makin asiknya lagi, layarnya juga mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level, yang sudah include dalam paket penjualan. Jadi gak perlu ngeluarin dana tambahan untuk beli stylus secara terpisah.

Stylus-nya memiliki presisi yang cukup baik dan nyaris tidak terasa ada delay saat digunakan.

Menggunakan Stylus di ZenBook Flip UX363

Menggunakan laptop ini jelas tidak hanya sebentar, apalagi saat membuat konten pastinya bisa lupa waktu.

Biar mata gak cepat lelah, Zenbook Flip 13 ini juga udah punya sertifikasi TUV Rheinland yang berarti rendah paparan cahaya biru dan juga gak menghasilkan efek flicker.

Ini membuat pengguna mata pengguna lebih nyaman, walaupun mantengin laptop selama seharian.

Spesifikasi dan Performa

Gaming di Asus ZenBook Flip UX363 (Surya/Telset.id)

Dari balik kap mesinnya, ZenBook Flip UX363 yang masuk pengujian kami dimotori oleh prosesor Intel Core i7-1165G7 generasi ke-11.

Tentu saja dengan prosesor baru, ZenBook Flip 13 (UX363) dipastikan dapat tampil dengan performa lebih baik dari laptop yang masih menggunakan prosesor generasi sebelumnya.

Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook Flip 13 (UX363) juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

Kombinasi performa dan grafis jelas sangat penting untuk para konten kreator. Karena untuk membuat konten seringkali menggunakan aplikasi yang tidak hanya membutuhkan performa CPU, tetapi juga performa grafis yang mumpuni.

{Baca juga: Asus ZenBook Pro Duo 15 OLED Tiba dengan Layar 4K dan RTX 3070}

Ditambah lagi, laptop ini juga udah punya sertifikasi Intel EVO. Dengan adanya sertifikasi ini, kinerja sebuah laptop disebut bakal lebih optimal. Seperti misalnya untuk edit foto atau video diklaim 3x lebih cepat.

RAM-nya berjenis LPDDR4x dengan kapasitas 8 GB. Sementara memori penyimpanannya memiliki kapasitas 512 GB dan sudah menggunakan SSD.

Berikut ini beberapa hasil benchmark untuk review Asus ZenBook Flip UX363 dengan menggunakan Cinebench, 3D Mark dan juga PC Mark.

3D Mark Graphics
PC Mark
Cinebench

Saat kami gunakan untuk beragam task seperti membuat artikel, edit foto dan video, kami sama sekali tak menemukan kendala. Semuanya dapat dijalankan dengan sangat lancar.

Sisi entertainment-nya juga tak kalah menarik. Anda bisa menonton atau streaming film di laptop ini dengan sangat nyaman.

Selain suguhan gambar dari display yang berkualitas, sektor audio juga terdengar nyaman di telinga berkat speaker yang sudah disertifikasi Harman Kardon.

Laptop ini juga bisa jadi partner tepat untuk Anda yang tengah work from home (WFH). Selain punya performa mumpuni, laptop ini juga sudah dimaksimalkan dengan beragam fitur pendukung WFH.

{Baca Juga: Asus ZenBook 13, Laptop Tertipis di Dunia Masuk Indonesia}

Pertama, ada fitur Windows Hello yang memudahkan Anda untuk membuka kunci layar tanpa perlu ribet mengetikkan password.

Cukup membuka laptop dan kamera akan langsung memindai wajah pengguna. Jika wajah tersebut telah didaftarkan, maka kunci layar akan langsung terbuka dengan sendirinya.

Ditambah lagi ada fitur kamera infra merah yang memungkinkan kamera untuk memindai wajah pengguna secara presisi walaupun dalam kondisi kurang cahaya.

Nah, buat yang sering meeting online, kamera di laptop ini sudah bisa mengambil gambar dengan resolusi HD, yang bikin tampilan Anda terlihat jernih ketika meeting.

Meeting juga terasa makin enjoy, karena bagian mic-nya udah dilengkapi sama teknologi AI noise cancelling.

{Baca Juga: Review Asus ZenBook 13 UX325: Desain Cantik, Mobilitas Handal}

Teknologi ini bisa meredam suara berisik di latar belakang dan juga memperjelas suara dari pengguna di depan laptop. Jadi gak perlu khawatir kalo sekitarnya berisik saat meeting.

Walaupun laptop ini memang ditujukan untuk menunjang produktivitas dan pekerjaan, kami juga tergoda mencoba performanya untuk gaming.

Karena belakangan tengah kecanduan game Valorant, kami langsung bergerak cepat memasang game bergenre first person shooter ini.

Hasilnya, kami cukup nyaman beradu tembak dengan lawan dengan menggunakan laptop ini. Bahkan, pengaturan grafik bisa didapat sampai high.

Kesimpulan

Asus ZenBook Flip UX363
Asus ZenBook Flip UX363 (Surya/Telset.id)

Asus memang selalu menyediakan portofolio laptop yang lengkap sesuai dengan kebutuhan konsumen. Untuk ZenBook Flip UX363 ini jadi pilihan baru dan menarik untuk Anda yang ingin menyalurkan produktivitas dan kreativitas dengan baik.

Desainnya yang convertible menawarkan fleksibilitas pengguna saat bekerja dengan laptop ini. Posisi laptop bisa diatur sedemikian rupa untuk kerja yang lebih nyaman.

Performanya juga tak bisa dipandang sebelah mata. Terutama dari bagian layar dan sektor dapur pacunya yang menurut kami cukup powerfull.

Berdasarkan review Asus ZenBook Flip UX363, menurut kami laptop ini merupakan paket lengkap dari sebuah laptop convertible. Tidak hanya fleksibel, tapi juga powerfull dan kaya fitur.

Kelebihan

+ Desain premium

+ Bisa Dilipat hingga 360 derajat

+ Layar memiliki banyak fitur

+ Sudah menggunakan Intel Core generasi 11

+ Dilengkapi stylus dalam paket penjualan

Kekurangan

– Port USB Type A cuma 1 sehingga agak merepotkan

SPESIFIKASI ASUS ZENBOOK FLIP UX363

Nama Produk Asus ZenBook Flip 13 UX363
Layar 13 inci FHD
SoC/Prosesor Intel Core i7-1165G7
GPU Intel Iris Xe Graphics
RAM 8GB LPDDR4X
Internal Storage 512 GB NVMe PCIe SSD
Kamera HD Camera
Baterai 67 Whrs 4S1P 4 cell Li-ion
Charger
Konektifitas
1x HDMI 1.4, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 USB Type-C supports display and power delivery
Sistem Operasi Windows 10 Home
Varian Warna Pine Grey
Harga Rp22.999.000 (Core i7 variant)

Rp18.999.000 (Core i5 variant)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here