telset

Review Asus VivoBook 15 OLED K513: Layar OLED Manjakan Mata

Telset.id, JakartaAsus memperkenalkan teknologi layar OLED terbarunya yang diadopsi ke laptop terbaru Asus VivoBook 15 OLED K513. Selain layar, laptop ini juga mengusung spesifikasi prosesor, RAM, baterai, dan memori yang handal. Semua hasil pengujiannya bisa Anda baca dalam tulisan review Asus VivoBook 15 OLED K513 ini.

Bukannya Asus VivoBook 15 K513 sudah lama diluncurkan di Indonesia? Betul, tapi varian yang kami review kali ini bisa dibilang sebagai versi upgrade yang sudah menggunakan teknologi layar terbaru Asus OLED.

Laptop dengan layar OLED mungkin identik dengan spesifikasi tinggi dan harga yang mahal. Bagi Anda yang menginginkan laptop dengan layar OLED mungkin harus merogoh kocek belasan juta rupiah.

Baca Juga: Laptop Terbaru Asus Usung Layar OLED

Namun hal yang sama tidak berlaku dengan Asus VivoBook 15 OLED K513, yang bahkan dijual dengan banderol harga di bawah Rp 10 juta, tapi spesifikasi VivoBook 15 OLED tetap mumpuni. 

Secanggih apa spesifikasi VivoBook 15 OLED yang baru diluncurkan Asus di bulan ini? Yuk langsung cari tahu jawaban selengkapnya di artikel review Asus VivoBook 15 OLED K513 berikut ini.

Desain

review asus vivobook oled spesifikasi layar prosesor RAM baterai

Pembahasan review Asus VivoBook 15 OLED K513 yang pertama kita mulai dari bagian desain. Meski sekilas tampak polos dan kaku, namun ketika dilihat langsung dari dekat sangat terasa kesan premiumnya.

Layar OLED laptop Asus menggunakan bahan logam yang kokoh pada bagian bodinya. Finishingnya diberikan warna matte, yang sayangnya sangat rentan meninggalkan noda sidik jari. Asus menyediakan tiga pilihan warna, yakni Indie Black, Silver Transparan dan Hearty Gold.

Baca Juga: Asus Rilis Laptop untuk UMKM dan Sekolah

Secara dimensi memang desainnya terlihat besar, mengingat layar OLED laptop Asus ini berukuran 15 inci. Namun untuk urusan bobotnya tidak terlalu berat. Laptop Asus ini memiliki bobot sekitar 1,8kg saja dengan ketebalan 17,9mm.

Ini membuatnya tidak begitu merepotkan ketika diajak bermobilitas, atau memberatkan ketika dibawa-bawa dalam tas.

Masuk ke bagian dalam laptop, tertanam keyboard yang lengkap dengan tombol numpad. Sangat cocok untuk pengguna yang sering berurusan dengan angka ketika bekerja menggunakan laptop.

Baca Juga: Review Asus Chromebook C214

Untuk tombol power, Asus menempatkannya di bagian ujung kanan atas keyboard. Eits, untuk Anda yang sudah sebal dengan penempatan tombol power ini tidak perlu khawatir, sebab posisinya terletak jauh dari tombol delete yang sering digunakan. Sehingga peluang untuk tombol power tidak sengaja tertekan sangat kecil.

Asus juga tidak lupa memberikan backlight putih yang membuat pengguna tetap nyaman mengetik saat berada di ruangan yang kurang cahaya. Pada tombol enter juga sudah diberikan highlight warna hijau khusus yang membuatnya tampil beda.

review asus vivobook oled spesifikasi layar prosesor RAM baterai

Bergeser ke bagian bawah sedikit, tepatnya ke bagian touchpad. Respon sentuh dari touchpad menurut kami cukup memuaskan. Apalagi kami cukup sering menggunakan touchpad untuk bekerja sehari-hari.

Tepat di ujung kanan atas touchpad tersemat sensor pemindai sidik jari. Saat kami gunakan, sensor ini bisa membuka kunci layar dengan sangat cepat, hanya sepersekian detik saja.

review asus vivobook oled spesifikasi layar prosesor RAM baterai

Kotak kecil tersebut tidak hanya memiliki satu fungsi saja. Selain sebagai sensor sidik jari, kotak kecil tersebut juga berfungsi untuk klik kanan saat melakukan navigasi. 

Walaupun sebenarnya Anda juga bisa melakukan klik kanan dengan cara melakukan tap dengan dua jari di bagian touchpad.

asus vivobook 15 oled

Untuk urusan port, Asus menyertakan dua buah port USB Type A di sisi kiri dan juga port charger, port HDMI, 1 port USB Type A, satu port USB Type C, jack audio 3,5mm dan microSD reader di bagian kanan. Lengkap banget kan?!

Secara desain kami cukup puas, simpel dan bernuansa premium. Apalagi fungsionalitas yang ditawarkan dari sensor pemindai sidik jari dan kelengkapan port membuatnya dijamin bakal bermanfaat dan pastinya memudahkan penggunanya.

Layar

review asus vivobook oled

Spesifikasi VivoBook 15 OLED di bagian layar, bagian paling penting yang merupakan upgrade dari varian sebelumnya. Laptop ini dibekali dengan layar berukuran 15,6 inci dan memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080.

Sementara itu rasio layar OLED laptop Asus ke bodinya mencapai 85 persen. Bezelnya juga cukup tipis, terutama di sisi kanan dan kiri. Ini berkat adanya dukungan teknologi NanoEdge Display yang kerap digunakan Asus pada beragam lini laptopnya.

Baca Juga: Asus ROG Edisi Alan Walker Dijual di Indonesia

Mata juga dimanjakan dengan kualitas visual yang disajikan layar OLED laptop Asus ini berkat adanya teknologi Asus OLED. Penggunaan teknologi ini mampu menyajikan warna yang kaya dan akurat dibanding laptop yang menggunakan panel IPS.

Buat pengguna yang sering berkarya membuat desain, layar laptop ini juga akan sangat membantu berkat adanya reproduksi warna hingga 100% pada color space DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated display.

Asal tahu saja, teknologi ini membuat warna yang ditampilkan di layar laptop sangat presisi atau sesuai dengan warna aslinya.

spesifikasi layar prosesor RAM baterai

Rasio kontras yang ditampilkan juga sangat tinggi berkat adanya teknologi HDR bersertifikasi VESA DisplayHDR. Warna hitam yang ditampilkan di layar juga begitu pekat dan bukannya malah terlihat abu-abu.

Tidak cuma warna hitam yang benar-benar hitam, begitu juga dengan warna lainnya yang tampil lebih detail, bahkan di tingkat brightness rendah. 

Jadi tidak hanya cocok digunakan untuk desain, streaming film di laptop ini juga kami rasakan begitu menarik dan memanjakan mata. Ini membuat kami begitu betah menikmati proyeksi gambar dari layar Asus VivoBook 15 K513 OLED.

Dengan proyeksi warna yang aduhai di mata, tentunya bakal membuat pengguna bakal berada di depan layar laptop lebih lama lagi. Kondisi ini tentu tidak baik untuk kesehatan mata.

Jika dibandingkan dengan layar IPS, gambar yang ditampilkan di layar OLED terlihat lebih cerah dan detail. Perbandingannya bisa Anda lihat di bawah ini.

spesifikasi layar prosesor RAM baterai
Kiri Layar OLED, Kanan Layar IPS

Untungnya, Asus juga memperhatikan hal ini dan membuat layar laptop ini memiliki tingkat radiasi cahaya biru yang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya.

Selama menggunakan laptop ini untuk work from home kami memang merasa cukup nyaman walaupun berada di depan layar laptop seharian. Namun pastinya kami juga beristirahat sejenak, agar kesehatan mata tetap terjaga.

Walaupun dari segi teknologi sudah diklaim aman untuk kesehatan mata, kami tetap menyarankan untuk tidak berlama-lama berada di depan layar laptop atau PC. Pastikan untuk beristirahat walaupun sebentar.

Spesifikasi dan Performa

review asus vivobook oled

Review Asus VivoBook 15 OLED K513 berlanjut ke bagian spesifikasi dan juga performa. Laptop ini dimotori prosesor Intel Core i3-1115G4 Tiger Lake. Prosesor ini mengandalkan 2 core dan 4 threads. 

Pengolahan grafisnya mengandalkan GPU bawaan Intel UHD Graphics. Dengan kartu grafis ini tentu Anda tidak dapat berharap lebih pada kemampuan grafisnya untuk menjalankan berbagai game.

Kinerjanya juga didukung dengan RAM 4 GB berjenis DDR4. Asus juga menyertakan slot memori tambahan untuk Anda yang ingin melakukan upgrade.

Baca Juga: Asus Luncurkan Kartu Grafis AMD Radeon RX 6600 XT

Kami juga menyarankan bagi untuk lakukan upgrade, terlebih bagi Anda yang sering melakukan task berat. Tujuannya sudah jelas, agar kinerja laptop ini bisa dipacu jauh lebih optimal lagi.

Guna mendapatkan gambaran kinerja dari laptop ini, kami juga sudah menjalankan serangkaian tes benchmark sebagai berikut:

Pada benchmark pertama kami menggunakan aplikasi PC Mark. Pengujian ini menjalankan simulasi produktivitas yang biasa digunakan di laptop, seperti browsing, editing foto, mengetik dan lain sebagainya.

Melalui pengujian ini, kami berhasil mendapatkan skor sebesar 2.492 poin. Skor tertingginya berada pada fungsi esensial dan produktivitas, sementara skornya cukup kecil untuk pembuatan konten.

Beralih ke pengujian dengan menggunakan aplikasi Cinebench R15. Pengujian dengan OpenGL mendapatkan hasil rata-rata di 48 FPS. Sementara untuk CPU mendapatkan skor sebesar 362 cb.

benchmark laptop asus

Kemudian berlanjut ke pengujian grafik. Pada tes ini kami menggunakan aplikasi 3D Mark. Laptop Asus ini mendapatkan skor total sebesar 1.479 poin dengan skor grafik mencapai 1.706 poin.

asus

Selama kami menggunakannya, laptop ini rasanya memang lebih cocok untuk tugas kantoran atau editing ringan. Karena kemampuannya agak kurang optimal jika digunakan menjalankan task berat.

Begitu juga dengan gaming yang pastinya bakal kewalahan untuk menjalankan game-game berat. Untuk beberapa game casual ringan mungkin masih bisa dijalankan dengan baik.

Oh iya, untuk penyimpanannya sudah menggunakan SSD. Dalam laptop ini dibenamkan SSD dengan kapasitas 256 GB. Tentu performa write/speed atau booting juga makin cepat jika dibandingkan dengan menggunakan HDD.

crystaldiskmark

Pengujian pastinya juga kami lakukan untuk mengetahui kecepatan SSD ini. Menggunakan aplikasi CrystalDiskMark, laptop Asus VivoBook 15 OLED K513 ini memiliki kecepatan read 1.778 MB/s dan write speed 967 MB/s.

Apabila penyimpanannya dirasa kurang, Anda juga dapat menambah kapasitas penyimpanan menggunakan 2.5” SATA SSD atau HDD. Tapi jika ada dana lebih kami jelas lebih menyarankan menggunakan SSD.

Fitur Pendukung Lainnya

Laptop ini juga sudah dijejalkan teknologi yang disebut Asus Intelligent Performance Technology (AIPT). Secara teori, teknologi ini dapat meningkatkan kinerja laptop hingga 40%.

Laptop ini juga sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 Home. Sehingga Anda tak perlu merogoh uang untuk membeli OS, apalagi sampai mencari versi bajakan.

Makin menariknya lagi, Asus juga memberikan update OS secara gratis ke Windows 11 seperti yang kami gunakan saat ini di laptop Asus VivoBook 15 OLED K513.

Benefit lain yang diberikan oleh Asus adalah gratis aplikasi Office Home & Student 2019 original yang bisa digunakan pengguna seumur hidup. Mantab banget kan!

review asus vivobook oled spesifikasi layar prosesor RAM baterai

Laptop ini juga cocok digunakan untuk keperluan school from home atau work from home. Sebab Asus sudah menyematkan teknologi AI Noise Canceling.

Berkat teknologi ini, berbagai noise yang muncul dari sekitar saat belajar atau meeting online bisa diredam sedemikian rupa. Sehingga suara Anda bakal terdengar lebih jernih.

Kualitas audio juga sudah dipoles dengan baik melalui sertifikasi Harman/Kardon. Semburan suara kami rasakan terdengar jernih dan empuk. 

Jangankan untuk meeting atau belajar online, untuk mendengarkan musik atau menonton film juga jadi lebih nikmat.

Kesimpulan

review asus vivobook oled

Masuk ke bagian kesimpulan review Asus VivoBook 15 OLED K513. Kehadiran laptop ini menjadi jawaban bagi Anda yang menginginkan laptop dengan layar yang berkualitas. Apalagi teknologi layar Asus OLED tergolong baru dan memiliki fitur yang kaya.

Cocok untuk Anda yang membutuhkan perangkat andal untuk bekerja, sekaligus mampu memberikan hiburan yang memanjakan untuk mata pastinya dan juga telinga.

Jangan lupa, dengan banderol harga sekitar Rp 8 jutaan, membuatnya menjadi pilihan menarik untuk kategori laptop dengan teknologi layar OLED.

Kelebihan

  • Desain premium
  • Layar OLED kaya fitur
  • Keyboard yang empuk dan memiliki backlight
  • Performa bisa diandalkan
  • Port lengkap
  • Sudah terinstall Windows 10 dan free upgrade Windows 11
  • Bonus aplikasi Office
  • Speaker Harman Kardon

Kekurangan

  • Bodi rentan kotor
  • RAM hanya 4 GB
  • Penyimpanan SSD hanya 256 GB
Spesifikasi Asus VivoBook 15 OLED K513
Rilis September 2021
CPU Intel® Core i3-1115G4
OS Windows 10 Home (upgradeable to Windows 11)
Memori 4 GB Dual channel LPDDR4x RAM
Media Penyimpanan SSD 256 GB PCIe
Layar OLED 15,6 inci FHD, 400 nits, 600 nits, Pantone Validated, DCI-P3 100%
Grafis Intel UHD Graphics
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-C

2x USB 2.0 Type-A

1x HDMI 1.4

1x Headphone out

Micro SD card reader

Micro SD 4.0 card reader

Kamera 720p HD camera
Konektivitas Wi-Fi 6(802.11ax)

Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio Built in speaker

Built in microphone

Harman/Kardon

Baterai 42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimensi 35.90 x 23.50 x 1.79
Berat 1,8kg
Warna Indie Black, Silver Transparan dan Hearty Gold.
Harga Rp 8.599.000
Garansi Garansi resmi Asus Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0