Uji Performa Oppo Reno5: Kinerja Lebih Baik dari Sebelumnya

Telset.id, Jakarta – Oppo Reno5 merupakan HP terbaru yang resmi meluncur di Indonesia beberapa waktu lalu. Smartphone itu ditenagai prosesor yang sama dengan seri terdahulu, dan itulah yang membuat kami sangat penasaran untuk melakukan uji performa dari Oppo Reno5 ini.

Ya, Oppo Reno5 masih menggunakan prosesor octa-core 2.3 GHz Snapdragon 720G. Prosesor dengan arsitektur 8nm ini sebelumnya digunakan pada seri Oppo Reno4 yang meluncur tahun lalu.

Pertanyaannya, apakah kinerja Oppo Reno5 masih sama dengan seri sebelumnya? Untuk menjawabnya, kami akan melakukan uji performa Oppo Reno5 dengan menjalankan beberapa aplikasi benchmark, seperti AnTuTu Benchmark, 3DMark, sampai PCMark.

So, berikut ini ulasan kami seputar uji performa terhadap Oppo Reno5. Yuk simak selengkapnya!

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Uji Performa Oppo Reno5

Uji Performa Oppo Reno5

Sebelum masuk ke topik utama, kami akan menjabarkan spesifikasi lengkap dari Oppo Reno5 terlebih dahulu. Smartphone ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Layarnya sendiri telah memiliki rasio 20:9 dan sudah mendukung fitur 90Hz refresh rate serta 180 Hz touch sampling rate. Selain itu, layar ponsel terbaru Oppo ini pun sudah ditanamkan sensor sidik jari dengan respon yang cepat.

Reno5 dimotori oleh prosesor Snapdragon 720G dari Qualcomm. Prosesor ini dinilai memiliki kinerja andal dengan efisiensi baterai yang bagus pula.

Selain dirancang dengan arsitektur 5nm, Snapdragon 720G pun sudah disematkan chip AIE atau artificial intelligence engine dari Qualcomm yang bertugas untuk meningkatkan performa saat dibutuhkan, dan tetap menjaga power serendah mungkin untuk menghemat baterai.

Prosesor ini juga bisa disebut sebagai prosesor gaming. Pasalnya, ada fitur bernama Qualcomm Snapdragon Elite Gaming yang memberikan pengalaman grafis tinggi dan smooth kepada pengguna.

Prosesor Snapdragon 720G dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB yang bisa ditambah dengan microSD hingga kapasitas 256 GB, serta baterai berkapasitas 4.310 mAh.

Berdasarkan uji baterai Oppo Reno5, baterai 4.310 mAh dapat terisi penuh dari 1% dalam waktu kurang lebih 60 menit saja dengan bantuan fast charging 50W.

Berikut spesifikasi lengkap dari Oppo Reno5:

{Baca juga: 12 Fitur Kamera di Oppo Reno5, Canggih dan Inovatif!}

Spesifikasi Oppo Reno5
Network 2G, 3G, 4G
OS Android 11, ColorOS 11.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm)
GPU Adreno 618
RAM 8 GB
Memori 128 GB
Dimensi 160.3 x 73.9 x 7.7 mm
Layar AMOLED 6,4 inci Full HD+
Kamera Utama 64 MP kamera utama, 8 MP ultrawide, 2 MP makro, dan 2 MP mono
Kamera Depan 44 MP
Baterai 4.310 mAh, 50W Flash Charge
Warna Stary Black dan Fantasy Silver
Cek Harga Rp 4.999.000

Dalam melakukan uji performa Oppo Reno5, kami menggunakan tiga aplikasi benchmark, yaitu AnTuTu Benchmark, PCMark, dan 3DMark. Selain itu, kami menguji performa smartphone ini dengan kondisi menggunakan mode “High Performance”.

Mode tersebut bisa ditemukan di pengaturan, dan pilih Battery. Scroll ke bawah, lalu pilih More Battery Settings. Lalu, aktifkan toggle High Performance Mode.

AnTuTu Benchmark

Untuk diketahui, kami mengunduh AnTuTu Benchmark dari situs resminya. Sebab, aplikasi ini (termasuk AnTuTu 3D) tidak terdapat pada Google Play Store maupun App Market dari Oppo.

Dari pengujian yang kami lakukan, Oppo Reno5 meraih skor yang terbilang tinggi. Smartphone ini mendapatkan skor 289.740 poin.

Uji Performa Oppo Reno5

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, Reno5 memiliki skor AnTuTu yang lebih baik. Smartphone ini mendapatkan berbagai improvement atau peningkatan, salah satunya di bagian sistem operasi.

Perlu diketahui, Oppo Reno5 sudah berjalan di atas sistem operasi ColorOS 11 berbasis Android 11 terbaru.

3DMark

Uji performa Oppo Reno5 dilanjutkan ke sektor GPU. Prosesor Snapdragon 720G sendiri sudah dilengkapi dengan Adreno 618.

Dari pengujian yang kami lakukan menggunakan Sling Shot dan Wild Life (termasuk Extreme dan Stress Test), Oppo Reno5 mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

Smartphone ini meraih skor 3.707 poin untuk Sling Shot, 2.611 poin untuk Sling Shot Extreme, 1.044 poin (Best Loop Score) dan 1.041 poin (Lowest Loop Score) dalam Wild Life Stress Test, serta 1.044 poin untuk pengujian Vulkan di Wild Life.

Menurut 3DMark, smartphone ini lebih baik daripada 83% perangkat yang pernah diuji menggunakan skema Sling Shot. Sementara dalam pengujian Sling Shot Extreme, HP terbaru Oppo ini lebih bagus dibandingkan 60% perangkat lainnya.

Dari pengujian menggunakan skema Wild Life Stress Test, Oppo Reno5 pun memiliki tingkat Stability hingga 99,7%. Sedangkan untuk Wild Life, ponsel pintar ini mendapatkan Average FPS 6.30 poin saja.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Reno5 di Indonesia}

PCMark

Dari uji performa menggunakan PCMark, Oppo Reno5 pun dinilai memiliki kemampuan yang bagus untuk pekerjaan normal, seperti chattingbrowsinglive streaming, dan lainnya.

Smartphone ini mendapatkan skor 9.640 poin dalam pengujian yang kami lakukan. Memang, lebih rendah dibandingkan Reno4, namun setidaknya skor ini menggambarkan bahwa ponsel memang sangat nyaman dijadikan sebagai daily driver untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun game kapan pun dan di mana pun.

Uji Performa Oppo Reno5

Well, itu tadi ulasan lengkap kami soal uji performa Oppo Reno5. Smartphone ini sudah tersedia di Indonesia dalam dua pilihan warna, yakni Fantasy Silver dan Starry Black. Kedua varian warna tersebut dijual dengan harga resmi Rp 4.999.000.

Perangkat ini akan dijual perdana pada 22 Januari 2021 dengan berbagai tambahan program menarik lainnya. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -