Banjir Peminat, Peserta IDCamp Indosat Tembus 39 Ribu Orang

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) tahun 2021, berhasil memberikan beasiswa kepada lebih dari 39.000 peserta. Angka ini menunjukan peningkatan jumlah peserta penerima beasiswa dibandingkan tahun 2020 lalu.

Menurut SVP–Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang, penerima beasiswa IDCamp 2021 telah mencapai 39.000 peserta. Angka ini masih terus bertambah seiring masih berjalannya program beasiswa ini.

Baca juga: Layanan 5G Indosat Resmi Diluncurkan, Kota Solo yang Pertama

“Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, IDCamp 2021 telah mencatatkan lebih dari 39 ribu peserta dan masih akan terus bertambah, di mana 28% diantaranya mengikuti alur belajar Front-End Web Developer,” ujar Steve.

Melalui konferensi pers pada Kamis (19/8/2021), Steve mengatakan bahwa angka ini menunjukkan bahwa peserta penerima beasiswa mengalami peningkatan. Pasalnya pada tahun 2020 lalu penerima beasiswa IDCamp berjumlah 37.996 peserta.

“Hal tersebut sejalan dengan semakin meningkatnya permintaan keterampilan pemrograman di dunia kerja, mengikuti transformasi digital besar-besaran yang juga terjadi di negara kita,” ungkap Steve.

Selain jumlah penerima beasiswa, jangkauan IDCamp 2021 juga lebih luas. Menurut data 26,4% penerima berasal dari luar Pulau Jawa, antara lain Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Papua, dan bahkan luar negeri.

Sebagian peserta berasal dari anak-anak muda dengan rentang umur 18 tahun sampai dengan 25 tahun. Artinya generasi muda telah menyadari pentingnya menguasai keterampilan digital untuk memperluas peluang kerja.

Baca juga: Mudahnya Beli Kartu Perdana Hingga Paket Data di Gerai Online Indosat

“Kami percaya program ini telah berhasil memberikan manfaat bagi para pelajar, mahasiswa, dan pencari kerja yang mencari peluang tanpa batas di dunia yang semakin digital,” tutur Steve.

Penerima Beasiswa IDCamp Terus Meningkat

Beasiswa IDCamp Indosat Ooredoo 2021
Beasiswa IDCamp Indosat

Indosat Ooredoo Digital Camp atau IDCamp pertama kali diluncurkan pada tahun 2019. Program ini bekerja sama dengan Dicoding, Authorized Training Partner Google di Indonesia. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan talenta digital di Indonesia.

“Indonesia masih membutuhkan sekitar 600 ribuan talenta digital per tahun. Menjawab kebutuhan tersebut, IDCamp 2021 bermaksud untuk mempersiapkan generasi muda melalui beasiswa belajar coding secara online yang bersertifikasi global,” kata Steve.

Saat itu, IDCamp menawarkan 3 alur belajar dalam 2 tingkat kesulitan yang berbeda. Di awal peluncurannya program ini berhasil menarik minat 26.714 peserta di seluruh Indonesia.

Baca juga: Selain Hiburan, Aplikasi Indosat MyIM3 Tawarkan Duit Tambahan

Lalu pada tahun 2020, IDCamp mengalami peningkatan partisipasi hingga 42% dengan total 37.996 peserta di 4 alur belajar.

Tahun ini, IDCamp 2021 menambah 3 alur tambahan, dengan total 7 alur belajar yang tersedia, yaitu Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, Machine Learning Developer, Back-End Developer, Multi Apps Platform, dan Snap AR Creator.

Jumlah peserta pun bertambah menjadi lebih dari 39.000 peserta. Jika ditotal IDCamp telah memberikan beasiswa kepada 103.821 developer muda, termasuk 22.517 perempuan dan 1.512 penyandang disabilitas. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI