OpenSignal: Kecepatan Download Biznet Tertinggi di Pulau Jawa

Telset.id, Jakarta – OpenSignal melaporkan layanan fixed broadband dari berbagai provider yang beroperasi di Pulau Jawa. Dalam laporannya Biznet sukses memperoleh poin tertinggi terkait kecepatan download atau unduhan di Pulau Jawa.

OpenSignal merilis artikel analisis terbaru berjudul “Indonesia, Pengalaman Fixed Broadband, Desember 2023”. Adapun dalam laporan terbaru ini, Opensignal telah menganalisis pengalaman nyata jaringan broadband dari pengguna internet fixed broadband di Indonesia, di seluruh Jawa dan 10 kota.

Ke-10 kota tersebut adalah Jakarta, Surabaya, Kota Bandung, Semarang, Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Depok, Malang, Medan, dan Kota Tangerang. Untuk mencerminkan berbagai cara penggunaan broadband, Opensignal telah menganalisis 4 ukuran yang berbeda dari pengalaman para pengguna.

BACA JUGA:

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima pada Rabu (13/12/2023), keempatnya adalah Pengalaman Video Broadband, Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Puncak Unduhan Broadband, dan Kecepatan Unggahan Broadband.

Hasilnya pengguna First Media dan Oxygen.ID di Jawa memiliki Pengalaman Video Broadband terbaik di antara penyedia yang Opensignal bandingkan. Pengalaman kedua layanan tersebut ditempatkan dalam kategori ‘Baik’, secara rata-rata karena dapat melakukan streaming video dengan resolusi 720p atau lebih baik dengan waktu pemuatan yang memuaskan dan sedikit penundaan.

Dengan skor statistik seimbang sebesar 66,3-66,6 poin pada skala 100 poin. Hal ini membuat mereka unggul tipis sekitar 1,2 poin atas MNC Play, Biznet, CBN, dan MyRepublic, yang seimbang berada di peringkat ketiga dengan skor di kisaran 64,8-65,5 poin. Baik pemenang maupun runner-up menempati kategori ‘Baik’ yakni 58-68 poin.

Berikutnya Biznet unggul dalam metrik kecepatan di Jawa. Biznet mengklaim posisi teratas untuk Kecepatan Unduhan Broadband atau Download dan Kecepatan Unggahan Broadband atau Upload.

Biznet memimpin dalam pengalaman Kecepatan Unduhan Broadband dan Kecepatan Unggahan Broadband baik secara langsung maupun bersama-sama) di seluruh kota yang diteliti.

First Media juga memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering menjadi yang teratas yaitu 9 dari 10 kota.

Kemudian Biznet berbagi posisi teratas dengan First Media dalam Kecepatan Unduhan Puncak Broadband dengan skor statistik seimbang yaitu 99,8-110,9 Mbps. Biznet meraih kemenangan langsung untuk Kecepatan Unduhan Broadband dengan kecepatan 29,3 Mbps, mengalahkan First Media, pesaing di posisi kedua, dengan selisih tipis sebesar 1 Mbps.

Keduanya mengalahkan pemegang posisi ketiga yang imbang yaitu Indosat, CBN, MyRepublic, XL, dan Oxygen.ID, yang skornya berada di kisaran 72,5-91,5 Mbps atau dengan keunggulan sekitar 20,5 Mbps.

Terakhir Biznet menduduki peringkat teratas dalam hal kecepatan unduhan dan unggahan di sebagian besar kota yang diteliti dan memiliki pengalaman terdepan di 29 dari 30 perbandingan yang telah dibuat OpenSignal.

BACA JUGA:

Khususnya untuk untuk Kecepatan Unduhan Broadband, Kecepatan Unggahan Broadband, dan Pengalaman Video Broadband yang mana sebagian besar menempati posisi pertama dengan keunggulan yang kuat atas para pesaingnya.

First Media memiliki jumlah peringkat pertama terbanyak berikutnya, termasuk empat untuk Kecepatan Unduhan Broadband. Pengalaman Video lebih bervariasi dengan beberapa penyedia yang berbagi keunggulan, namun Biznet paling sering berada di antara yang teratas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI