Mending Jangan Internetan Pas Jam Sahur, Jaringan Lelet!

Telset.id, Jakarta – Sebentar lagi kita akan masuki bulan Ramadan. OpenSignal baru saja merilis laporannya tentang tren penggunaan perangkat seluler selama bulan Ramadan. Dari hasil laporan ini, terlihat tren penggunaan internet meningkat di jam Sahur

Dalam analisis Opensignal ini, terlihat perubahan perilaku selama bulan Ramadan memengaruhi penggunaan peranhkat seluler di lima negara dengan populasi muslim terbesar.

Sholat Subuh menandakan dimulainya puasa setiap hari, dan jatuh antara pukul 03.00 dan 06.00. Di waktu tersebut, lebih banyak orang yang bangun lebih awal berkorelasi dengan perubahan kecepatan unduh rata-rata 4G.

BACA JUGA:

Selama bulan Ramadan, periode pukul 03.00 hingga 06.00 menunjukkan penurunan yang signifikan dalam Kecepatan Unduhan 4G. Penurunan ini kemungkinan karena aktivitas pengguna yang lebih besar dan kepadatan jaringan.

Tercatat ada dua negara yang mengalami penurunan rata-rata kecepatan pengunduhan 4G pengguna di atas 20%, yakni Pakistan (21,3%) dan Kerajaan Arab Saudi (25%). Penurunan ini karena lebih banyak orang bangun pagi untuk makan sahur sebelum Subuh.

Internet sahur ramadan

Jika melihat variasi antara bulan Ramadan dan bulan sebelumnya, rata-rata kecepatan pengunduhan 4G umumnya lebih rendah pada malam dan dini hari atau tengah malam hingga jam 9 pagi, dan lebih cepat pada siang hari dari jam 9 pagi hingga tengah hari.

Tren ini paling menonjol pada periode sebelum fajar, sekitar jam 3 – 6 pagi, dengan Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Kerajaan Arab Saudi semuanya mengalami penurunan lebih dari 15%.

Selama bulan Ramadan periode tiga jam ini adalah kesempatan terakhir untuk makan sebelum puasa dimulai, dan juga berisi doa pertama di hari itu. Akan ada lebih banyak orang yang terjaga saat ini dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, dan peningkatan lalu lintas menurunkan kecepatan pengunduhan.

Sepanjang sisa hari itu, peningkatan kecepatan menunjukkan berkurangnya lalu lintas jaringan, karena disebabkan orang menghabiskan lebih sedikit waktu dengan ponsel mereka.

Internet sahur ramadan

Dengan mengambil rata-rata kecepatan pengunduhan bulanan untuk satu hari penuh, dan hanya untuk periode jam 3-6 pagi, Opensignal melihat bagaimana selama bulan Ramadan terjadi tren penurunan dibandingkan dengan tiga bulan sebelum dan sesudahnya.

Meskipun terdapat penurunan tajam dalam kecepatan untuk Mesir, Indonesia, Pakistan, dan Kerajaan Arab Saudi, angka harian menunjukkan sedikit perbedaan dari tren. Bahkan, ada sedikit peningkatan di kelima negara tersebut, jika dibandingkan April hingga Maret.

Hal ini menunjukkan bahwa periode aktivitas dan kemacetan pengguna yang lebih besar di pagi hari diimbangi dengan pengurangan penggunaan jaringan selama sisa hari itu.

Negara-negara dengan proporsi muslim yang lebih tinggi mengalami perubahan yang lebih besar selama bulan Ramadan. Pakistan dan Kerajaan Arab Saudi sama-sama memiliki persentase populasi muslim yang cukup besar, masing-masing sebesar 96% dan 93%.

Untuk kedua negara ini, rata-rata kecepatan pengunduhan 4G selama periode jam 3 pagi hingga 6 pagi selama bulan Ramadan menurun lebih dari 20%, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, menyoroti peningkatan lalu lintas selama periode ini.

Di kedua negara itu juga mengalami peningkatan kecepatan lebih dari 15%, terutama pada sore hari jam 12 – 3 siang untuk Kerajaan Arab Saudi, dan keduanya di pagi hari, sekitar jam 9 pagi hingga tengah hari dan sore hari  dari jam 3 sampai 6 sore untuk di Pakistan.

Populasi muslim di Mesir diperkirakan sekitar 90%, sementara Indonesia dilaporkan memiliki 87% mayoritas muslim. Kedua negara ini mengalami penurunan signifikan dalam kecepatan 4G yang disebabkan oleh kemacetan di pagi hari, masing-masing sebesar 18,5% dan 16,7%.

Internet sahur ramadan

BACA JUGA:

Jika dibandingkan dengan Malaysia, dengan populasi Muslim 64% yang kurang berdampak, perubahan kebiasaan yang dipengaruhi oleh bulan Ramadhan jelas menonjol.

Perubahan tren penggunaan perangkat seluler di negara-negara dengan populasi mayoritas muslim menunjukkan bahwa sebagian besar orang mengubah rutinitas mereka di sekitar bulan suci ini. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI