Dibandingkan 5G Telkomsel, Ini Prediksi Kecepatan Internet 5G Indosat

Telset.id, Jakarta – Indosat menggunakan pita frekuensi 1.800 Mhz dan pita lebar atau bandwidth 20 Mhz untuk menggelar 5G. Dengan frekuensi tersebut, berapa kecepatan internet 5G Indosat yang bisa dinikmati pengguna?

Kepada tim Telset pada Rabu (16/6/2021), pengamat gadget Lucky Sebastian memprediksi bahwa kecepatan 5G Indosat tidak jauh berbeda dengan kecepatan internet 5G Telkomsel.

“Kalau melihat operator Telkomsel yang sudah lebih dulu menggelar 5G, kemungkinan kecepatannya akan mirip-mirip. Tetapi Telkomsel akan lebih ungguh di bandwidth 5G yang lebih lebar 30 Mhz sementara Indosat 20 Mhz,” jelas Lucky.

{Baca juga: Indosat Dapat Izin Gelar Layanan 5G Komersial di Indonesia}

Lucky pun memprediksi bahwa kecepatan internet 5G Indosat Ooredoo bisa menembus hingga 700 Mbps. Angka ini diperoleh saat masa percobaan atau testing, sedangkan kecepatan 5G di sebagian daerah diprediksi mencapai 200 Mbps.

“Kecepatan saat testing kemungkinan 500-700 Mbps dan sebagian daerah 200 Mbps,” tambah Lucky.

Selain itu Lucky mengatakan mengenai smartphone yang mendukung 5G Indosat. Menurutnya sudah banyak smartphone 5G yang mendukung jaringan 1.800 Mhz, sehingga adaptasi ke perangkat smartphone menjadi lebih mudah.

“Hampir semua smartphone 5G mendukung 1.800 Mhz atau N3,” ungkap Lucky.

Di sisi lain Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT), Institute Heru Sutadi menilai supaya kecepatan 5G Indosat bisa optimal, Indosat harus menggunakan bandwidth sebesar  100 Mhz.

“Perlu diperhatikan alokasi frekuensinya. Kan seharusnya kalau mau optimal 100 Mhz. Kalau 20 Mhz ya sekitar 20% dari kemampuan optimal 5G-nya,” kata Heru.

Heru berharap semoga bandwidth jaringan 5G bisa ditambah oleh Indosat. Hal ini demi menjaga kualitas kecepatan 5G karena masyarakat akan membandingkan 5G Indosat dengan 5G dari Telkomsel.

{Baca juga: Indosat akan Luncurkan Layanan 5G di 4 Kota pada Akhir Juni}

“Dapat dimaklumi jika 20 Mhz hanya di awal, tetapi kedepan harus ditambah alokasi frekuensinya. Sebab nanti orang akan membandingkan kecepatan 5G Telkomsel dan Indosat,” sambung Heru kepada tim Telset.

Indosat sendiri merupakan operator kedua yang mendapatkan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kominfo. Usai mendapatkan SKLO, Presiden Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menyatakan bahwa Indosat akan menggelar 5G di 4 kota.

Di tahap awal layanan 5G Indosat akan hadir di 4 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Solo, Surabaya dan Makassar.

Kecepatan 5G Telkomsel

Kecepatan 5G Telkomsel

Pada tahap awal digelarnya jaringan 5G di Indonesia, ada 6 area residensial yang ter-cover jaringan 5G Telkomsel. Mulai dari Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Untuk mengetahui kecepatan jaringan Telkomsel 5G, beberapa waktu lalu tim Telset.id melakukan pengujian kecepatan internet 5G Telkomsel di daerah Gatot Subroto yang sudah masuk area yang ter-cover layanan 5G Telkomsel.

Dalam pengujian ini kami menggunakan perangkat Oppo Reno5 5G yang sudah mendukung teknologi 5G NSA: n77/78/38/40/41/1/3/5/7/8/20/28 BlockA & BlockB untuk slot kartu SIM 1. Pita n40 sendiri direferensikan sebagai pita frekuensi radio 2,3 GHz.

Tercatat di aplikasi Speed Test, kecepatan download menggunakan internet Telkomsel 5G mencapai 122 Mbps. Sementara untuk kecepatan unggah menyentuh 50 Mbps. Untuk ping-nya berkisar di 22ms.

{Baca Juga: Selain Lebih Kencang, Kenali Kelebihan 5G Dibanding Jaringan 4G}

Tergolong cukup kencang, meski tak secepat kecepatan peak data 5G (berdasarkan teori) yang diklaim mencapai 10 – 20 Gbps.

Walau demikian, pengalaman pengguna untuk berselancar di dunia maya atau download dan upload beragam file, bakal jadi lebih nyaman serta lebih cepat daripada menggunakan jaringan 4G LTE. [NM/HBS]

Simak video “Test 5G untuk Download Game Call of Duty: Mobile”:

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0