Uji Kecepatan Internet 5G Telkomsel dengan Oppo Reno5 5G

Telset.id, Jakarta – Jaringan internet 5G resmi tersedia di Indonesia. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menggelar jaringan internet generasi kelima di Tanah Air. Sejumlah ponsel yang beredar di Indonesia dengan dukungan teknologi itupun dapat menjajal kecepatan internet 5G, salah satunya adalah Oppo Reno5 5G.

Kepada tim Telset, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, mengatakan bahwa Oppo Reno5 5G menjadi perangkat yang mencatatkan kecepatan internet 5G rata-rata terbaik dan paling stabil.

Klaim tersebut didapatkan melalui pengujian dengan cara menggunakan smartphone untuk melakukan panggilan video dari beberapa area, dengan memanfaatkan jaringan 5G.

{Baca Juga: 5 HP 5G Oppo yang Dijual di Indonesia, Rekomendasi Terbaru 2021}

“Mengusung pita frekuensi 2,3Ghz atau band n40 yang biasa dikenal di smartphone, perangkat ini menjadi yang paling kompartible dengan jaringan 5G yang digunakan di Indonesia,” kata Aryo, saat dihubungi tim redaksi Telset pada Jumat (28/5/2021).

“Melalui pengujian yang didapatkan Oppo, Reno5 5G menjadi perangkat yang paling stabil dan memiliki kecepatan rata-rata terbaik,” sambungnya.

Hasil Uji Kecepatan 5G Telkomsel

Uji Kecepatan Internet Oppo Reno5 5G
Speedtest 5G di Oppo Reno5 5G (Foto: Oppo Indonesia)

Pada tahap awal digelarnya jaringan 5G di Indonesia, ada 6 area residensial yang ter-cover jaringan 5G Telkomsel. Mulai dari Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Pengujian kecepatan internet 5G dengan HP terbaru Oppo ini di daerah Gatot Subroto. Tercatat di aplikasi Speed Test, kecepatan download menggunakan internet 5G mencapai 122 Mbps. Sementara untuk kecepatan unggah menyentuh 50 Mbps. Untuk ping-nya berkisar di 22ms.

Tergolong cukup kencang, meski tak secepat kecepatan peak data 5G (berdasarkan teori) yang diklaim mencapai 10 – 20 Gbps.

Walau demikian, pengalaman pengguna untuk berselancar di dunia maya atau download dan upload beragam file, bakal jadi lebih nyaman serta lebih cepat daripada menggunakan jaringan 4G LTE.

{Baca Juga: Selain Lebih Kencang, Kenali Kelebihan 5G Dibanding Jaringan 4G}

“Kami berharap dengan adanya jaringan ini akan mengembangkan banyak sektor industri kreatif dan dapat digunakan untuk membantu masyarakat dengan kebutuhan data yang tinggi di situasi seperti ini,” pungkas Aryo.

Sebagai informasi tambahan, Oppo Reno5 5G sudah mendukung 5G NSA: n77/78/38/40/41/1/3/5/7/8/20/28 BlockA & BlockB untuk slot kartu SIM 1. Pita n40 sendiri direferensikan sebagai pita frekuensi radio 2,3 GHz. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -