Cara Aktifkan Internet 5G Indosat, Gak Perlu Ganti Kartu SIM

Telset.id, Jakarta – Indosat Ooredoo telah resmi menggelar jaringan internet 5G di Indonesia. Pertanyaannya, bagaimana cara pelanggan Indosat Ooredoo untuk dapat mengakses jaringan internet 5G?

Menurut SVP-Head of Business Planning Indosat Ooredoo, Shatya Framudia, sangat mudah untuk dapat menikmati jaringan internet 5G dari Indosat.

Pelanggan tak perlu repot-repot untuk mengganti kartu SIM mereka. Hanya saja, ada beberapa prosedur yang perlu dilalui pelanggan agar dapat menikmati jaringan internet generasi kelima tersebut.

“Kalau pelanggan sudah menggunakan SIM card 4G Indosat, maka tidak perlu ganti kartu. Itu sudah cukup karena untuk dapat menggunakan layanan 5G Indosat bisa menggunakan USIM 4G,” katanya.

{Baca juga: Layanan 5G Indosat Resmi Diluncurkan, Kota Solo yang Pertama}

Ada beberapa cara bagi pelanggan untuk mengakses jaringan internet 5G Indosat Ooredoo. Pertama pastikan sudah berada di kota yang sudah mendapatkan jangkauan jaringan 5G Indosat. Untuk tahap awal ada 5 kota yang sudah bisa 5G, yaitu Jakarta, Solo, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Syarat Mengakses Jaringan 5G Indosat 

Kemudian, pelanggan Indosat memiliki ponsel yang bisa terhubung dengan 5G Indosat. Beberapa ponsel sudah mendukungnya, seperti Xiaomi Mi 11, Huawei Mate 40 Pro, dan sejumlah ponsel Oppo dengan dukungan 5G.

Lalu, pelanggan harus melakukan pembaruan pada firmware dan software perangkat. Tujuannya agar ponsel dapat terhubung dengan layanan 5G dari Indosat yang berada di frekuensi 1.800 Mhz.

“Cara ketiga adalah pastikan firmware dan software pada perangkat HP sudah di-update,” ungkap Shatya.

{Baca juga: Harga Paket Internet 5G Indosat Mulai dari Rp 100 Ribuan}

Terakhir, pelanggan harus menggunakan paket Freedom Internet dan IM3 Postpaid Prime. Untuk saat ini paket Freedom dan Prime yang harganya diatas Rp 100 ribu sudah bisa mengakses jaringan 5G.

Di sisi lain Indosat juga berencana akan merilis paket khusus internet 5G yang harganya juga mulai dari Rp 100 ribuan.

“Kalau pelanggan sudah berlangganan paket Freedom dan Prime serta sudah memenuhi 4 syarat tersebut, maka mereka sudah bisa mengakse 5G” tambah Shatya.

Cara internet Indosat 5G
SVP-Head of Business Planning Indosat Ooredoo, Shatya Framudia

Pada kesempatan tersebut diungkapkan pula mengenai kecepatan internet 5G dari Indosat Ooredoo. Menurut SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo, Agus Sulistio, uji coba kecepatan internet 5G Indosat mencapai 540 Mbps.

Merujuk pada hasil uji coba tersebut, maka kecepatan internet 5G Indosat yang digelar secara komersil kemungkinan tidak jauh berbeda dengan hasil uji coba.

{Baca juga: Dibandingkan 5G Telkomsel, Ini Prediksi Kecepatan Internet 5G Indosat}

“Pada saat uji coba speed tertinggi mencapai 540 Mbps dengan latensi 10ms. Kecepatan internet seperti ini kami rasa cukup untuk perangkat smartphone ataupun Internet of Things (IoT),” ucap Agus. (NM/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0