Setelah Gmail Down, Giliran Instagram dan Facebook Down

Telset.id, Jakarta – Instagram dan  Facebook down atau mengalami kerusakan hingga tak bisa diakses. Instagram down dilaporkan oleh situs DownDetector, situs pendeteksi performa dari layanan online.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari pada Kamis (14/03/2019), situs tersebut telah menerima laporan terkait kerusakan pada Instagram sekitar rabu (13/03) pukul 23.00 WIB dan puncaknya sekitar pukul 04.00 WIB.

Terhitung bahwa DownDetector menerima 19.226 laporan tentang kerusakan dua media sosial tersebut. Sebagian besar pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses News Feed dan tidak bisa melakukan login.

Sementara lainnya, mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengakses Instagram versi website.

DownDetector juga menganalisis sejumlah wilayah yang terdampak pada error-nya Instagram dan Facebook. Seperti Amerika Serikat, beberapa negara di Amerika Selatan, Turki, sebagian Eropa, Australia, Jepang dan beberapa negara di Asia.

Sementara Facebook, pengguna mulai melaporkan adanya kerusakan pada Rabu (13/03) sekitar pukul 23.00 WIB. Sama seperti kasus Instagram, sekitar pukul 03.00 WIB terjadi lonjakan hingga 11.486 laporan yang menyatakan bahwa ada kerusakan dalam Facebook.

Sebagian besar dari pengguna mengaku tidak bisa melakukan login, tidak dapat melihat News Feed, bahkan sampai mengalami tampilan kosong tanpa ada konten sekalipun.

Tak hanya Instagram dan Facebook, layanan lainnya milik raksasa media sosial itu, yakni WhatsApp juga dilaporkan mengalami hal yang sama. Pada pukul 03.00 WIB, ada 968 laporan yang diterima oleh DownDetector bahwa WhatsApp juga mengalami kerusakan.

Pengguna kebanyakan tidak bisa mengirim atau menerima pesan, termasuk mengirimkan dan menerima gambar. Hingga berita ini diturunkan, Instagram maupun WhatsApp masih belum bisa diakses dengan normal.

Kasus Instagram dan Facebook Down ini berselang 1 hari dari kasus Gmail Down. Layanan pesan elektronik tersebut dikabarkan mengalami system down dan sudah banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mengakses layanan tersebut sejak pagi ini, Rabu (13/3/2018).

{Baca juga: Layanan Gmail Down, Ada Apa?}

Google memberikan penjelasan terkait tumbangnya layanan pesan Gmail dan Google Drive yang terjadi beberapa jam yang lalu. Raksasa pencarian ini mengaku masih melakukan penyelidikan terkait penyebab Gmail down.

Menurut laporan The Guardian, seperti dilansir Telset.id pada Rabu (13/03/2019), Google  langsung “gerak cepat” dengan mencari penyebab kerusakan pada layanannya. (NM/FHP)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI