Layanan Gmail Down, Ada Apa?

Telset.id, Jakarta – Layanan pesan elektronik Gmail dikabarkan error atau mengalami system down. Hal ini dideteksi oleh situs DownDetector dan sudah banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mengakses layanan tersebut sejak pagi ini, Rabu (13/3/2018).

Dilansir Telset.id dari DownDetector pada Rabu (13/03/2019), tercatat ada 3258 laporan diterima situs tersebut atas kerusakan yang terjadi pada layanan milik Google.

DownDetector melaporkan problem paling dikeluhkan pengguna Gmail yakni masalah log in yakni 37%,  penerimaan pesan 31% dan tidak bisa mengakses lampiran pada email sebesar 30%.

Pada keterangannya, DownDetector juga menjelaskan terkait negara mana saja yang terdampak dari kerusakan Gmail yang terjadi pagi ini.

{Baca juga : Simsalabim! Google Ubah Gmail jadi “Serba Pintar”}

Terlihat pada peta bahwa ada warna kuning dan merah yang menandakan negara-negara terdampak. Terlihat bahwa negara yang terdampak adalah Amerika Serikat, India, Malaysia, Indonesia, Jepang, sebagian Australia dan beberapa titik lainnya.

Sejauh ini Google belum memberikan keterangan kenapa layanan email mereka mengalami masalah dan tumbang di berbagai daerah. Layanan yang berada dibawah naungan Google lain seperti Youtube juga sempat mengalami hal serupa.

YouTube dilaporkan sedang mengalami gangguan serius. Sebab, layanan tersebut tidak dapat diakses di berbagai wilayah di dunia pada 17 Oktober 2018 kemarin.

{Baca Juga : YouTube Error di Sejumlah Negara, Termasuk Indonesia

Berdasarkan pantauan Telset.id, saat pengguna mengakses YouTube versi desktop maupun aplikasi di smartphone, mereka hanya akan mendapatkan pesan error [503] atau adanya kesalahan pada jaringan internet.

Situs pendeteksi layanan internet yang tumbang, Downdetector juga memberikan informasi bahwa YouTube mengalami masalah pada sistemnya sejak pagi tadi. Dalam situs tersebut, disebutkan juga bahwa pengguna YouTube mengeluhkan tidak bisa menonton video, kesulitan masuk ke halaman utama, sampai sulit login. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI