Kalahkan TikTok, YouTube Jadi Platform Media Sosial Andalan Gen Z

Telset.id, Jakarta – YouTube disebut-sebut menjadi platform media sosial utama yang paling diandalkan oleh Gen Z dewasa. Menurut survei, sekitar 59% Gen Z berusia 18 hingga 26 tahun memandang platform berbagi video ini sebagai sesuatu yang dapat dipercaya.

Belum lama ini, Business Insider bekerja sama dengan YouGov, melakukan survei terhadap lebih dari 1.800 warga Amerika yang mencakup lima generasi. Lebih dari 600 responden merupakan bagian dari Gen Z, yang didefinisikan sebagai orang yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Disini BI hanya menyurvei mereka yang berusia di atas 18 tahun.

Salah satu pertanyaan menyajikan pandangan Gen Z dewasa terkait kepercayaan terhadap beberapa perusahaan media sosial besar.

BACA JUGA:

Menurut survei, YouTube menjadi yang teratas, dengan 59% dari Gen Z berusia 18 hingga 26 tahun menyebutnya sebagai cukup atau sangat dapat dipercaya. Sementara itu, 28% dari responden menilainya kurang dapat dipercaya.

Di posisi kedua ada Instagram, yang meraih 40% suara Gen Z dalam hal kepercayaan. 45% diantara mereka mengaku tidak percaya, sedangkan sisanya 15% mengaku bingung.

Sementara itu, Facebook keluar sebagai platform yang disebut kurang dapat dipercaya. Dibuktikan dengan 60% Gen Z dewasa menyebutnya cukup atau sangat tidak dapat dipercaya, dan hanya 28% dari generasi ini menyebutnya dapat dipercaya.

Menyusul itu, ada TikTok, yang disebut oleh 57% Gen Z sebagai platform yang kurang dapat dipercaya. Kinerjanya sedikit lebih baik daripada Facebook dalam hal kepercayaan, dengan 30% dari generasi ini mengaku cukup dan sangat percaya pada TikTok.

Tidak sulit untuk membayangkan mengapa beberapa platform lain dalam daftar menduduki peringkat di bawah YouTube dalam hal kepercayaan.

Facebook telah melalui banyak kontroversi, ditambah banyak Gen Z yang pada dasarnya tidak menggunakan Facebook.

Sementara itu, X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, menjadi semakin kontroversial sejak Elon Musk membeli situs tersebut pada tahun 2022.

BACA JUGA:

Dan TikTok, dianggap sebagai salah satu platform yang paling sering digunakan oleh Gen Z, menjadi pusat perhatian ketika legislator mengangkat kekhawatiran keamanan tentang perusahaan induk TikTok, ByteDance, yang berpusat di China.

Nah, sobat Telset gimana nih? Lebih mengandalkan YouTube, Facebook, atau TikTok?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI