Tagar #InstagramDown dan #FacebookDown Ramai di Twitter

Telset.id, Jakarta – Warganet sejak semalam dihebohkan dengan tumbangnya layanan Instagram dan Facebook. Mereka melaporkan masalah tersebut kepada situs DownDetector dan juga ramai-ramai memasang tagar #InstagramDown dan #FacebookDown di Twitter.

Berdasarkan pantauan Tim Telset.id di Trends24Ā pada Kamis (14/03/2019) bahwa tagar tersebut berada di posisi teratas sejak tadi malam. Bahkan hingga pukul 07.48 WIB tagar tersebut masih berada diatas disusul dengan tagar #WhatsAppDown serta beragam topik pembicaraan lainnya.

Misalnya akun twitter @RevianBaginda melampirkan tampilan aplikasi Instagram yang mengalami kerusakan. Kemudian dirinya juga mencuit dengan kesan bercanda jika, cukup Instagram saja yang mengalami kerusakan.

Hal serupa juga dikatakan oleh akun @iam_verdi. Akun tersebut menyatakan bahwa masyarakat indonesia tampaknya tidak bisa membicarakan orang lain untuk sementara waktu karena Facebook mengalami kerusakan.

Masih melalui Twitter, polemik kerusakan ini pun akhirnya ditanggapi oleh Facebook selaku perusahaan induk yang mengelola Facebook, Instagram dan WhatsApp. Di akun resmi @Facebook mereka menjelaskan bahwa tedapat gangguan yang menyebabkan pengguna kesulitan mengakses sejumlah layanan seperti Instagram dan WhatsApp.

{Baca juga:Ā Ternyata, Penyebab Facebook Down Gara-gara ā€œKonfigurasi Serverā€}

Selain itu mereka berjanji akan menyelesaikan masalah kerusakan ini serta membantah kerusakan terjadi karena serangan pihak tertentu kepada server miliknya.Ā “Fokus kami menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin. Tapi kami konfirmasikan masalah ini tidak terkait dengan serangan DDoS” cuit Facebook.

SebelumnyaĀ Instagram dan Facebook down atau mengalami kerusakan hingga tak bisa diakses. Instagram down dilaporkan oleh situs DownDetector, situs pendeteksi performa dari layanan online.

Berdasarkan pantauan tim Telset.id dari pada Kamis (14/03/2019), situs tersebut telah menerima laporan terkait kerusakan pada Instagram sekitar rabu (13/03) pukul 23.00 WIB dan puncaknya sekitar pukul 04.00 WIB. Terhitung bahwa DownDetector menerima 19.226 laporan tentang kerusakan dua media sosial tersebut.
Sebagian besar pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses News Feed dan tidak bisa melakukan login. Sementara lainnya, mengeluhkan bahwa mereka tidak dapat mengakses Instagram versi website.
DownDetector juga menganalisis sejumlah wilayah yang terdampak pada error-nya Instagram dan Facebook. Seperti Amerika Serikat, beberapa negara di Amerika Selatan, Turki, sebagian Eropa, Australia, Jepang dan beberapa negara di Asia.
Sementara Facebook, pengguna mulai melaporkan adanya kerusakan pada Rabu (13/03) sekitar pukul 23.00 WIB. Sama seperti kasus Instagram, sekitar pukul 03.00 WIB terjadi lonjakan hingga 11.486 laporan yang menyatakan bahwa ada kerusakan dalam Facebook. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here