Rupa-rupa Ransomware dan Modus Serangannya

FLocker

FLocker malware

Trend Micro juga melihat kemunculan kembali mobile lock-screen malware bernama FLocker, meski kali ini lebih canggih karena tidak hanya bisa menginfeksi perangkat Android, namun meningkat ke TV cerdas. Jenis ini pertama kali ditemukan di bulan Mei 2015 terdeteksi sebagai ANDROIDOS_FLOCKER.A).

Sejak itu FLocker memiliki lebih dari 7000 varian seperti yang terlihat di bank sampel Trend Micro. Di bulan April terdapat lonjakan jumlah varian mencapai lebih dari 1200 varian berhasil terpantau.

Di pertengahan bulan Juni, periset Trend Micro berhasil mengidentifikasi sebuah varian Trojan dari FLocker yang menyusup ke lembaga US Cyber Police serta lembaga-lembaga lainnya.

Setelah berhasil menginfeksi, malware akan memalak korban dengan tebusan sebesar USD 200 agar file korban yang sudah ditawan bisa dikembalikan seperti sedia kala di iTunes gift cards. Periset Trend Micro juga mengungkapkan tidak adanya perbedaan mencolok antara varian yang menginfeksi Android dengan jenis yang membidik ke smart TV.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI