Rupa-rupa Ransomware dan Modus Serangannya

Crysis

Sejak kemunculannya pertama kali di bulan Februari, untuk pertama kalinya peneliti berhasil mendeteksi jenis baru ransomware yang menarget ke individu dan perusahaan sekaligus. Kehadirannya sempat mengisi tajuk keamanan di awal bulan Juni dan dijuluki sebagai penerus TeslaCrypt.

Crysis merebak melalui email beracun yang memuat lampiran dengan dua ekstensi file yang membuat file executable dikemas seolah-olah bukan. Selain menumpang email-email spam yang memuat URL jahat, varian ini juga didistribusika sebagai installer untuk aplikasi-aplikasi asli, seperti WinRAR, Microsoft Excel and iExplorer.

Setelah mengenkripsi lebih dari 185 jenis files, baik di fixed drive maupun removable drive, jenis ransomware ini lantas menodong korban untuk membayar sejumlah tebusan dengan nominal bervariasi, antara USD 455 hingga USD 1.022 dalam bentuk Bitcoin. Crysis juga mampu mengenkripsi file sistem yang membuat sistem menjadi tidak stabil lagi.

Selain menawan file di komputer korban, ransomware jenis ini juga mampu mengumpulkan credentials pengguna yang mereka temukan dari hasil menyisir komputer korban. Kemudian mengambil alih seluruh wewenang administrator di semua akun. Selain kemampuannya untuk menginfeksi Windows dan Mac, varian ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan propagasi di jaringan untuk menginfeksi perangkat lain yang ada di jaringan yang sama.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI