Rupa-rupa Ransomware dan Modus Serangannya

MIRCOP

MIRCOP

Di akhir Juni, muncul pula jenis ransomware baru yang punya perilaku unik bernama MIRCOP (terdeteksi sebagai RANSOM_MIRCOP.A). MIRCOP seolah menimpakan semua kesalahan ke korban dan kadang bilang bahwa korban telah bersedia mengirimkan uang tebusan.

Parahnya, pesan ancaman dengan gambar latar belakang orang bertopeng Guy Fawkes justru balik menyalahkan korban karena telah “mencuri dari mereka,” sehingga menurut mereka apa yang mereka lakukan terhadap korban adalah bentuk reaksi semata. Padahal tidak betul sama sekali.

Hingga tanggal 23 Juni, tercatat bahwa ransomware ini telah meminta tebusan setara dengan 48,48 bitcoins (atau sekitar USD 28.730,70) dari para pengguna, seperti dilansir oleh periset di Trend Micro. Di baris akhir pesan ancaman, pelaku menuliskan pula alamat Bitcoin, tidak seperti jenis ransomware lain yang menuliskan langkah-langkah instruksi bagaimana proses penebusan file kepada korban.

MICROP disinyalir beredar melalui email spam yang terpapar dokumen yang meyaru sebagai aparat bea cukai. Terlepas dari kemahirannya untuk mengenkripsi file, jenis ransomware ini juga mampu menambang sejumlah data credentials yang terdapat pada beberapa program, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Filezilla, dan Skype.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI