Rilis iPhone 14 Tertunda Gara-gara China-Taiwan Bersitegang?

Telset.id, Jakarta – Rilis iPhone 14 kabarnya bakal tertunda gara-gara ketegangan China dan Taiwan. China membuat peraturan baru untuk larangan dokumen pengiriman.

Rilis iPhone 14 terancam tertunda setelah Nancy Pelosi, Ketua DPR Amerika Serikat, berkunjung ke Taiwan pada Rabu (3/8/2022). Kunjungannya ke sana kontroversial.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan menempatkan ketegangan lebih besar terhadap hubungan China-Taiwan. Partai Komunis China berang dan membuat peraturan baru.

Mereka langsung melarang penyebutan “Taiwan” atau “Republik China” dalam semua dokumen pengiriman. Padahal, Apple adalah pelanggan utama TSMC Taiwan.

BACA JUGA:

TSMC mengirimkan chip ke Pegatron di China, tempat perakitan iPhone. Dengan adanya aturan baru, perangkat keras TSMC untuk Apple bisa dikembalikan ke Taiwan.

Kondisi tersebut sangat tidak menguntungkan buat Apple. Penolakan perangkat keras ke China bakal berdampak terhadap produksi iPhone 14. Akibatnya, rilis bisa mundur.

Sialnya, Wakil Ketua Pegatron dan eksekutif puncak TSMC terlihat bersama Pelosi selama kunjungan sehingga bisa saja menjadi awal dari perang dagang sengit dengan China.

Seperti Telset kutip dari GSM Arena, Senin (8/8/2022), Apple dan perusahaan lain yang berbasis di Amerika Serikat terperangkap di tengah-tengah konflik China-Taiwan.

Apple sudah dalam pembicaraan dengan para mitra Taiwan. Tim Cook dkk meminta supaya semua label “Made in Taiwan” atau “Republik China” dihapus atau diganti.

Melihat situasi tersebut, idak mengherankan kalau sumber Ming-Chi Kuo mengklaim beberapa unit iPhone 14 ukuran 6,1 inci akan diproduksi di pabrik Foxconn di India.

Untuk kali pertama, Apple sangat mendiversifikasi produksi perangkat jika informasi manufaktur di India memang benar. Rupanya, Apple terdampak perang China-Taiwan.

BACA JUGA:

Berita itu datang ketika iPhone 14 tak lama lagi rilis. Berita tersebut sekaligus menambah derita Apple dalam memproduksi empat iPhone terbaru keluaran tahun ini.

Sebelumnya, terdapat desas-desus bahwa ada beberapa masalah produksi kualitas layar dan lensa kamera di satu model iPhone teranyar, yakni iPhone 14 Pro Max. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI