Apple Mulai Produksi iPhone 14 “Made in India”, Lebih Murah?

Telset.id, Jakarta – Analis Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa untuk pertama kalinya sebagian iPhone terbaru akan diproduksi di India, selain pemasok lama di China. Kabarnya, iPhone 14 model standar 6,1 inci yang akan mendapat stempel “Made in India”.

Apple diketahui berusaha mengurangi ketergantungannya pada China untuk memproduksi iPhone, dengan mencari alternatif pabrik di negara lain, salah satunya di India.

Analis Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa India mulai mendapat “orderan” memproduksi iPhone terbaru di tahun ini untuk produksi iPhone 14. Dalam tweet-nya, Kuo menyebutkan untuk tahap awal, India akan memproduksi iPhone 14 dalam jumlah terbatas.

Menurut Kuo, kapasitas/pengiriman iPhone India masih memiliki kesenjangan yang cukup besar dengan China. Namun dia mencatat bahwa ini adalah tonggak penting bagi Apple dalam membangun basis produksi iPhone non-China.

BACA JUGA:

“Ini menyiratkan bahwa Apple sedang mencoba untuk mengurangi dampak geopolitik pada pasokan, dan melihat pasar India sebagai pendorong pertumbuhan utama berikutnya,” ujar Kuo.

Seperti Telset kutip dari Apple Insider, Jumat (5/8/2022), Kuo mengatakan bahwa laporan tersebut berasal dari sumber terpercaya di rantai pasokan Apple.

Dia menyebutkan bahwa India hanya akan memproduksi iPhone 14 model standar 6,1 inci. Sementara China masih akan menjadi pemasok utama bagi Apple untuk produksi model Pro dan Max.

Seperti diketahui, Apple diperkirakan tahun ini akan menambahkan model baru untuk varian iPhone Max 6,7 inci. Total,  Apple akan merilis iPhone 14 standar, model Max, Pro, dan Pro Max sebagai varian dengan spesifikasi paling tinggi.

Harga iPhone 14

Sebelumnya dilaporkan, harga iPhone 14 dirumorkan tidak akan lebih mahal dari iPhone pendahulu. Kalau benar, konsumen tentu bakal senang mendengarnya.

Kabar sebelumnya menyebut, harga iPhone 14 akan lebih mahal daripada iPhone 13. Namun, sebuah situs asal Korea, Naver, mengungkapkan hal berbeda.

Naver menyebut, Apple memutuskan untuk mempertahankan harga awal iPhone 14 di angka USD 799 atau  Rp 11,9 juta, sama dengan iPhone 13 dan iPhone 12.

Sebenarnya, banyak orang yang masih “memaklumi” jika Apple menaikkan harga iPhone 14, mengingat kondisi ekonomi dunia yang sedang sangat sulit.

Keputusan Apple mempertahankan banderol iPhone 14 sama seperti seri sebelumnya bertujuan untuk mendorong pengguna agar mau berganti iPhone baru.

BACA JUGA:

Saat ini, iPhone 13 mini menjadi yang termurah dari jajaran flagship iPhone dengan banderol USD 699 atau Rp 10,4 juta. Apple sudah tidak lagi merilis penerusnya.

Sebagai gantinya, para Apple Fanboy akan mendapatkan pilihan iPhone 14 Max berukuran 6,7 inci, yang diperkirakan hadir dengan harga USD 899 atau Rp 13,4 juta.

Adapun, untuk harga iPhone 14 Pro dan Pro Max bakal mengalami kenaikan USD 100. Sebab, dua model itu mendapatkan perubahan besar, termasuk kamera 48MP. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0