Zoom Ajak Tempat Kerja Bertransformasi dengan AI Companion 2.0

REKOMENDASI

Telset.id, Jakarta – Dalam sebuah acara tahunan bertajuk Zoomtopia, Zoom mengumumkan rangkaian inovasi terbarunya. Salah satunya AI Companion 2.0, sebuah fitur yang didesain untuk meningkatkan produktivitas dan kolaborasi di tempat kerja.

Diungkapkan Eric S. Yuan, Pendiri sekaligus CEO Zoom, dengan berfokus pada kecerdasan buatan (AI), Zoom berharap dapat merevolusi cara tim berkomunikasi dan bekerja di era digital. Salah satunya lewat AI Companion 2.0 dirancang untuk memodifikasi dan personalisasi pengalaman pengguna melalui integrasi yang lebih luas.

“Dengan AI Companion yang mampu meningkatkan produktivitas, kami membantu para pelanggan kami untuk mentransformasi cara mereka bekerja. Ini lebih dari sekadar evolusi, tetapi sebuah perombakan total tentang cara kita bekerja di era digital,” kata Yuan.

BACA JUGA:

AI Companion 2.0 sendiri datang dengan berbagai kemampuan yang lebih canggih dari sebelumnya. Beberapa fitur baru ditawarkan, mulai dari Interface Persisten yang memungkinkan pengguna bisa mengakses AI Companion di panel samping seluruh platform Zoom Workplace, sehingga memudahkan interaksi dan aliran informasi;

Pemahaman Kontekstual yang Diperluas, dimana AI Companion kini dapat memberikan saran yang lebih akurat berdasarkan riwayat percakapan dan konteks yang sedang dilihat pengguna; hingga Synthesis Canggih yang memungkinkan AI Companion membantu meringkas percakapan dan dokumen secara lebih efisien, termasuk mengintegrasikan data dari aplikasi pihak ketiga seperti Microsoft Office dan Google Docs.

Selain itu, AI Companion juga terhubung ke Web yang memungkinkannya mampu mencari informasi dari internet secara real-time untuk menjawab pertanyaan pengguna.

Kabar baiknya, fitur AI Companion 2.0 ini akan tersedia tanpa biaya tambahan bagi pengguna berbayar di Zoom Workplace dalam beberapa minggu mendatang.

Add-on Khusus AI Companion

Selain peningkatan fungsionalitas, Zoom juga menawarkan add-on khusus untuk AI Companion yang memungkinkan personalisasi lebih dalam. Add-on ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan AI Companion dengan aplikasi pihak ketiga seperti Jira, Asana, Hubspot, dan lainnya.

Personalisasi ini juga memungkinkan pelatihan AI yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, serta penggunaan avatar khusus untuk membuat konten video lebih cepat dan efisien.

Add-on ini direncanakan akan tersedia pada paruh pertama tahun 2025 dengan harga $12 per pengguna per bulan.

BACA JUGA:

Selain AI Companion 2.0, Zoom juga memperkenalkan Zoom Tasks, sebuah fitur AI yang akan membantu pengguna mendeteksi, merekomendasikan, dan menyelesaikan pekerjaan berdasarkan percakapan dan interaksi di platform Zoom Workplace.

Ada juga Zoom Phone yang kini dilengkapi kemampuan merangkum panggilan secara real-time dengan AI Companion dan membuat pesan suara yang bisa disesuaikan dengan jadwal kegiatan pengguna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI