Tren Dunia Metaverse: NFT, Beli Tanah Virtual, Game Metaverse

Telset.id – Metaverse akan menciptakan tren baru di masyarakat global, mulai dari tren game metaverse, beli tanah virtual, NFT, hingga transaksi menggunakan mata uang kripto seperti bitcoin dan ethereum.

Ambisi Meta yang ingin membangun metaverse, membuat Metaverse ramai menjadi perbincangan. Bahkan hari ini sudah ada game dan situs yang memulai start untuk menawarkan dunia Metaverse kepada masyarakat.

Dengan berbagai perkembangan sekarang, maka Metaverse dapat membuat beberapa tren baru di kehidupan masyarakat untuk hari ini dan masa depan. Apa saja?

Tren Game Metaverse Play To Earn

NFT Metaverse

Tren yang mulai muncul adalah game metaverse, dengan konsep play to earn atau game yang menghasilkan.

Dilansir Telset dari Technode pada Senin (31/1/2022), di game play to earn pemain tidak hanya menjalankan misi tetapi bisa membeli atau membuat sendiri arena, karakter dan barang atau skin sendiri di dalam game.

Nantinya mereka bisa menjualnya ke pemain lain dengan menggunakan mata uang kripto, sehingga pemain bisa menghasilkan uang sambil bermain game.

Saat ini mulai bermunculan game yang menawarkan konsep play to earn, seperti Axie Infinity, My Neighbor Alice, Herocat GameFi hingga Roblox. Menurut CEO perusahaan game Moments, Meysam Moradpour game play to earn akan menjadi tren di metaverse.

Baca juga: Mengenal Metaverse, Teknologi Virtual yang akan Mengubah Dunia

Sebab, metaverse adalah dunia tanpa batas sehingga akan banyak game-game jenis tersebut bermunculan di metaverse. Selain itu game ini pastinya sangat diminati khususnya bagi mereka yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Game Metaverse

“NFT dan game play to earn akan memungkinkan ekonomi dunia ketiga untuk mulai mendapatkan penghasilan yang cukup dari hanya bermain game sepanjang hari,” ungkap Meysam seperti dikutip Telset dari Boardroom TV.

Masih dari dunia game, tren berikutnya adalah munculnya game yang mengandalkan kekuatan fisik pemain. Maksudnya di masa depan akan bermunculan produk VR/AR dan produk pendukung lainnya yang mampu meningkatkan keterlibatan pemain di dalam game.

Maksudnya pemain tidak lagi hanya duduk diam sambil memainkan gadget, laptop atau PC untuk menamatkan permainan.

Akan tetapi, mereka harus benar-benar bergerak sehingga pemain seperti berada di arena sungguhan. Contohnya ketika bermain game FPS maka mereka harus berlari, bersembunyi dan menembak musuh.

Tren Beli Tanah di Metaverse 

tanah virtual

Transaksi jual beli tanah dapat terjadi metaverse, dan tidak sedikit platform yang menawarkan hal tersebut. Dunia virtual ini memungkinkan kalian untuk membeli tanah di metaverse. Lalu apa gunanya membeli tanah disana?

Membeli tanah di metaverse bisa menjadi investasi, karena saat banyak orang dapat mengakses metaverse maka tanah yang dimiliki bisa dibuat untuk berbagai hal. Layaknya tanah di dunia nyata, kalian dapat membangun toko, untuk disewakan ke perusahaan yang ingin menjual produk mereka di metaverse.

Baca juga: Begini Cara Kerja Metaverse, Masuk ke Dunia Virtual Masa Depan

Kalian juga dapat menjual tanah tersebut dengan harga tinggi, sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan tanah metaverse.

Tren beli tanah di metaverse juga sudah dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar. Misalnya Samsung yang membangun toko virtual bernama Samsung 837X di platform Decentraland.

Lalu ada Adidas yang membeli tanah di The SandBox, dan memberi nama tanah tersebut yaitu AdiVerse. Yang terbaru adalah Warner Music Group yang ingin membangun arena konser virtual di metaverse.

Semua perusahaan besar itu telah berpikir ke depan, dan saat metaverse bisa diakses banyak orang maka perusahaan sudah siap untuk mengembangkan bisnis disana.

Cara Beli Tanah di Metaverse 

Untuk membeli tanah di Metaverse, caranya juga mudah. Saat ini ada beberapa platform yang menjual tanah metaverse seperti Decentraland, The SandBox, dan earth2.io.

Baca juga: Metaverse Mengubah Gaya Hidup Manusia di Era Digital

Mereka menjual tanah dengan harga yang beragam tergantung dengan lokasi dan luas tanah yang dibeli. Selain itu untuk membeli tanah metaverse, kalian harus memiliki dompet blockchain dan mata uang kripto. Berikut ini cara beli tanah di metaverse.

  • Masuk ke situs market.decentraland.org. dan klik Start Browsing.

  • Pilih menu Land dan pilih tanah yang ingin dibeli. Tersedia 2 jenis tanah yakni Parcels untuk tanah petak yang ukurannya sempit, dan Estates tanah yang ukurannya luas. Klik tanah yang ingin dibeli.

NFT

  • Usai diklik, kalian akan melihat harga tanah, jenis uang kripto atau token aset kripto yang berlaku dan nama pemiliknya. Jika tertarik silakan klik Buy.

  • Cara beli tanah di metaverse berikutnya, silakan untuk hubungkan dompet blockchain yang dimiliki dengan Decentraland. Hal ini perlu dilakukan karena tanah nantinya akan dikirim ke dompet blockchain dalam bentuk NFT.
  • Konfirmasi pembelian tanah menggunakan mata uang kripto yang dimiliki, dan usai transaksi selesai maka kalian berhasil memiliki tanah di metaverse.

Tren NFT dan Mata Uang Kripto 

NFT

Di awal tahun 2022 publik dikejutkan dengan sosok Ghozali Everyday yang mampu meraup uang miliaran rupiah, hanya dari berjualan Non Fungible Token (NFT), foto selfie dirinya. Lalu tahun lalu, mata uang kripto juga menjadi pembicaraan publik karena nilai asetnya yang cenderung fluktuatif.

Dalam menghadapi era metaverse tampaknya, kalian harus segera mempelajari bahkan memiliki kedua produk digital tersebut. Alasannya karena NFT Metaverse dan mata uang kripto menjadi aset digital yang dapat dimiliki dan diperjualbelikan di metaverse.

Fenomena ini sudah terlihat ketika kalian membeli tanah di metaverse. Seperti sudah disinggung sebelumnya, kalau aset tanah yang kalian miliki akan berbentuk NFT metaverse dan uang yang dipakai untuk membelinya adalah mata uang kripto.

Baca juga: Apa Itu NFT? Aset Digital dengan Penjualan Mencapai Rp 356 Triliun

Biasa dibayangkan jika metaverse sudah semakin mudah diakses, maka untuk masuk kesana maka NFT metaverse dan mata uang kripto layaknya kebutuhan yang wajib kalian miliki agar bisa beraktivitas dengan nyaman di dunia virtual itu.

Dengan tren yang terjadi saat ini, sudah semestinya kalian mempersiapkan diri untuk menghadapi beberapa tren tersebut. [NM/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI