telset

Sah! Facebook Ganti Nama Menjadi Meta

Telset.id, Jakarta – Facebook Inc, induk perusahaan dari Instagram, Facebook, WhatsApp, Oculus, dan lainnya, resmi ganti nama menjadi Meta. Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg di acara tahunan Connect pada Kamis (28/10/2021).

Nama Meta memiliki makna yang luas bagi Facebook. Menurut Zuckerberg, Meta menjadi tanda bahwa perusahaan yang dipimpinnya menempatkan manusia sebagai pusat teknologi.  

“Kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk terhubung. Bersama-sama, kami akhirnya dapat menempatkan orang di pusat teknologi kami. Dan bersama-sama, kita dapat membuka ekonomi kreator yang jauh lebih besar,” tuturnya. 

Baca juga: Facebook Bantah Ada Kebocoran Data Saat Layanan Down

Dengan Facebook Inc yang ganti nama menjadi Meta, itu artinya Facebook hanya menjadi salah satu nama produk saja seperti Instagram, WhatsApp, dan Oculus.

Ia pun mengakui bahwa nama Facebook sudah begitu melekat di perusahaannya. Namun, keputusan merubah nama induk perusahaan diambil demi mewujudkan mimpi menjadi perusahaan metaverse. 

“Nama Facebook tidak sepenuhnya mencakup semua yang dilakukan perusahaan sekarang, dan masih terkait erat dengan satu produk. Namun seiring berjalannya waktu, saya harap kami terlihat sebagai perusahaan metaverse,” ungkap Zuckerberg. 

Logo perusahaan Meta

Ganti nama menjadi Meta, Zuckerberg pun mengubah logo Facebook Inc. Logo F sekarang berubah menjadi logo infinite, yang merupakan simbol matematika yang mewakili konsep tak terhingga. 

Meta sendiri sudah memiliki akun Twitter resmi dengan nama akun @meta, dan sudah memiliki 13,5 juta pengikut.

Meta Ingin Menjadi Perusahaan Metaverse

Keinginan Zuckerberg untuk mengubah nama Facebook Inc memang sudah sejak lama diungkapkannya. Saat itu, ia ingin membangun sebuah perusahaan metaverse.

“Kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai  perusahaan media sosial, menjadi perusahaan metaverse,” jelas Mark.

Baca juga: Facebook akan Ganti Nama Metaverse

Mark mengklaim jika ambisi mengubah Facebook jadi perusahaan metaverse akan berdampak pada perkembangan teknologi internet. Namun dirinya enggan menjelaskan lebih detail rencananya tersebut.

Facebook Metaverse

“Ini akan menjadi fokus besar, dan saya berpikir bahwa ini hanya akan menjadi bagian besar dari bab berikutnya untuk cara bahwa berevolusi internet setelah internet mobile.  Ini juga akan menjadi babak besar berikutnya bagi perusahaan kami juga,” katanya.

Kemarin, Mark menepati janjinya dengan ganti nama Facebook Inc menjadi Meta. Patut ditunggu bagaimana inovasi teknologi yang dihasilkan Meta usai berganti nama perusahaan. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0