Ulang Tahun ke-13, Tokopedia Ungkap Tren dan Inovasi Setahun Terakhir

Telset.id – Di momen ulang tahun yang ke-13, Tokopedia mengungkap sejumlah temuan menarik, sekaligus membagikan tren dan inovasi perusahaan selama setahun terakhir. 

Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik berkat sejumlah inisiatif, termasuk Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Mitra Tokopedia, dan lainnya, selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022). 

“Salah satunya di ekosistem Mitra Tokopedia, dimana jumlah transaksi dan penjual yang bergabung masing-masing bertumbuh 1,5 kali lipat dan hampir 2 kali lipat,” jelas Rizky.

Catatan baik dari Mitra Tokopedia ini diikuti pula oleh inisiatif lainnya. Tokopedia NOW!, misalnya, yang mencatat kenaikan jumlah transaksi sebanyak 2,5 kali lipat, sedangkan transaksi Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari 3,5 kali lipat.

Di sisi lain, ada 10 pasar tradisional yang bergabung 13ersama Tokopedia, dan disebutkan Rizky lagi, akan terus bertambah.

BACA JUGA: 

Adapun beberapa kategori dan produk paling diminati dari masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

Sementara beberapa penemuan menarik lainnya sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022, meliputi:

  • Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas;
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi: Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng (rata-rata peningkatan 3,5 kali lipat);
  • Wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang (rata-rata peningkatan 9 kali lipat).

Ada Apa di HUT ke-13 Tokopedia?

Untuk merayakan HUT ke-13 yang jatuh di bulan Agustus, Tokopedia juga tak lupa untuk menghadirkan Promo Ultah Tokopedia ‘Semua Serba Murah’ di berbagai kampanye, di antaranya Serbu Official Store (SOS) pada 13-24 Agustus 2022 dengan cashback hingga Rp1,3 juta dan Waktu Indonesia Belanja (WIB) dengan flash sale mulai dari Rp130.

Diungkapkan CTO Tokopedia, Herman Widjaja, di HUT ke-13 ini Tokopedia terus berupaya menciptakan super ecosystem yang bisa mempermudah masyarakat memulai dan menemukan apa pun ‘13ersama Tokopedia’, demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Salah satunya lewat inisiatif Hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh. Jadi tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar,” katanya.

BACA JUGA:

Contoh manifestasi Hyperlocal meliputi Kumpulan Toko Pilihan (KTP), halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada pula aplikasi Mitra Tokopedia untuk membantu pemilik warung menstok barang dagangan dan berjualan produk digital, seperti pulsa, token listrik, hingga pembayaran pajak, biaya pendidikan maupun BPJS. 

Selain itu, ada Tokopedia NOW! yang menyediakan produk harian dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Kemudian ada Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) di mana penjual bisa menitipkan produk di ‘gudang pintar’ pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Inisiatif lainnya yang sudah diluncurkan Tokopedia adalah Digitalisasi Pasar Tradisional yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0