Tokopedia Gencarkan Program Digitalisasi Pasar Rakyat, Ini Kelebihannya!

Telset.id – Tokopedia kembali menunjukkan dukungannya terhadap UMKM lokal, kali ini dengan melakukan digitalisasi pasar rakyat. Program turunan inisiatif Hyperlocal ini ditujukan untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh. 

Diungkapkan Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, program Digitalisasi Pasar Rakyat diharapkan bisa memberikan panggung kepada pegiat pasar rakyat di berbagai daerah di Indonesia untuk berkontribusi terhadap perekonomian digital.

“Praktiknya, kami akan membantu pembukaan akun pasar rakyat hingga pembinaan berbisnis daring di platform Tokopedia,” kata Leontinus. 

BACA JUGA:

Seperti diketahui, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menargetkan untuk melakukan digitalisasi terhadap lebih banyak pasar rakyat dan UMKM hingga tahun 2024. Digitalisasi Pasar Rakyat oleh Tokopedia merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam mempercepat target tersebut. 

“Kami berharap digitalisasi pasar rakyat dan UMKM dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif. Dengan dukungan dari platform digital seperti Tokopedia, upaya ini akan sangat membantu mempercepat pencapaian target transformasi digital khususnya di sektor perdagangan,” kata Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, dalam kunjungannya ke salah satu pasar rakyat, yaitu Pasar Baru Cicalengka baru-baru ini.

Pasar Baru Cicalengka sendiri, lewat Tokopedia, disebut telah berhasil menyokong ratusan pedagang setempat untuk tetap terhubung dengan masyarakat selama pandemi. 

Selain dengan pemerintah pusat, Tokopedia juga bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menggandeng penjual baru, baik individu maupun pasar rakyat di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

“Kerja sama yang dilakukan bersama platform digital seperti Tokopedia untuk mempercepat digitalisasi pasar rakyat diharapkan dapat membantu para pedagang dalam meningkatkan penjualannya secara daring sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian Jawa Barat,” tambah Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Hingga kini, ada 10 pasar rakyat yang bergabung di Tokopedia, termasuk Pasar Baru Cicalengka dan Pasar Cihapit di Bandung, Pasar Cikurubuk di Tasikmalaya, Pasar Anyar Tangerang, Pasar Rakyat Oro Oro Dowo di Malang, Pasar Beringharjo dan Pasar Gentan di Yogyakarta, Sewakamart Pasar Badung di Bali, serta Baruga Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Baruga Pasar Kampung Baru di Makassar.

BACA JUGA:

Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan Bebas Ongkir dari Tokopedia sehingga bisa mendapatkan berbagai produk kebutuhan harian, seperti sembako dan minyak goreng hingga keperluan rumah tangga lain dengan lebih mudah dan efisien. 

“Kami akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk pemerintah pusat dan daerah, untuk menghadirkan solusi yang aman dan terpercaya dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.” pungkas Leontinus. [IF/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI